Setting Kekerasan Sok, Awas Rem Blong!!!

Perawatan suspensi depan harus tetap dijaga. Misalnya dengan mengatur kekerasan dan jarak main suspensi. Jangan sampai kekerasan atau terlalu empuk juga. Karena masing-masing punya efek negatifnya.

“Kalau sok depan terlalu keras, efeknya rem terasa kurang menggigit. Traksi ban depan berkurang dan lebih cepat habis,”
oli sokbreaker
Artinya, rem jadi kurang menggigit bila suspensi terlalu keras, akibat dari tidak adanya rebound sok yang membantu kerja rem selama pengereman. Lalu apa efeknya?? kerja rem menjadi lebih berat dan kurang pakem.

Efek untuk banpun dasar masalahnya sama. Karena rebound sok yang terlalu keras, ban harus menahan impact yang lebih besar saat melibas jalan bergelombang. Bisa jadi traksi ban akan berkurang, dan bisa ubah kontur ban jika terjadi terus-menerus.

Nah, kalau terlalu empuk kurang bagus juga lho.. Tabung sok depan bisa mentok segitiga bawah yang memegang as sok (njedug2). Sil sok depan bisa rusak, dan lebih fatal lagi tabung sok bisa retak. Kekerasan sok tergantung volume oli sok di dalam tabung. Semakin banyak oli, sok akan semakin keras dan rebound menjadi lebih lambat. Begitupun sebaliknya. Makanya, sesuaikan oli dengan motor anda.
takaran oli sokbreaker motor YAMAHA
Untuk motor bebek (kwek..kwek..kwek..), takaran oli di masing-masing sok berkisar 50-60 ml. Motor batangan bervariasi, tergantung diameter pipa sok. Berkisar 150-450 ml untuk masing-masing sok.

semoga bermanfaat ^_^

Iklan

10 pemikiran pada “Setting Kekerasan Sok, Awas Rem Blong!!!

  1. Ping balik: Tegean | Welovehonda Blog Contest

  2. Bro mau tanya, pada dasarnya saya vega zr itu suspensi belakang keras atau empuk sih? Kok bagi para pemboncemh kalo kena jalan berlubang kerasnya bukan main, bikin sakit, tp pengendara depan enggk sih. Yg jd masalah itu jok nya atau suspensi belakangnya yg terlalu keras ya? Kl suspensi belakang terlalu empuk efeknya kl belok bukannya jadi enggak stabil ya? Soalnya saya suka belok sampe rebah..

    Suka

    • shock vegazr sebenarnya masuk kategori standar (empuk gak, keras gak)
      karna shock ini disesuaikan dengan fungsi motor (kebanyakan dipake bawa beban/barang),
      kalo juragan suka bonceng penumpang (cwe) bukan barang, silahkan ganti shoknya dengan punya sang kakak jupi z, lebih nyaman buat pembonceng tp gak terlalu lembut jadi masih aman bila dipake cornering,
      terimakasih udah mampir 😉

      Suka

  3. nyos….. klo ane disetting sedikit keras biar ga mentok segitiga, maklum korbannya sudah menghabiskan spakbor 3 set hahahaha…. cuma untuk antisipasi rem yang kurang pakem ane ganti piringan lebih besar…

    Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s