Di Kota Butuh Torsi, Di Desa Butuh Tenaga

Beberapa waktu yang lalu, temen ane lagi galau dan minta pendapat tentang mesin motor keluaran terbaru. Dengan pengetahuan ane yang terbatas ini, ane coba jelasin dulu tentang karakter sebuah mesin motor πŸ˜‰
*sok tau bgt yah πŸ˜€
mesin motor
Sebelum membeli motor, apa yang ada dibenak sampeyan
-pilih karakter mesinnya atau karena desainnya?
-pilih torsinya apa tenaganya?
-pilih diskon harganya apa pilih SPGnya yang cantik?? wkwkwk *ngawur πŸ˜†
Kali ini ane tak banyak bicara tentang desain maupun bodinya(ini selera gan), entah itu motor sport, motor bebek, motor matic, injeksi maupun karbu apapun merknya. Pada dasarnya fungsi sebuah mesin motor kan semuanya sama, menggerakkan roda belakang. iya to??
Nah yang membedakan karakter sebuah mesin adalah CC, Torsi dan Tenaga
CC itu apa sih? Cewek Cantik Hayah πŸ˜† gak usah ane jelasin, sampeyan udah pada ngerti kan? :mrgreen:
Torsi itu yang membuat kendaraan bergerak sedangkan tenaga menjadikannya berputar lebih cepat. 😯
Nah sekarang dilihat dari fungsi dan lokasi dijalan mana motor tersebut akan sering digunakan.
Terkadang banyak juga diantara biker yang kurang mengerti atau justru bangga dengan motornya bertenaga besar. Padahal saat riding di kota besar yang penting torsi. Karena, torsi yang besar tak hanya membuat tarikan awal lebih enteng tapi juga lebih irit BBM lho.. πŸ˜‰
Lalu, apa bedanya torsi dan tenaga?
Begini bro, sampeyan bayangkan naik kuda yang berlari kencang tetapi hanya bisa menarik gerobak yang hanya muat 2 orang.
Lalu, bandingkan dengan kebo yang tidak mampu lari kencang, tapi kuat menarik gerobak yang muat banyak orang dan kuat nanjak pula. sampeyan pilih yang mana??? πŸ™„
Jadi pengertiannya begini, tenaga kuda besar tapi tidak punya torsi besar. si kebo memiliki torsi besar, tetapi tidak memiliki tenaga besar.
Begitu juga dengan motor. Motor balap memerlukan tenaga besar agar bisa kencang. Sementara motor sayur perlu torsi besar agar dapat membawa beban berat dan kuat menanjak.
Masih kurang jelas bro?
Jika motor memiliki tenaga besar di putaran tinggi tetapi torsi kecil di putaran rendah, maka motor tersebut hanya enak di jalan lurus dan kosong. Mesin motor yang efisien menurut ane ialah mesin yang mampu mengeluarkan torsi besar sejak putaran mesin masih rendah.
contohnya motornya apa aja gan??
*bukanya ane gak mau kasih tau, ntar dituduh memihak salah satu pabrikan, jadi sebelum sampeyan beli motor lihat dulu spesifikasinya, trus coba test jalan kalo udah cocok silahkan kasih penawaran(nego).
Jangan asal percaya kata orang, apalagi kata sales. “Lihat, Dengar, Rasakan” :mrgreen:

Iklan

11 pemikiran pada “Di Kota Butuh Torsi, Di Desa Butuh Tenaga

  1. jos penjelasannya bro πŸ˜€ , sedikit tambahan saja , betul bro apa kata sampeyan, biasanya…bukan biasanya sih..tapi pastinya motor dengan torsi atau bahasa ingrisnya torque yang besar menangnya cuman di tenaga, kalau torque kecil biasanya HP hours powernya yang lumayan besar.. semua berbanding terbalik..contoh, kalau anda semua memakai gigi 1 pada motor, yang dirasakan pasti tenaga awal yang besar,,tapi kalau untuk lari pasti ngak bakalan tembus 100 yatoh, soalnya dianya cuma menag torsi, sedangkan gigi 4 kalau dibuat untuk start awal pasti berat, soalnya torsinya kecil. tetapi kalau udah berjalan pasti motor akan mencapai kecepatan lebih tinggi….nah sekian penjelasan dari kangbro, mudah mudahan gak nagntuk yo ngelihat penjelasan yang begitu sak embrek wkwkwk πŸ˜€ cicaakcerdas.wordpress.com

    Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s