Cara Merawat AC mobil agar tetap Oke

Banyak hal yang menentukan kenyamanan saat bepergian dengan mobil, salah satunya kondisi AC yang baik. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kalau bagian ini tak luput dari perhatian dan perawatan, caranya sebagai berikut.
Cara Merawat AC mobil agar tetap Oke

Lakukan servis setidaknya setiap 25 ribu kilometer, meskipun AC masih terasa dingin. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan cooling unit, lantaran posisinya yang biasanya ada di bagian bawah dasbor merupakan bagian yang rawan kotor karena mengisap udara yang tidak bersih atau berdebu.

Patut diingat bahwa meski jendela jarang dibuka, tetap saja bagian bawah dasbor tidak bisa dijamin bebas dari debu. Biasanya debu ini akan menyumbat atau tertinggal di dalam cooling unit dan lambat laun akan menurunkan performa AC saat mendinginkan kabin mobil.Hal inilah yang menjadi cikal bakal masalah pada AC mobil, yang penyelesaiannya adalah dengan melepas cooling unit dan dibersihkan di bengkel spesialis AC.

Saat servis, lakukan pula pemeriksaan pada botol dryer karena mungkin saja isinya perlu diganti. Freon juga perlu dikuras untuk memeriksa kalau-kalau ada kebocoran dalam sistem sirkulasi AC.

Tali kipas AC sebaiknya juga diperiksa karena mungkin sudah kering dan retak-retak (getas). Jangan sampai timbul suara berdecit apalagi sampai putus di jalan mengingat perangkat AC saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi Anda yang tinggal di Jakarta karena setiap hari harus menghadapi kemacetan lalu lintas dan hawa yang panas.

Untuk menjaga kinerja tetap optimal, sebaiknya hindari AC bekerja terlampau keras. Caranya antara lain dengan memilih tempat parkir yang teduh, mengingat hawa yang tinggi dalam kabin akan memaksa AC bekerja lebih keras. Kemudian saat hendak menghidupkan AC hendaknya hidupkan mesin mobil terlebih dahulu, sebaliknya saat hendak mematikan mesin, matikan AC terlebih dahulu.

Ketika hendak menyalanan AC saat mobil tengah melaju, sebaiknya jangan menghidupkan AC pada kecepatan tinggi karena tali kipas akan mendapat beban besar secara mendadak. Entakan yang muncul bisa saja memperpendek umur tali kipas, yang bahkan jika kondisi tali kipas sudah aus, tidak menutup kemungkinan kalau komponen tersebut putus.

Iklan

2 tanggapan untuk “Cara Merawat AC mobil agar tetap Oke”

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s