Cara Menyetel Komstir Motor yang Oblak

TegeanBlog.Com – Pernahkah ngerasain motor diajak berbelok terasa berat atau terlalu ringan? masalah ini biasanya muncul dari bagian komstir. Fungsi komstir memiliki peran penting sebagai penyelaras agar kendali motor tetap stabil. komstir yang bermasalah bisa bikin setang susah belok, jadi keras dan berat saat diputar kemudinya, sehingga menggangu handling motor.Penyebab Komstir Motor Cepat Rusak
Lantas apa penyebab komstir bisa rusak ? Penyebab utama komstir rusak karena usia pakai yang sudah cukup lama, penyebab lainnya bisa dari sering melewati kondisi jalan yang cukup ekstrem.
Perawatan yang kurang maksimal kerap menjadi penyebab rusaknya komstir. Bola-bola atau pelor yang dibiarkan kering grease-nya, awalnya setang jadi berat, lalu dudukan pelor menjadi terkikis makanya rusak.

Selain itu, membiarkan shockbreaker depan yang sudah keras atau aus juga menjadi penyebabnya. Shockbreaker depan yang mati atau aus bantingan motor tidak lagi diredam, jadinya keras dan bantingan yang keras pasti bikin dudukan bola-bola komstir menjadi rusak.Cara Menyetel Komstir Motor
Cara deteksinya komstir rusak itu mudah, tarik tuas rem depan sambil motor dimaju mundurkan, bila timbul suara ‘bletak’ pasti rusak, bila sudah parah gejalanya sampai terasa oblak dan getar saat posisi kecpatan di putaran rpm tinggi

Ternyata agar kinerjanya maksimal, komstir dapat diatur kekencangannya, dengan menyetel mur pengunci atas dan mur stabilizer yang ada di komstir. Tapi dalam penyetalan komstir tidak boleh sembarangan dan ada aturannya lho.
Jika motor dipergunakan untuk harian dalam kondisi jalan yang kurang bagus, lebih baik disetel enggak terlalu kencang, jika enggak kemudi bisa kaku dan susah dibelokan, setelan yang terlalu kencang bisa membuat komponen komstir cepat rusak, bola-bola dan dudukannya terlalu tertekan keras, lama kelamaan terjadi gesekan sehingga malah bikin cepat rusak.Komstir Motor Rusak
Jika komstir disetel terlalu kendur, memang bikin manuver lebih ringan, tapi bila di kecepatan tinggi, setang akan terasa goyang, jadi harus pas penyetelannya, tergantung medan yang dilalui.

Iklan

Tips Mudah Mengecek Motor Sebelum Mudik

TegeanBlog.Com – Bagi anda yang akan mudik atau pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor, sebaiknya cek dulu kendaraan anda. Nah berikut beberapa poin penting yang harus dicek sebelum berangkat ke kampung halaman anda, simak tipsnya dibawah ini.

image

Baca lebih lanjut

Motor Injeksi itu Irit, Canggih dan Berkapasitor :D

Di tahun 2014 ini, konsumen dan pengguna motor di indonesia (khususnya dikota2 besar) sangat dimanjakan. Gimana tidak manja coba, motor-motor keluaran terbaru (entah itu metik, bebek, maupun motor batangan) sudah menganut sitem injeksi yang mudah dalam perawatannya (katanya iklan), cukup rajin ganti oli bisa diajak jalan lagi.. #Ngueeeng :mrgreen:
banner-440x100
Tapi masalahnya, bila motor tersebut dipake harian dikampung atau pedalaman hutan trus mogok, apa gak repot tuh??
sampeyan tau sendiri kan, orang kampung (kecuali cwe) itu maunya motor yang praktis, kalo mogok sebisa mungkin dibenerin sendiri (DIY,kalo bisa) 😀

Sedangkan untuk membetulkan atau mengatasi motor injeksi mogok kan dibutuhkan laptop atau minimal sebuah remot tipi , kan ada kode kedipan di spedoo gan? iya kalo yang ngerti, kalo yang belum ngerti wajib baca Klik disini

Trus, apakah petani yang kesawah atau ke hutan kudu nenteng laptop atau ngantongin remot?? wakakak, bisa jadi tuh pak tani bukannya benerin motornya malah online buka pesbuk 😆

Pirtinyiinnyi
Apakah pabrikan peduli dengan keluhan konsumen menengah kebawah ini?
– menurut penerawangan saya (hayah), baru ada pabrikan AHM yang sedikit peduli. Contohnya? dijajaran produknya sudah dipasangin kapasitor atau kondensator di sistem kelistrikannya, jadi walaupun aki ngedrop masih ada suplai cadangan listrik di sistem injeksinya. jadi motor masih bisa diengkol walaupun akinya tekor.
kapasitor bank
Loh, emang di motor yamaha gak ada gan? (mulai ngeyel) :mrgreen:
-menurut bapak M. Abidin, GM Technical Service & Motorsport Division PT YIMM, Motor yamaha gak pake kapasitor, jika mogoknya karna akinya ngedrop, motor jangan diengkol apalagi didorong, sangat disarankan akinya diganti baru, karena bisa merusak ECU. Owhh
mogok karena aki tekor
Jadi intinya, bila anda masih galau dan bingung pilih motor apa, carilah motor yang irit, mudah perawatanya dan gak bikin repot saat mogok dijalan, urusan desain, urusan akselerasi, gak akan saya ulas disini.. bisa memicuu :mrgreen:
Sekian sedikit uneg-uneg dari saya, kalo ada info tambahan atau nyampe’in saran dan kritik mohon disiram aja #ehh ditulis aja dikomentar. Sekian dan terimakasih