Arsip Kategori: Otak-Atik

Cara Mengatasi Knalpot Honda BeAT yang ‘Nembak’

TegeanBlog.Com – Beberapa pemilik motor Honda BeAT karburator mengeluhkan knalpot yang sering kali meletup ketika sedang berkendara. Saat tuas gas ditutup, letupan tersebut terjadi. Tidak keras memang, hanya saja cukup mengurangi kenyamanan.Cara Mengatasi Knalpot Honda BeAT yang 'Nembak'.jpgJika hal itu terjadi pada motor Anda, maka ada beberapa komponen yang wajib diperiksa, yang pertama perlu dilakukan adalah cek SASS (secondary air suplay system). Fungsi SASS yakni mengatur semprotan udara bersih agar bereaksi dengan gas sisa pembakaran, yang nantinya diolah jadi gas ramah lingkungan.

Masalahnya, kalau aliran udara pada komponen itu ada yang tidak beres, bisa menimbulkan letupan. Cek selang-selang SASS, kalau-kalau ada yang terjepit atau terlipat. Kalau hal itu tak ditemui, langsung periksa katup di dalam SASS. Katup itu berfungsi mengatur aliran udara bersih dan gas karbon dari sisa pembakaran mesin. Katup itu bisa saja tidak membuka-tutup secara sempurna, akibat adanya kotoran yang menyelinap ke permukaan katup.

Langkah yang tepat adalah meminta bantuan bengkel resmi untuk membersihkan katup itu, karena di dalam buku panduan manual, SASS hanya boleh dibuka oleh mekanik resmi. Knalpot ‘nembak’ juga bisa terjadi akibat pengaturan debit bensin di karburator tidak sesuai dengan anjuran pabrik. Atur ulang sekrup udara pada karburator untuk mengatasi hal tersebut.

Jika gejala meletup tak kunjung hilang, lanjut membersihkan bagian dalam karburator. Kalau main jet atau pilot jet tersumbat kerak bensin, hal itu bisa bikin suplai bensin terganggu. Selamat mencoba..

Iklan

Cara Mengatasi Engine Cut Off yang Macet

TegeanBlog.Com – Engine Cut Off atau engine kill, fungsinya utamanya mematikan mesin. Selain itu, Engine Cut Off juga berfungsi untuk keamanan apabila terjadi kecelakaan motor terjatuh mesin masih menyala, dengan menekan Engine Cut Off mesin bisa langsung mati.

Cara Mengatasi Engine Cut Off yang Macet 1Lalu bagaimana sih cara kerja Engine Cut Off dalam mematikan mesin? Sistem kerja Engine Cut Off berbeda-beda tergantung dari sistem kelistrikannya antara AC dan DC, Pada sistem AC, Engine Cut Off dipasang paralel dengan sistem kunci kontak menyambungkan massa dengan kabel kontak, lalu disambungkan kedua kabelnya sehingga CDI kehilangan tegangan dan motor pasti mati. Sedangkan pada sistem DC berbeda sistem kerjanya langsung dengan CDI atau ECU (Electronic Control Unit). Sistem kerja Engine Cut Off  di DC  langsung memutuskan tegangan masuk dari CDI atau ECU tanpa melalui kunci kontak. Nah, di motor keluaran terbaru hampir semua menggunakan sistem kelistrikan DC.

Sebenarnya sering mematikan mesin menggunakan Engine Cut Off itu tidak masalah, tapi harus memperhatikan hal lainnya, seperti setelah mesin mati jangan lupa kontak juga di off kan. Bila membiarkan posisi kontak tetap hidup maka akan menyebabkan kerusakan pada part lain misalnya aki cepat soak

Lantas, apakah Engine Cut Off ada perawatannya ? Part Engine Cut Off ini tidak perlu dilakukan perawatan, sama seperti saklar lain yaitu sein dan klakson, Engine Cut Off dilakukan perawatan bila mengalami kendala dalam kinerjanya.

“Bila mengalami masalah kinerja, Engine Cut Off baru dibongkar saklarnya, lalu dilumasi cairan penetran, biasanya kotoran penyebab masalahnya”
Bila ingin mengganti Engine Cut Off baru biayanya tergolong murah lho. Harga satu set Engine Cut Off yang baru untuk motor-motor sport Honda sekitar Rp 160 ribuan.

Cara Menyetel Komstir Motor yang Oblak

TegeanBlog.Com – Pernahkah ngerasain motor diajak berbelok terasa berat atau terlalu ringan? masalah ini biasanya muncul dari bagian komstir. Fungsi komstir memiliki peran penting sebagai penyelaras agar kendali motor tetap stabil. komstir yang bermasalah bisa bikin setang susah belok, jadi keras dan berat saat diputar kemudinya, sehingga menggangu handling motor.Penyebab Komstir Motor Cepat Rusak
Lantas apa penyebab komstir bisa rusak ? Penyebab utama komstir rusak karena usia pakai yang sudah cukup lama, penyebab lainnya bisa dari sering melewati kondisi jalan yang cukup ekstrem.
Perawatan yang kurang maksimal kerap menjadi penyebab rusaknya komstir. Bola-bola atau pelor yang dibiarkan kering grease-nya, awalnya setang jadi berat, lalu dudukan pelor menjadi terkikis makanya rusak.

Selain itu, membiarkan shockbreaker depan yang sudah keras atau aus juga menjadi penyebabnya. Shockbreaker depan yang mati atau aus bantingan motor tidak lagi diredam, jadinya keras dan bantingan yang keras pasti bikin dudukan bola-bola komstir menjadi rusak.Cara Menyetel Komstir Motor
Cara deteksinya komstir rusak itu mudah, tarik tuas rem depan sambil motor dimaju mundurkan, bila timbul suara ‘bletak’ pasti rusak, bila sudah parah gejalanya sampai terasa oblak dan getar saat posisi kecpatan di putaran rpm tinggi

Ternyata agar kinerjanya maksimal, komstir dapat diatur kekencangannya, dengan menyetel mur pengunci atas dan mur stabilizer yang ada di komstir. Tapi dalam penyetalan komstir tidak boleh sembarangan dan ada aturannya lho.
Jika motor dipergunakan untuk harian dalam kondisi jalan yang kurang bagus, lebih baik disetel enggak terlalu kencang, jika enggak kemudi bisa kaku dan susah dibelokan, setelan yang terlalu kencang bisa membuat komponen komstir cepat rusak, bola-bola dan dudukannya terlalu tertekan keras, lama kelamaan terjadi gesekan sehingga malah bikin cepat rusak.Komstir Motor Rusak
Jika komstir disetel terlalu kendur, memang bikin manuver lebih ringan, tapi bila di kecepatan tinggi, setang akan terasa goyang, jadi harus pas penyetelannya, tergantung medan yang dilalui.

Montir Cantik ini handal memperbaiki Mesin Mobil

TegeanBlog.Com – Pekerjaan sebagai mekanik selalu identik atau selalu kental dikaitkan dengan kaum pria. Tantin Legaspi Meneses, cewek cantik asal Filipina ini membalikkan anggapan mekanik itu selalu identik dengan kaum pria.

Gadis 21 tahun ini memang memiliki kemampuan luar biasa dalam memecahkan masalah dan memperbaiki mobil. Untuk mempelajari keterampilan sebagai montir, Tantin Legaspi Meneses belajar di TESDA Gonzalo Puyat School of Arts and Trades di San Luis Mexico.

Keluarga cewek ini juga berprofesi sebagai mekanik, hal ini bisa jadi kemungkinan salah satu alasan bagi Tantin Legaspi Meneses memilih bidang profesi ini.

Kalau ada mekanik cantik di bengkel sekitar rumah, sepertinya akan ramai terus nih.. hehehe..

“W Engine” Pertama Karya Psycho Engine Purwokerto

Dua tahun lalu, kebakaran memusnahkan bengkel termasuk rumah M. Yusuf Adib Mustofa, pemilik workshop Psycho Engine PURWOKERTO. “Korbannya termasuk proses riset Modifikasi Honda Tiger ini, makanya sempat terhenti, padahal sudah berjalan sekitar 50%,” buka Yusuf. Setelah kejadian buruk tadi, ia mencoba bangkit merampungkan Tiger 5 silinder radial yang sukses menyabet Best of The Best di Kustomfest 2016 (8-9/10). Wah selamat ya pak!

W engine garapan M Yusuf Adib dari Psycho Engine PurwokertoPria kalem ini mengakui kalau terinspirasi mesin helikopter. “Bedanya ini saya buat horisontal dan handmade,” terangnya. Konstruksinya, jika dibedah, di dalamnya ada kruk as handmade. Ada 5 buah big end sehingga bentuknya mirip bunga matahari, kemudian di atasnya ada bandul dengan bentuk mirip kampak.

Kruk as ini ditanam di crank case handmade dari bahan aluminium cair dengan bentuk bulat. Lalu dibikin 5 buah lubang untuk silinder, yang menggunakan milik Yamaha Mio termasuk headnya, “Tapi dimodifikasi dilebarkan menyesuaikan crank case,” terang Yusuf. Langkah piston dibikin 65 mm, sedang piston pakai standar Mio 50 mm, jadi tiap silinder kapasitasnya 127,6 cc, jika dikali lima maka totalnya 638 cc! “Sengaja enggak terlalu besar pistonnya, karena segitu saja tenaganya gila,” urai modifikator kelahiran Blitar, Jatim ini.

Honda Tiger lima silinderKonstruksi rumit berikutnya bagian penggerak keteng. Di kruk as sisi atas terdapat gir yang terhubung lagi dengan gir pembagi, baru ketemu lagi dengan gir yang satu poros dengan keteng, “Dengan konstruksi ini, maka posisi piston semua bisa sejajar,” terang lulusan SMK Bina Teknologi, Purwokerto ini. Nah di atas konstruksi keteng, terpasang magnet Tiger untuk sistem pengapian. Menggunakan 5 pulser Bajaj Pulsar yang terhubung ke 5 CDI Suzuki Shogun. “Firing order urutannya 1-3-5-2-4 dengan beda waktu pengapian tiap 72º,” terang bapak 2 anak ini.

Oiya, di bagian kiri mesin tetap ada magnet standar Tiger untuk menyalakan lampu. Sementara itu untuk poros kruk as sisi bawah dikasih gigi pinion atau helix untuk menyalurkan putaran dari vertikal ke horizontal seperti gardan. Kemudian ujung gir menyambung ke main shaft atau as pengganti kruk as, baru deh bisa terhubung ke gigi primer dan sekunder. Berikutnya putaran mesin dilewatkan kopling yang lagi-lagi mesti custom, guna meladeni torsi yang pasti sangat besar. “Pakai kampas 8 biji yang punya ukuran lebih lebar 6 mm dari standar Tiger dan pakai 5 per, makanya rumahnya bikin sendiri,” lanjut pria berkumis ini.

Guna menjamin pelumasan di kelima silinder dan kruk asnya, Yusuf mencangkok pompa oli dari mesin diesel dengan kekuatan 30 PK, “Itu 20 kali dari standar Tiger karena mesti menyemprot ke 15 titik pelumasan,” ujar Yusuf sambil bilang kini mesti pakai oli 5 liter! Woooww…

mesin W Engine 1324ccBerhubung mesin bentuknya sudah berubah total, framenya pun harus dibuat ulang agar kuat menopang bobot mesin yang mencapai 1,5 kuintal. Yusuf menggunakan bahan yang super kuat besi seamless tebal 4 mm.

“Susah banget diroll, akhirnya dipanasin pakai api lalu ditekuk untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan,” bebernya. Besi tekukan ini gak hanya sekedar main frame, tapi sampai belakang yang berfungsi sebagai lengan ayun, “Lengan ayun dibuat beda dan sedikit unik, jadi cara penyetelan rantai bukan maju mundur tapi turun naik seperti BMW klasik,” jelasnya.

Enggak hanya itu, engine mounting pun dibuat beda dari biasanya, “Mountingnya saya buat 4 titik searah jarum jam menggunakan besi yang sama, namun dengan ketebalan 3 mm yang dilapis dengan krom,” jelas Yusuf. Namanya juga motor custom, detail kecil harus serba dibuat sendiri. “Sebagian menggunakan barang bekas yang ada di bengkel, contohnya braket lampu pakai setang seher bekas yang saya lapis krom agar terlihat apik,” tutupnya sambil menunjukan jok, setang juga tangki karyanya.

Berikut ini Daftar Harga Custom Mesin Psycho Engine Purwokerto
(2 Silinder)
Tipe V-Engine– Honda Tiger Rp 18 juta
– Yamaha Scorpio Rp 23 juta
– Yamaha Byson Rp 20 juta
– Bebek mesin tidur Rp 18 juta
Tipe Inline– Honda Tiger Rp 22 juta
– Yamaha Scorpio Rp 25 juta
Tipe Boxer– Honda Tiger Rp 30 juta
– Yamaha Scorpio Rp 33 juta
– Bebek mesin tidur Rp 18 juta

(3 Silinder)
Tipe W-Engine– Honda Tiger Rp 37 juta
– Yamaha Scorpio Rp 40 juta

(5 Silinder) Honda Tiger Rp 100 juta

CARA PASANG AKSESORIS DAN VARIASI UNTUK MOTOR

TegeanBlog.Com – Halo pembaca setia, kali ini admin akan berbagi tips, cara pasang aksesoris dan variasi untuk motor bebek dan motor matic. Beberapa part ini saya pesan dari online shop Lazada, apa aja isi dari paket CODnya, yuk simak sampe habis. :mrgreen:

variasi motor

Wah, lumayan banyak juga yah, pasti mahal. Gak juga ah, semua belanjaan diatas cuma 200K aja kok. (sudah termasuk diskon) 😁

Mari kita bongkar: 

(*). Lampu LED model Corong M11C, harganya murah meriah, dayanya cuma 6 Watt, jadi cukup irit menghisap daya dari aki. Nyalanya cukup terang, tapi ada minusnya.. (agak silau dikit) nih penampakannya.

Lampu LED

Cara pasangnya paling mudah, tinggal ganti bohlam asli / sebelumnya, tanpa ubah kelistrikan AC-DC.

(*). Lampu LED indikator spedometer. Lampu 9titik ini saya pilih warna biru, biar nyala lampu spedometer kelihatan beda aja, hehe..

Cara pasangnya tinggal cabut soket lampu yang ada dibawah spedometer, agak ribet dan hati2 ya..

(*). Lampu DRL / Lampu senja. kenapa saya pilih model ini, karna bentuknya mirip lampu DRL untuk mobil kotak memanjang. Dayanya juga kecil cumq 2x 3watt saja.

Cara pasangnya mudah, tinggal sesuaikan posisi lampu ini (sesuai selera anda). Kalo admin sih, dipasang diposisi bawah box plat nomer. jadi keliatan matching dan enak dipandang.

(*). Klakson Variasi. Klakson ini walaupun murah dan jomblo (bukan stereo), tapi soal suara lumayan kencang dan lantang. sangat cocok untuk bikin kabur angkot yang ngetem, ahh lebay.

cara pasangnya agak ribet, karena harus benar2 pas, biar gak mentok bodi. jadi haru sedikit akal untuk tekuk plat/dudukannya. Oiya.. penutupnya gak usah dipasang aja, karna pasti mentok sana-mentok sini, tenang.. klakson ini anti air kok, pokoknya tinggal cabut klakson yang lama dan ganti klakson yang baru.. #Thooonn.. Thooon..

(*). Charger Motor untuk handphone. Dijaman sosmed ini, siapa sih yang mau ketinggalan update status, balas chating. Dari ribuan pengguna, pasti pernah kehabisan batre dijalan, di parkiran atau di taman #ehh. Nah, selain POWERBANK yang bisa bantu Anda, charger ini bisa dimanfaatkan disaat keadaan darurat dalam perjalanan anda, jadi handphone bisa online dan lancaaaarrr 😀

Cara pasangnya mudah kok, sambungkan kabelnya dengan aki, kalo konektornya cari tempat yang aman, dibagasi atau dibawah jok motor.

Setelah semua tersambung dan konektor USB terpasang di tempat yang pas, check dulu fungsingnya. caranya tekan tombol kecil pada konektor, bila lampu indikator kedip-kedip, berarti Anda sukses, silahkan coba charger handphone Anda. Mudahkan??? *siul2

Demikian Artikel cara pasang aksesoris dan variasi untuk motor, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Mudah Bikin Agya dan Ayla Lebih Bertenaga

TegeanBlog.Com – Bagi Anda pemilik mobil jenis Low Cost and Green Car(LCGC) Toyota Agya dan Daihatsu Ayla, ada tips menarik yang bisa diterapkan. Kali ini, agar mobil murah tersebut memiliki tenaga yang lebih maksimal.

Sebagai kendaraan LCGC, jenis mobil ini dirasakan masih perlu dioprek sana-sini oleh para pemiliknya. Mulai dari penambahan fitur, aksesori sampai penyempurnaan kelistrikan dan dongkrak performa, agar mobil lebih responsif dan pengisian baterai nggak tekor, mengaplikasi grounding wire kit seharga Rp200 ribu.

Hasilnya, mobilnya kini terasa lebih bertenaga pada putaran bawah dan tengah, serta distribusi arus kelistrikan lebih stabil. Dengan mengaplikasikan sistem ini power atau tenaga akan lebih terasa sekali perbedaannya terutama pada jenis mobil matik.


Oiya.. sistem ini bisa diaplikasikan untuk Agya dan Ayla lho.. Selamat mencoba

Tips Mudah Mengecek Motor Sebelum Mudik

TegeanBlog.Com – Bagi anda yang akan mudik atau pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor, sebaiknya cek dulu kendaraan anda. Nah berikut beberapa poin penting yang harus dicek sebelum berangkat ke kampung halaman anda, simak tipsnya dibawah ini.

image

Lanjutkan membaca Tips Mudah Mengecek Motor Sebelum Mudik

Cara Mudah Memantau Kondisi Sistem Pelumasan Mobil

TegeanBlog.Com – Oli atau minyak pelumas bagi mesin mobil memiliki peranan sangat penting. Kerja berbagai komponen – khususnya mesin – akan berantakan, manakala pelumasan tidak terjadi dengan sempurna.
Selain mobil akan rusak, juga dibutuhkan biaya yang tidak kecil untuk memperbaikinya. Oleh karena itu melakukan perawatan rutin secara benar terhadap sistem pelumasan mesin mobil, merupakan cara yang tepat.

Namun, agar perawatan atau pemeliharaan sistem tersebut berlangsung dengan baik dan benar, Anda juga harus memahami gejala atau tanda-tanda sistem masih dalam kondisi normal atau sebaliknya. Ada beberapa tanda yang cukup mudah dikenali serta apa faktor penyebabnya.

Mengenali gejala atau tanda kondisi sistem pelumasan yang paling gampang adalah dengan melihat jumlah atau volume oli melalui tongkat ukuran oli. Hanya, cara seperti itu belumlah cukup. Sebab, normal tidaknya sistem pelumasan mesin tidak hanya ditentukan oleh jumlah oli yang masih sesuai dengan standar saja.
Ketidakberesan pada sistem pelumasan juga bisa dilihat dari kondisi oli dan tanda-tanda di komponen mobil.
Lantas apa saja cara yang paling gampang? Berikut tips dari Budi untuk Anda :

1. Percikan di lubang pengisian
Cara ini sangat mudah dan murah, karena bisa dilakukan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Langkah pertama, hidupkan mesin mobil. Setelah itu, buka tutup lubang pengisian oli dan kemudian amati.
Pastikan Anda melihat cairan oli yang seperti busa di permukaan lubang, atau ada percikan cairan oli yang muncul di permukaan lubang.
Bila Anda mendapati hal itu, berarti sistem pelumasan mesin masih normal. Sebaliknya bila tidak ada tanda-tanda seperti itu , berarti sistem pelumasan mengalami masalah.

Ada kemungkinan kerusakan. Sedikitnya ada dua kemungkinan :

a. Pompa oli lemah atau rusak
Secara teknis, sistem kerja pelumasan sangat tergantung pada pompa oli. Peranti ini akan menekan atau memompa oli untuk disalurkan ke berbagai komponen agar terlumasi.
Sehingga, bila pompa lemah atau rusak maka semburan oli ke komponen tidak akan terjadi. Salah satu pertanda yang paling mudah diamati adalah adanya percikan oli ke permukaan lubang pengisian. Minimal, oli muncul ke permukaan lubang pengisian.
Bila hal itu terjadi, maka beberapa komponen dari logam seperti piston, ring piston, atau blok silinder dan lain-lain akan rusak. Oleh karena disarankan untuk melakukan overhaul pompa oli atau menggantinya bila telah aus.

b. Saringan atau filter dan saluran oli tersumbat
Saringan oli tersumbat karena pemilik mobil kerap terlambat atau sengaja membiarkan tidak mengganti oli. Padahal oli yang telah lama banyak sekali membawa kotoran – dan kemungkinan besar – serbuk logam akibat gesekan komponen mesin.
Selain itu, oli yang telah kadaluwarsa sangat rentan bersenyawa dengan udara dan menghasilkan butiran-butiran kotoran. Berbagai kotoran yang berupa butiran, meski ukurannya sangat kecil, berpotensi menyumbang saringan dan saluran oli.
Oleh karena itu sangat disarankan untuk sering membersihkan saringan atau saluran oli. Membersihkan saluran oli bisa menggunakan cairan flushing, dan anti saringan oli bila sudah waktunya atau bila kondisi oli telah kotor meskipun belum saatnya ganti.

2. Amati asap dari knalpot
Cara lain yang cukup gampang untuk mengetahui sistem pelumasan mesin masih normal atau tidak adalah dengan melihat kepulan asap di knalpot. Bila banyak asap tebal putih atau hitam yang pekat keluar dari knalpot berarti ada kemungkinan sistem pelumasan terganggu.
Mengapa demikian? Karena ada oli yang merembes ke ruang bakar dan ikut terbakar di saat campuran bahan bakar dan udara terbakar di ruang bakar. Oli yang terbakar akan menimbulkan asap pekat.
Bila oli merembes berarti volumenya berkurang. Sedangkan seiring dengan berkurangnya volume, maka proses pelumasan komponen-komponen mesin juga tidak berlangsung sempurna.
“Oli merembes karena karet seal atau gasket di sambungan bagian-bagian mesin rusak atau sudah aus. Karena itu segera ganti seal itu”
Namun, sebelum membuat kesimpulan bahwa itu terjadi adanya kebocoran oli mesin, Anda wajib memeriksa booster rem. Sebab, asap pekat dari knalpot bisa saja disebabkan oleh karet booster rem bocor karena robek dan minyak rem di bagian itu merembes dan menetes ke ruang bakar.
Minyak itu ikut terbakar dan menghasilkan asap pekat. Bila, ternyata di booster rem tidak ada persoalan, Anda boleh menyimpulkan bahwa telah terjadi ketidakberesan di oli mesin.

3. Oli berubah warna
Ketidakberesan sistem pelumasan, tidak semata-mata disebabkan oleh volume oli yang berkurang tetapi juga kualitas oli yang sudah tidak bagus. Oli yang telah bereaksi dengan zat lain, baik air, udara, atau zat lain unsur-unsur pokoknya akan rusak.
Walhasil, minyak pelumas itu tidak berfungsi maksimal dalam melumasi komponen-komponen mesin. Akibatnya, piston, ring piston, blok silinder, dan lain-lain rusak.
Warna yang umum terjadi, bila oli telah rusak karena terkontaminasi atau bereaksi dengan unsur lain adalah putih seperti lemak atau susu, serta kecokelatan seperti kopi susu, “Umumnya, warna seperti itu karena oli telah bercampur dengan air, minyak lain, atau udara karena mobil yang lama tidak digunakan”.

Namun, ada penyebab lain (meski jarang terjadi) yaitu, karena silinder head melenting atau melengkung karena mesin overheating. Silinder head tidak lagi menempel rapat dengan blok silinder. Sehingga ada celah di antara keduanya.

Walhasil, air radiator yang terdapat di water jacket merembes dan bercampur dengan oli. Saat itulah oli bereaksi secara kimiawi dengan unsur hydrogen yang ada di air. Bila itu terjadi, maka fungsi oli untuk melumasi komponen mesin tidak terjadi secara maksimal.

Tips mendeteksi kelistrikan pada mobil bekas

TegeanBlog.Com – Ketika membeli mobil bekas (mobkas), yang mesti diperhatikan tak cukup meneliti kondisi bodi dan mendengar suara mesin. Kudu diketahui juga sistem kelistrikannya, seperti di antaranya kondisi ketika sinar lampu terang saat digas, meredup kala putaran mesin turun; kemudian, ruang dipenuhi kabel-kabel.
Mobil dengan usia di atas lima tahun umumnya banyak mengalami gangguan pada sistem kelistrikan. Selain kabel sudah dimakan usia lantaran getas, kemampuannya mengalirkan arus menjadi berkurang.
Tips mendeteksi kelistrikan pada mobil bekas
Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk mencari tahu, apakah kelistrikan mobil—umumnya mobkas menganut 12 volt searah—masih tergolong sehat atau tidak. Dari sekian banyak cara, yang termudah dan populer adalah memakai voltmeter. Untuk yang ingin melakukan sendiri, juga bisa pakai voltmeter. Namun, sebelumnya, lakukan cara-cara di bawah ini.
Periksa ruang mesin bila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi. Ada kemungkinan, hal ini bermasalah.
Perhatikan terminal positif (+) aki. Jika banyak kabel, hal itu mengindikasikan banyak aksesori tambahan yang membutuhkan listrik dan kemungkinan diambil dengan model bypass.
Teliti komponen kelistrikan, seperti lampu-lampu, AC, dan power window. Jika semuanya bekerja dengan baik, berarti kelistrikan masih bagus.
Uji ketika kondisi beban penuh, seperti menyalakan AC diikuti dengan menyalakan lampu-lampu, audio, dan lainnya; kemudian naikan putaran mesin. Jika sinar lampu, baik pada lampu utama atau di dasbor terangnya signifikan atau putaran kipas elektrik bertambah kencang, berarti ada masalah dengan pasokan listrik dari alternator.
Kalau masih penasaran, lakukanlah hal ini. Periksa tegangan aki saat mesin tidak hidup. Kondisi yang baik, angka di voltmeter menunjukkan 12-13 volt.
Untuk memeriksa alternator, hidupkan mesin dan seluruh perangkat kelistrikan, seperti lampu besar, audio, AC, dan pemanas kaca. Ukur tegangan pada aki. Alternator yang masih sehat akan menunjukkan tegangan aki yang baik, yaitu pada angka 12,8 volt.
Periksa tegangan pada beberapa titik yang menjadi aliran listrik positif, seperti koil, lampu-lampu, pemantik api, dan komponen lainnya. Carilah bagian yang memungkinkan Anda dapat mengecek tegangan listriknya dengan perbedaan tegangan tidak lebih dari 0,5 volt