Sroto So Purbalingga, Rasanya seger bikin ketagihan

Keberadaan Warung Sroto So ini relatif cukup tersembunyi di pinggiran kota Purbalingga, Lokasi tepatnya berada di Bojong, jadi kalau anda dari kota Purbalingga arahkan kendaraan anda menuju kabupaten Banjarnegara, Setelah lampu merah jalan lingkar kota, di dekat SPBU Bojong ada pertigaan kecil, ambil arah ke kanan, Masuk jalan aspal kecil ini sekitar 500 meter, cari bangunan warung yang sederhana tetapi selalu ramai kendaraan para pengunjung. Warung ini buka pagi jam 9 sampai sore hari.
Warung soto so purbalingga
Hidangan sroto disini memang sangat unik dan berbeda dari rasa soto-soto yang dari daerah lain. Soto di daerah Purbalingga ini pada dasarnya seperti jenis soto yang umumnya dijumpai di daerah Banyumas dan sekitarnya, seperti soto Sokaraja atau soto jalan Bank Purwokerto. Isi seporsi sroto berupa irisan ketupat, kecambah, kerupuk warna-warni, daging ayam atau sapi (kadang variasi seperti jeroan) sedikit potongan seledri dan bawang goreng, yang kemudian disiram kuah soto. Satu ciri lagi sroto daerah Banyumas ini adalah sambal kacang. Keunikan sroto so yang berbeda dari soto lainnya adalah jenis kuah yang digunakan untuk disiramkan pada adonan soto yang disiapkan dalam mangkok soto.
porsi soto so Purbalingga
Seperti namanya Sroto So yang berarti soto daun melinjo. Daun melinjo yang masih muda atau daun pupus ini di Jawa disebut dengan nama so. Daun inilah yang digunakan dalam rebusan kuah soto yang akan dihidangkan. Rasa soto yang sangat segar itu akan muncul karena kuah berasal dari rebusan so ini. Mungkin baru yang pertama kali mendengar akan terasa aneh, tetapi jika sudah pernah merasakan kesegaran kuah soto ini akan merasakan keunikan dan kesegaran masakan khas ini.

Jangan lupa, bagi pengunjung juga disediakan So segar yang gratis. Daun melinjo atau So yang digunakan dalam kuali rebusan kuah ini akan disajikan kepada para pengunjung dalam mangkok. So yang diikat dengan tali bambu ini dalam β€˜untingan’ kecil. Dalam satu mangkok ada sekitar 4 untingan so ini. So yang telah layu masak ini bisa dimakan dengan jalan dimasukkan dalam mangkok soto. Rasanya jangan ditanya lagi, pokoknya segar dan tidak pahit. Kalau pengunjung merasa kurang boleh minta tambahan untingan So ini lagi(gratis).
Untingan so untuk penambah selera pada hidangan soto so
Harga Sroto So ini per porsi juga cukup murah. Jadi jangan kuatir akan membuat isi dompet anda tekor. Satu orang umumnya makan satu porsi sudah cukup jika ditambah dengan mendoan dan beberapa untingan So. Biasanya bagi orang-orang tertentu sering makan dua porsi mangkok sroto alias nambah sehingga rasa laparnya jadi teratasi. :mrgreen:

Kalau anda penasaran dan kebetulan singgah di kota Purbalingga, silahkan mampir dan nyobain keunikan dan kesegaran Sroto So ini.

Iklan

5 pemikiran pada “Sroto So Purbalingga, Rasanya seger bikin ketagihan

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s