Pasang Lampu Sein LED pada motor Bebek

Seperti janji saya pada artikel sebelumnya.
Pasang Lampu Sein LED selain bikin lebih irit listrik jaga menambah keren lho.. cahaya LED jg lebih bening di mata, ehm, maksudnya lebih gampang terlihat meski kondisi siang bolong. Tapi modifikasi ke lampu LED gak selalu berhasil mulus. Padahal udah melakukan perubahan mengikuti saran para sesepuh kelistrikan motor … rangkitan LED-nya benar, ganti flasher sein elektrik pun sudah Tapi kenapa indikator lampu sein gak sempurna? Nyala-redup-nyala-redup … bukan nyala-padam-nyala-padam? Permasalahannya bisa jadi ada di indikator sein yang ada di speedometer. Indikator ini mengadopsi indikator tunggal, artinya satu indikator untuk sein kiri dan kanan.

Pinjem gambar dari NOVAERA
Wiring indikator sein tunggal
Selusi gampangnya dengan mencabut bohlam indikator sein, tapi kita jadi nggak tau apakah sein menyala atau tidak, karena nggak tampak di panel speedometer. walah buhaya..
akhirnya nemu solusinya, yakni dipasang DIODA IN4002 di tiap-tiap jalur indikator sein. Kemudian ujung keduanya, setelah diode, disatukan menjadi jalur “+” murni untuk indikator sein. Sementara jalur lainnya dihubungkan ke ground atau (-)
Pinjem lagi dari NOVAERA 😆
Modifikasi wiring indikator sein tunggal

Sukses.. lampu sein mengedip sempurna :mrgreen:
sekarang tinggal setel kedipan, dengan memutar skrup pada flaser elektronik, mau kedipan cepat putar ke kiri, sedangkan kedipan cepat tinggal puter ke kanan.
wes… keren pokok’e 😉
Berikut ini penampakannya (maaf lokasi penepatanya kurang jelas, kondisi sudah malem),
Pasang Lampu Sein LED pada motor Bebek

25 respons untuk ‘Pasang Lampu Sein LED pada motor Bebek

Enter your comment...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.