Pasang 1 Lampu Tembak 2 Warna di Vario 125 (non ISS)

Kelemahan lampu Led pada Honda Vario 125 (mungkin semua kendaraan yang mengadopsi lampu penerangan tipe LED) adalah saat riding malam hari menembus hujan. Sorot warna putih dari LED tidak mampu menerangi jalan dengan sempurna. Sehingga kerap melibas genangan bahkan lobang tanpa sengaja yang bisa membuat sepeda motor oleng, hingga kecelakaan.

Lampu tembak terpasang di gagang spion

Untuk mengatasi hal tersebut, saya memasang lampu tambahan. Lebih tepatnya lampu tembak (basic Cree, cmiiw). Uniknya sorot lampu ini memiliki 2 Warna, yaitu kuning dan putih. Kuning untuk jarak tembak dekat dan putih untuk jarak jauh. Jadi sesuai seperti yang saya butuhkan untuk riding malam saat hujan. Lampu ini juga sudah mengaplikasi ‘cut off’, jadi sorot lampu dipangkas bagian atas sehingga tidak ‘off side’ yang bisa menyilaukan kendaraan dari lawan arah. Jadi hasil sorot lampu tidak bulan tapi setengah lingkaran. Cek gambar berikut.

Hasil sorot lampu tembak tambahan di Vario125

Lampu tembak Vario125 ini saya pesan ke Mas Heru (nama FB Revan Rizqi Aditya). Masbro satu ini saya kenal sebagai master ‘kelistrikan’ sepeda motor (wiring lampu honda khususnya)  termasuk modifikasi speedometer dan kunci kontak (dari non keyless menjadi keyless).

Holder existing non iss dan holder pengganti dengan sakelar iss untuk sakelar lampu

Sengaja saya pesan berikut kabel dan socket, agar saya tidak perlu memutus kabel wiring yang ada (existing), jadi lebih rapi dan aman, serta mudah pengaplikasiannya.

Lampu tembak berikut kabel konektor, socket dan holder kanan (iss)

Seperti gambar di atas, sudah ada socket konektor, jadi tinggal colok yang socket existing.

  • Lingkaran ungu adalah holder kanan dengan sakelar idling stop system (iss), menggantikan holder existing yang non Iss. Sakelar iss difungsikan sebagai sakelar lampu tembak
  • Lingkaran merah dihubungkan dengan socket dari holder kiri (existing) back to back.
  • Lingkaran hijau merupakan socket switch Handle rem kanan (rem depan)
  • Lingkaran biru dihubungkan ke socket di area bawah speedometer (cukup tersembunyi dan nempel ke tengah sisi setang kanan)

Berikut video sinar lampu tembak mix lampu existing

1 Lampu tembak dua warna

Untuk hasil pencahayaan pada malam saat hujan belum saya buktikan, masih nunggu momen, mungkin di akhir Februari 2023 ini (tri).

2 respons untuk ‘Pasang 1 Lampu Tembak 2 Warna di Vario 125 (non ISS)

Enter your comment...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.