Arsip Tag: lalu lintas

DETIC : “Karena Nyawa Begitu Berharga”

Sabtu, 7 nopember 2015. Walaupun tadi siang sempat diguyur hujan gerimis, teman2 dari DETIC (Depok Tiger Club) ini tak pantang menyerah dalam mensosialisasikan keselamatan dijalan raya.

image

Dengan mengambil lokasi di pertigaan flyover arif rahman hakim, Depok. Aksi edukasi ini sangat bermanfaat bagi pengguna jalan raya. Sebagaimana kita tahu jumlah korban kecelakaan dijalan raya semakin hari semakin memprihatinkan.

image

Kita berharap dengan edukasi tentang peraturan lalu lintas dan keselamatan dijalan raya ini masyarakat jadi tertib lalu lintas, karna nyawa tidak dijual dipinggir jalan. Aksi ini mendapat dukungan dari pihak kepolisian setempat, alasanya dengan cara edukasi bisa mengurangi angka dan tingkat kecelakaan dijalan raya.

Terimakasih buat pengurus DETIC dan jajaranya, semoga aksi anda bermanfaat untuk masyarakat dan pengguna jalan khususnya.

image

sumber photo : bro syam kurniawan
cc : bro kusnawan, arfan cakrananda (makasih atas izinya)

Posted from WordPress for Nokia

Iklan

Bersyukur Disepanjang Jalur Pantura

Banyak hal bisa mengantarku untuk bersyukur. Menyusuri kota-kota pesisir Pantai Utara (Pantura) bersanding dengan bus-bus besar dan truk gandeng yang berjalan pelan sungguh merupakan pengalaman yang mengantar pada perasaan bersyukur dan melatih kesabaran sebagai petualang jalanan.

Tak hanya ruas-ruas jalan utama, jalanan pinggiran kota pun riuh dengan raungan suara kenalpot mesin kendaraan, tak ketinggalan aneka macam bunyi klakson yang saling menyapa antar sesama pengguna jalan.
Selain dimanjakan bunyi aneka macam klakson, banyak juga keajaiban atau keanehan kutemui dijalanan ini. Diantaranya becak bermesin ganda, vespa 5 roda, naik motor bertiga tanpa helm dll. Bahkan, dibeberapa ruas jalan sering kutemui mereka melawan arah yang membahayakan dan dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra berlipat jika ingin selamat.
Bersyukur Disepanjang Jalur Pantura
Dalam perjalanan kembali dari kampung halaman misalnya, Kebiasaan sopir bus yang mencari celah sempit (asal kepala bus masuk) mereka tanpa memikirkankendaraan kecil disampingnya, seolah-olah jalan hanya dia yang punya membuat diri ini butuh ketajaman feeling dalam berkendara.

Pernah suatu ketika saya mengadukan pada petugas LLAJ yang kebetulan sedang istirahat, menurut beliau hal ini sudah menjadi kebiasaan karena mereka kejar setoran(nge-blong). Sambil bergurau, petugas tersebut mengatakan bahwa kebiasaan sopir-sopir bus itu justru disenangi malaikat lantaran mengangkut dan mengantar penumpang dekat dengan Yang Maha Kuasa. saya pun tersenyum heran.
Dengan kebiasaan para sopir bus yang super lihai ini, amat jarang ditemui badan atau bus-busnya terlihat mulus dijalanan, banyak penyok, catnya kusam plus dempul sana-sini.
Revo Vs Vega ZR
Pengalaman melintasi jalur pantura bersanding dengan bus dan truk diatas, saya sangat bersyukur bisa selamat sampai tujuan.

Liburan Naik Motor? ternyata sama nikmatnya lho..

Masih ada waktu untuk liburan awal tahun bersama keluarga, walaupun tak punya mobil,  mengendarai motor sebagai sarana transportasi ternyata sama nikmatnya lho.. Namun, jika harus riding malam hari, ada baiknya bersikap bijaksana. Tegean merangkum tips berkendara aman saat malam hari termasuk perilaku ”toleransi” antar pengendara motor.
balap motor malam
1. Sorotan Lampu
Jika anda merasa ada pengendara motor atau mobil dari arah yang berlawanan menyalakan lampu jauh (dim), sebaiknya jangan dibalas dengan lampu dim juga. Cukup dengan mengaktifkan dim sekali saja sebagai isyarat bahwa Anda silau dibuatnya. Takutnya, jika sama-sama silau, pengendara tersebut  akan kehilangan orientasi arah dan berpotensi bahaya kecelakaan.

2. Jangan terlalu fokus  dengan Lampu Jauh
Masih ada hubungannya dengan lampu Jauh (dim) nih. Jika anda silau oleh pengendara di depan, jangan terlalu fokus  dengannya. Berusaha alihkan sedikit pandangan dari titik sorotan lampu. Anda juga harus mampu mendeteksi kondisi ruas jalan (lubang) di depan yang akan anda lalui.

3. Disiplin pada Kecepatan
‘Secanggih’ apa pun Anda mengendarai, malam hari tetap akan mengurangi kemampuan menyetir. Jarak pandang yang terbatas akan sangat berbahaya jika mengendara kencang atau kebut-kebutan.  Selalu waspada untuk tindakan darurat dengan selalu memperkirakan jarak terhadap apa pun yang ada di depan Anda, karena hanya dalam hitungan detik, kecepatan melebihi batas akan berpotensi mencelakakan diri Anda.

4. Bersihkan kaca-kaca
Kaca spion yang kotor cenderung merefleksikan cahaya lebih banyak. Ini membuat kemampuan mengorientasikan objek di belakang menjadi berkurang. Usahakan dibersihkan dulu agar pandangan ”clear”. Demikian juga dengan kaca helm. Kondisi kotor justru memendarkan cahaya yang membingungkan mata.

5. Siklus jam Biologis
Tingkat kewaspadaan tinggi pada manusia biasanya dimulai jam 10 pagi sampai jam 3 (sore) , perlahan-lahan suhu tubuh  akan meningkat pada jam 7 – 9 malam, terjadi sekresi zat melatonin yang menimbulkan rasa kantuk. Puncaknya, jam 02.00 pagi, manusia tidur sangat lelap. Sekresi melantonin berhenti jam 7 (pagi). Artinya,  Jika malam hari digunakan mengendarai motor di jalanan, tubuh cepat lelah dan kemampuan konsentrasi kana berkurang. jadi hati-hati saat berkendara, jika mata sudah tak sanggup untuk kompromi, menepi dan istirahatlah..

6. Selamat Liburan :mrgreen:
motor klasik yang masih tokcer

Jangan Pernah Abaikan Safety Saat Berkendara!

Walaupun Umur anda masih muda, Jangan coba-coba abaikan safety soal mengendara!
Seringkali orang lupa, bahwa keselamatan harus diutamakan di mana pun. Apalagi buat pengendara. Sebab seperti kita tahu, motor bisa dianggap sebagai pembunuh nomor satu, jika tidak tahu cara berkendara yang baik dan benar.
Untuk itu, Semua pengguna lalu lintas wajib mengedepankan keselamatan. Bukan hanya pengendara tapi juga pengemudi mobil, juga pejalan kaki.
Cobalah anda perhatiin dijalanan saat ini, semakin banyak saja pelajar yang naik motor tanpa kelengkapan safety riding. Bahkan, boncengan pake motor lebih dari dua orang.
Mengndarai motor bukan alat buat gaya-gayaan, karena risiko berkendara dijalanan itu sangat tinggi.

“Banyak korban kecelakaan dari kalangan pelajar. Sayang kan, umur masih muda dan masih banyak yang bisa dilakukan untuk masa depan,”

perlengkapan standar berkendara
Untuk mengurangi banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pelajar yang menggunakan motor tanpa perlengkapan standar berkendara , sebaiknya pengawasan dan kontrol dari orang tua. Bagaimana pun orang tua punya kendali untuk melarang atau membolehkan anaknya berkendara. Ketika mereka pergi ke sekolah. Kalau pun orang tua membolehkan, harusnya melengkapi anaknya dengan perlengkapan berkendara yang benar.

*Pesan ini disampaikan oleh : Nabilah Ratna Ayu @nabilahJKT48 :mrgreen:
Nabilah Ratna Ayu (JKT48)

Melanggar Lalu Lintas kok Berjama’ah..??

melintas jalur busway
Mungkin Juragan yang tinggal di jakarta udah gak aneh lagi menemui pengendara seperti foto diatas, terutama saat jalanan yang macet pada jam sibuk aka berangkat-pulang aktifitas kerja.

Melanggar lampu merah rame-rame.
Pelanggaran ini selain inisiatip bikers yang BANDEL 😆 kadang diarahkan oleh petugas pengatur lalu lintas, kalo sampeyan gak percaya monggo cek di perempatan jalan Gunung Sahari Raya, Jakarta Pusat.
melanggar lampu merah
Walaupun lampu masih menyala merah, kadang petugas mengarahkan pengendara terutama sepeda motor untuk sedikit maju – hampir ketengah. Mungkin alasan petugas, agar antrian kendaraan gak terlalu panjang kebelakang. Tapi apakah ini gak berbahaya???

Nah, beda banget bila situasi jalan saat lancar, ketika ban kita menginjak garis putih sedikit aja langsung ditegur, bahkan kalo lagi apes langsung digelandang ke Pos. 😦

Menurut juragan, Asyik #eh benar gak tuh?? :mrgreen:

Review : Mudik Lebaran 2013

Tak terasa udah seminggu lebaran berlalu, segala aktifitas udah mulai lagi setelah libur lebaran, termasuk update blog ini 😉
“Kembali ke Laptop” *niru gaya mas tukul BEM Trans7 😆
Perjalanan arus mudik kemarin angka kecelakan menurun dibanding tahun lalu, namun korban meninggal akibat kecelakaan dijalan raya masih tinggi -/+ 719 orang *ngeri 😦
Dan yang paling mengagetkan ane, kecelakaan didominasi oleh pengendara motor.
lalu, apa yang menyebabkan kecelakan begitu banyak??
1. pengendara kurang sabar.
menerobos palang pintu lintasan kereta api
bagi pengendara yang belum pengalaman atau baru pertama kali mudik pake motor, mungkin kurang sabar menghadapi kemacetan yang panjang dan ingin ccepat sampai tujuan. ridingnya serobot sana-sini apalagi saat di perlintasan kereta, rasanya deg-degan bila melihat pengendara yang berada di depan pintu palang.

  1. fisik yang lelah dan ngantuk.
    Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat
    mengendarai kendaraan saat mudik itu perlu fisik dan stamina yang prima karna butuh konsentrasi yang tinggi dari perjalanan biasa, mudik sangat identik dengan kemacetan dimana saja dan kapan saja, jadi bila berkendara dalam kondisi lelah sangat rawan terjadi kecelakaan.
  2. kondisi dan beban motor
    mudik pake motor
    faktor ketiga ini, sang pengendara kurang memperhitungkan kondisi motor dan beban yang dibawa. bisanya pengendara membawa beban yang berlebih tapi tak diimbangi dengan kondisi motor itu sendiri. disaat rem mendadak maupun melibas tikungan dengan kecepatan sedang motor akan mudah oleng.

  3. faktor lingkungan dan jalan raya

saat perjalanan malam hari sangat rawan terjadi kecelakaan lalu lintas, karena kondisi jalan yang gelap dan relatip sepi, lumayan banyak pengendara yang memacu motornya dengan kecepatan tinggi bahkan kebut-kebutan 😦 , padahal jalan gak semulus sirkuit, lubang jalan ada dimana2.

Mudik pake motor memang asik jika dinikmati, kecelakaan bisa dihindari asal bisa menjaga disiplin diri kita sendiri. Nyawa hanya 1 dan bukan milik kita, selama masih ada niat, usaha dan do’a insyaalllah perjalanan akan selamat sampai tujuan.

Salam Vegalovers, MERDEKA!!!

Info : Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Yogya

Hati-hati jika anda hendak mudik melewati wilayah Yogyakarta. Ada 19 titik rawan kecelakaan lalu-lintas di daerah itu.
Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Yogya
Kondisi jalan di DIY sangat mulus dan sudah di pasang rambu-rambu lalu lintas. Namun dengan kondisi jalan yang mulus itu, semua pemakai kendaraan bermotor tetap diminta hati-hati dan waspada. Hanya ada satu tempat yang masih ada proyek pembangunan fly over di simpang empat Jombor, Jl Magelang, Sleman.

Dari 19 titik rawan itu paling banyak berada di Kota Yogyakarta, yakni Jl Kusumanegara, Laksda Adisutjipto, Menteri Supeno, Pramuka dan Veteran. Untuk wilayah Bantul ada 3 lokasi, yakni di Jl Parangtritis mulai simpang empat Druwo hingga Km 22, Jl Srandakan Bantul, dan Jl Yogya-Wonosari di Piyungan.

Selanjutnya di wilayah Kulonprogo ada 4 titik. Pertama simpang empat Tambak Triharjo, simpang tiga Dalangan-Toyan Wates, Jl Wates daerah Sukoreno, Sentolo dan jl Temon hingga perbatasan Purworejo, Jawa Tengah. Sedangkan untuk Gunungkidul ada tiga lokasi yakni di sepanjang Jl Yogyakarta-Wonosari mulai dari Patuk – Playen, Jl Karangmojo-Semin dan Jl Semanu-Ponjong.

“Sleman ada 4 titik yakni Jl Yogya-Magelang Km 14-17, Jl Wates wilayah Gamping Km 8-10, Ringroad Utara dan Jl Yogya-Solo Km 7-10,”

Menurut Anny, ada 4 jalur mudik utama di wilayah DIY yakni dari arah barat perbatasan Purworejo-Kulonprogo. Dari arah utara perbatasan Tempel Sleman dengan Salam Magelang. Dari arah timur perbatasan Prambanan Sleman dengan Prambanan Klaten. Sedangkan dari selatan melalui Ringroad selatan, Jl Wonosari, Patuk, Wonosari, Semanu hingga Pracimantoro Wonogiri.

Selain jalan utama tersebut, Polda DIY juga menyiapkan jalur alternatif sebanyak 4 rute. Pertama Yogya-Magelang sejauh 32 km melalui Sentolo, Nanggulan, Moyudan, Minggir, Tempel, Muntilan Magelang. Kedua jalur, Magelang-Solo sejauh 30 km melalui Tempel, Turi, Pakem, Ngemplak, Kalasan, Prambanan Klaten.

Ketiga jalur Wates, Bantul, Yogya sejauh 55 km dari arah barat melalui Toyan Wates, Panjatan, Brosot, Srandakan, Pandak, Bantul dan Ringroad Selatan Yogyakarta. Keempat jalur Yogya Solo sejauh 30 km melalui Yogyakarta, Pleret, Imogiri, Panggang, Playen, Wonosari ke arah timur hingga Wonogiri, Jawa Tengah.

“Karena semua jalan kondisinya baik, kami imbau tetap berhati-hati dan jangan lengah. Polda DIY menyiapakn 30 pospam. Bila capek beristirahatlah di tempat yang aman.”

Selamat Mudik 🙂

Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Pantura dan Jalur Selatan

Sejumlah titik rawan kecelakaan lalu lintas di jalur ini antara lain 24 titik di jalur Pantura, tujuh titik di jalur tengah Purwakarta – Sumedang – Subang – Majalengka – Cirebon-Kuningan serta 19 titik di jalur selatan.
Titik Rawan Kecelakaan di Pantura
Titik rawan di jalur Pantura adalah diantaranya Jalan Johar KM 75, Jalan Tuparev KM 71 – 73 dan Pertigaan RMK (Jalan Ahmad Yani) KM 71 Karawang, Karanganyar, Jalan Jangga, Kiajaran dan Desa Limpas Indramayu. Kemudian Jalan Kalijaga dan Simpang Jalan Ahmad Yani Kota Cirebon, Srengseng Patokbeusi, Mundu Sari Pamanukan Subang, Susukan, Beber, Plumbon dan Pangenan Kabupaten Cirebon.

Sedangkan jalur rawan di jalur tengah Purwakarta – Sumedang – Majalaengka – Cirebon diantaranya Jalan Cijantung, Jalan Bungursari dan Cibatu Kab. Purwakarta, Cijambe dan Cicenang Kab. Subang, Jatiwangi dan Kadipaten Majalengka, Bandora Sawetan dan Jalan Raya Kuningan-Ciamis Kabupaten Kuningan.

Sementara itu 19 titik jalur rawan di selatan adalah jalur Ciloto, Cisarua Kabupaten Bogor- Padalarang, Cipatat Bandung Barat, Nagreg, Cijapati Bandung, Malangbong, Kadungora dan Leles Garut, Gentong, Ciawi Kab. Tasikmalaya, Jalan Raya Ciamis Kota Tasikmalaya.

“Pastikan kendaraan juragan dalam kondisi prima, Jangan paksakan mengendara dalam kondisi mengantuk,”

Khusus untuk juragan yang mudik pake motor dihimbau untuk tidak membawa barang bawaan yang berlebihan sehingga bisa mengganggu kesetabilan saat melaju.

Sekian, Sekilas Info-nya 😀

Info Mudik : Jalur Pantura Minim Lampu Jalan

Menurut info yang ane dapet, Jalur pantai utara (pantura) dan selatan Jawa (selawa) yang akan dilintasi para pemudik masih minim penerangan jalan umum. Lampu jalan di sepanjang jalur pantura dan selatan banyak yang rusak. 😦
penerangan jalan umum
Misalnya, Di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. terdapat sekitar 200 titik penerangan jalan yang menggunakan energi matahari (solar cell), hampir separuhnya rusak dan perlu perawatan. 💡

Kondisi yang sama juga terjadi di jalur artenatif Cikamurang-Subang, Jawa Barat. Tidak ada satupun lampu penerangan jalan umum Pada malam hari, jalur yang melintasi perkebunan kayu jati ini sangat gelap banget.

Ketiadaan lampu jalan di jalur alternatif ini jadi rawan kejahatan, khususnya pada malam hari. Kepolisian pun melakukan pengamanan ekstra di jalur ini pada malam hari. Sampai menerjunkan satuan Penembak Jitu (sniper) Syereeeeeemmm

Jadi juragan yang mudik melintasi lokasi ini, harus waspada dan Hati-Hati khususnya saat perjalanan malam hari. Saran ane, sebaiknya lewat jalur yang lain saja. 😉

Test Pengetahuan Tentang Motor, yuk??

Dulu ketika membuat SIM, Anda dihadapkan dengan ujian mengenai pengetahuan Anda tentang motor. Pengendara motor yang baik tidak hanya memiliki kemampuan mengendarai motor yang baik, tapi juga punya pengetahuan lalu lintas dengan aman di jalan.
Test Pengetahuan Tentang Motor, yuk
Yuk, kita segarkan lagi pengetahuan Anda. Cari tahu seberapa besar pengetahuan Anda tentang motor. Coba jawab pertanyaan berikut ini:

  1. Anda perlu mengedipkan lampu rem untuk memperingatkan pengendara di belakang ketika…
    a. Mereka mengikuti terlalu dekat
    b. Anda akan melambat tiba-tiba
    c. Ada tanda berhenti di depan
  2. Rem depan memasok berapa banyak total kekuatan agar motor berhenti?
    a. 25%
    b. 50%
    c. 75%

  3. Kunci untuk membelok dengan cepat adalah dengan cara…
    a. Memindahkan berat badan dengan cepat
    b. Menggerakkan stang dengan cepat
    c. Miringkan motor dengan cepat

  4. Ketika Anda sedang mengendarai motor, salah satu ban kempis dan Anda harus berhenti. Cara terbaik menghadapi situasi tersebut adalah…
    a. Gunakan kedua rem untuk segera berhenti
    b. Pindahkan beban ke ban yang masih baik
    c. Mengerem dengan ban yang masih baik dan arahkan ke sisi jalan

  5. Jika Anda menghadapi situasi seperti dalam gambar, yakni ada mobil yang akan masuk pertigaan.persimpangan jalan

Cara terbaik menghadapi situasi tersebut adalah…
a. Kontak mata dengan pengendara mobil
b. Mengurangi kecepatan dan siap-siap untuk bereaksi
c. mempertahankan kecepatan dan posisi

Posted from Vegalovers Pro for Android

O..iya Bagaimana dengan jawaban Anda, berapa banyak pertanyaan yang Anda jawab dengan benar??

Kunci Jawabannya :
1. b
2. c
3. c
4. c
5. b