Tips memelihara laptop kesayangan

Kehidupan manusia kian dinamis. Pekerjaan tidak lagi harus berada di belakang meja saja. Tak heran, banyak produk elektronik berusaha mengikuti perkembangan manusia, salah satunya laptop. Seiring perkembangan teknologi informasi, laptop kini menjadi semakin tipis. Hal tersebut membuat laptop menjadi salah satu aksesori dalam pergaulan masa kini.
Tips memelihara laptop kesayangan
Selain stylish, produsen memberikan garansi dan jaminan kekuatan walaupun tipis melalui kualitas bahan yang semakin bagus dan kuat. Namun, ada baiknya apabila kita tahu cara memelihara laptop. Menggunakannya dengan tidak benar dan tanpa pemeliharaan justru bisa mengganggu kinerja laptop ke depannya dan memungkinkan Anda akan kehilangan data Anda.

Jangan perlakukan laptop Anda seperti PC atau desktop di rumah. Walaupun spesifikasi laptop Anda mungkin lebih tinggi, jangan sampai dipakai berjam-jam atau seharian penuh tanpa berhenti. Dari sisi desain dan fungsi, PC dibuat lebih sanggup mengerjakan tugas lebih berat dibandingkan laptop. Jadi kalau memang tersedia PC atau desktop, Anda lebih baik mengistirahatkan laptop. Selain itu, mata Anda tidak akan mudah lelah karena resolusi dan tampilan PC atau desktop lebih besar dari pada laptop.

Pastikan laptop selalu berada di kondisi aman dari panas dan debu karena laptop rentan terhadap debu dan panas. Sering kali kita menggunakan laptop di atas bantal atau tempat tidur. Lapisannya yang lembut sering tertekan oleh laptop dan menutup lubang angin di bawah laptop. Lalu, untuk Anda yang cukup aktif menggunakan laptop sambil ngemil agaknya berhati-hati agar mengotori laptop. Bagi Anda yang menggunakan touchpad, sebaiknya bersihkan jari Anda sebelum memegangnya. Jari yang kotor atau pun berminyak akan merusak sensitivitas touchpad secara perlahan.

Bagi yang senang browsing berjam-jam dengan laptop, siapkan selalu charger. Jangan biarkan baterailaptop Anda sampai kosong. Keadaan seperti ini akan mempercepat kebocoran baterai. Usahakan agar tidak terlalu sering mencopot baterai, selain akan membuat aus holder-nya, laptop Anda bisa saja rusak kalau tiba-tiba ada pemadaman listrik dari PLN atau arus listrik tidak stabil. Hal ini akan berakibat rusaknya komponen di dalam laptop Anda. Selalu gunakan tas pelindung saat membawa laptop. Hal ini untuk mengantisipasi sewaktu-waktu laptop Anda jatuh, tas khusus laptop itu bisa menjaga dari benturan keras. (Aniez)

Iklan

3 respons untuk ā€˜Tips memelihara laptop kesayanganā€™

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.