Modifikasi Lampu Dim Untuk Motor Bebek

Saat diparkiran beberapa waktu lalu, temen ane nanya mengenai tombol tambahan di stang kiri sivemi, karena di motor bebek jarang ditemui/nempel tombol seperti ini ๐Ÿ™‚
Saklar Lampu Dim
Lampu dim/lampu tembak pada motor bagi ane sangat penting terutama saat perjalanan jauh(touring) saat malam hari,kenapa? karna disaat bermanuver dijalan apalagi saat mau nyalip kendaraan besar (bus/truk) suara klakson sering diabaikan oleh para supir.
mungkin karena suara klakson motor nyatu sama deru mesin yang besar, jadi mereka lebih ‘ngeh’ ketika ada kedipan lampu kendaraan dibelakangnya ๐Ÿ˜‰

Alasan kedua, lebih ramah lingkungan (pencemaran suara)
Bila sampeyan jalan jauh melewati kampung orang saat tengah malam, ada perasaan gak enak bila sering menggunakan klakson, selain karna berisik, mengagetkan juga mengganggu orang yang sedang istirahat :mrgreen:

Nah, setelah tau beberapa alasanya, temen ane ini minat untuk modifikasi lampu dim pada motor bebeknya (racun) ๐Ÿ˜†
berikut ini ane tunjukin skemanya dulu yah ๐Ÿ˜€
Skema lampu DIM motor
Bahan dan peralatan yang diperlukan
1. saklar model pencet atau seperti untuk klakson
2. kabel secukupnya
3. solder
bila sampeyan ingin saklarnya lebih awet silahkan tambahkan relay, skema dan cara pasang relay silahkan tanya mbah gogel ajah :mrgreen:
O..iya untuk pasang saklar agar pas dan masuk ke bodi stang, sampeyan harus tega melubanginya dan hasilnya seperti ini ๐Ÿ˜‰
Modifikasi Lampu Dim Untuk Motor Bebek
Gimana, Nyaman to?? semoga yang pake motor bebek KEPINGIN hehehe ๐Ÿ˜† MakByaaaaarrrrr

*Update : Hasil spyshoot pnya temen ane gan :mrgreen:
saklar lampu Dim

Iklan

26 pemikiran pada “Modifikasi Lampu Dim Untuk Motor Bebek

    • maksudnya saklar atau lampunya?
      saran saya sih, saklarnya pasang di batok depan sebelah kiri
      sedangkan lampunya kan udah dual keen tuh, yg kiri (jauh-dekat) dan yg kanan khusus lampu Dim (kyk ninja) ๐Ÿ™‚

      Suka

  1. Misi gan… ane mau tanye..
    Ane punya motor kesayangan MXnew135
    Itu mau ane pasang lampu dim,tp ane bingung masang Relay. Dan sklar dimny.. nha giman tuh… trus bli Relayny ada ukurany kagak?

    Suka

  2. pengalaman pasang di Shogun pake saklar starternya punya new abs revo mantap, โ€œnyanthikโ€ nya kan agak panjangan dikit, enak kalo โ€œnjawilโ€ nya
    saran tambahan, kalo kelistrikan masih AC ( bebek standart, belum ubah kelistrikan jadi DC ) HARUS DITAMBAH RELAY buat jaga-jaga mutusin arus AC nya, kalo kedua saklar lampu tembak/dim yg depan(modif tambahan) dan belakang(bawaan pabrik) gak sengaja nyala bersamaan, soalnya kalo gak diputus trus nyala bersamaan berakibat arus AC dari kumparan magneto dan arus DC dari aki tercampur (kayak nasi yaa.. hehehehehe..), efeknya umur aki dan kumparan magneto bisa berkurang, paling parah kalo sampek arus bocor ke kumparan magneto bisa kebakar tu kumparan..

    Suka

  3. pengalaman pasang di Shogun pake saklar starternya punya new abs revo mantap, “nyanthik” nya kan agak panjangan dikit, enak kalo “njawil” nya
    saran tambahan, kalo kelistrikan masih AC ( bebek standart, belum ubah kelistrikan jadi DC ) HARUS DITAMBAH RELAY buat jaga-jaga kalo kedua saklar lampu tembak/dim yg depan(modif tambahan) dan belakang(bawaan pabrik) gak sengaja nyala bersamaan, soalnya kalo nyala bersamaan berakibat arus AC dari kumparan magneto dan arus DC dari aki tercampur (kayak nasi yaa.. hehehehehe..), efeknya umur aki dan kumparan magneto bisa berkurang, paling parah kalo sampek arus bocor ke kumparan magneto bisa kebakar tu kumparan..

    Suka

  4. pake saklar toggle lebih sipz gan, jadi bisa nyala barengan lampu dekat ma jauhnya, ato cuma buat ngedip” doang. kek di mongtor ane.

    Suka

    • Ane pake saklar tipe ini gan ๐Ÿ™‚ saklar modifikasi lampu dim
      mencetnya lebih enak (serasa motor sport) hehe.. ๐Ÿ˜†

      Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s