Suka Nyanyi atau Karaoke? Ternyata Banyak manfaatnya Lho..

Salah satu aktivitas yang paling banyak disukai orang adalah bernyanyi, bener kan Gan?

Enggak peduli suara anda kayak suara klakson kapal, knalpot bajaj atau apapun lah yang membuktikan kalau anda sama sekali kagak memiliki kemampuan menyanyi, tapi buktinya anda akan tetap senang bernyanyi. Betul betul betul? Hehehe.

Mau tau alasannya Gan? itu karna bernyanyi adalah kegiatan yang sangat-sangat menyenangkan. Hampir sebagian besar dari kita pun tentunya pernah menjadi seorang penyanyi, meski hanya di kamar mandi.

Bila Agan suka banget nyanyi, lanjutkan kebiasaan itu Gan. Siapa tau dengan kebiasaan ini Agan bisa menjadi seorang penyanyi profesional, atau bisa menambah pundi-pundi Agan karena hobi Agan yang satu ini bisa menang salah satu perlombaan. Ya kan? Kan siapa yang tahu, namanya juga nasib.

Dan faktanya, bernyanyi ternyata sangat bermanfaat lho. Gak percaya? nih ane paparin beragam manfaat bernyanyi, cekidot:

1. Bagus buat jantung
Berdasarkan penelitian Professor Graham Welch, seorang Profesor dari sekolah musik di Institut Pendidikan, Universitas London, Inggris, bernyanyi ternyata merupakan kegiatan yang sangat menyehatkan lho Gan. Graham yang udah 30 tahun meneliti manfaat menyanyi bagi kesehatan mengatakan bahwa bernyanyi dapat menyehatkan jantung dan paru-paru. Mengapa? Tanpa disadari, ketika seseorang bernyanyi ia sebenarnya sedang meningkatkan suplai oksigen dalam darah dan hal ini berdampak baik salah satunya bagi otak sehingga kemampuannya juga ikut meningkat karena adanya jumlah oksigen yang masuk ke aliran darah di seluruh tubuh dan meningkatkan efisiensi sistem kardiovaskular (jantung).

2. Mengembalikan Semangat

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, bernyanyi juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan psikis dan psikologis sesesorang llho Gan. Dengan bernyanyi, perasaan seseorang akan menjadi terekspresikan, menjadi lebih lega, dan lebih semangat lagi. Pasti pernah ngalamin kan? Kalau lagi sedih atau galau, Agan pasti akan menyanyikan lagu-lagu yang mewakili perasaan. Begitu pula sebaliknya, saat sedang ceria dan gembira, Agan akan cenderung enggan menikmati dan menyanyikan lagu-lagu sedih karena merasa tidak sesuai dengan apa yang dirasakannya.

3.Bikin Panjang Umur

Berdasarkan hasil sebuah studi gabungan yang dilakukan oleh sekolah Harvard dan Yale nih, bernyanyi ternyata dapat meningkatkan angka harapan hidup karena memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan mental manusia. Jadi mau panjang umur? Ya sering-sering deh nyanyi :mrgreen:

4.Baik untuk pernafasan
Aktivitas aerobik dari bernyanyi memberikan manfaat positif bagi sistem pernafasan, mengapa? Karna aliran udara yang meningkat pada saluran pernapasan bagian atas ketika Agan bernyanyi akan menurunkan kemungkinan bakteri untuk berkembang di sana, sehingga saluran pernapasan akan menjadi lebih bersih dan sehat. Dari sisi ini, bernyanyi juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi/menghilangkan gangguan mendengkur.

5.Tubuh jadi kebal dari penyakit
Menurut sebuah studi nih Gan yang dilakukan di Universitas Frankfurt, Jerman, disana menyimpulkan kalau menyanyi dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Caranya para peneliti melakukan tes darah pada anggota kelompok paduan suara profesional di Frankfurt. Tes darah dilakukan 60 menit sebelum dan sesudah latihan bernyanyi. Dari penelitian tersebut, diperoleh bahwa konsentrasi imunoglobulin A, protein yang ada dalam sistem imun tubuh manusia yang berfungsi sebagai antibodi ternyata meningkat cukup signifikan selama latihan vokal berlangsung.

6.Bisa jadi ladang duit gan!
Manfaat bernyanyi selanjutnya adalah bisa bikin kaya raya Gan!, udah banyak kan yang mmembuktikan yang satu ini? Liat aja tuh penyanyi baik level internasional sampai hajatan yang ada di kampung-kampung, hidupnya berkecukupan hanya karena mereka menyanyi.

Oh..iya, ada satu lagi nih, yaitu Pertalite SingAlong Digital Activation. Yaitu Kompetisi Karaoke, Lip-sync serta bikin jingle Pertalite dari Pertamina yang menggunakan Kaskus dan Sosial Media sebagai arenanya. Hadiahnya gak main-main lho GanSis, salah satunya Motor Vario terbaru, puluhan smartphone keren dan ratusan voucher BBM!

Tertarik mau ikut? Tunggu info selanjutnya ya.. :mrgreen:
Sumber air : kaskus

Iklan

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s