Tips Mesin Motor agar tak cepat panas (overheat)

Mesin motor yang sering overheat atau cepat panas akan terasa sangat menjengkelkan. Belum lagi ketika Anda masih harus berkendara jauh dan motor harus berhenti karena mesinnya yang overheat. Cara untuk membuat mesin motor agar tidak mudah overheat sebenarnya mudah. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti.
Tips Mesin Motor biar tak cepat panas
Untuk membuat mesin motor tidak cepat panas, hal pertama yang wajib dilakukan adalah mengganti oli mesin secara teratur. Selain berfungsi sebagai pelumas, oli juga mendinginkan komponen dalam mesin motor saat bergesekan satu sama lain. Pastikan juga jalan distribusi oli dalam motor berjalan dengan baik.

Selain oli, pastikan juga kondisi piston tidak dalam keadaan yang terlalu rapat. Piston yang terlampau rapat akan membuat seher dan piston mudah macet dan menyebabkan panas. Hal ini juga akan membuat blok mesin jadi lebih cepat rusak.

Periksa kondisi kebersihan sirip dan kepala silinder. Kalau sirip dan kepala silinder tertutup kotoran atau debu maka proses pelepasan panas mesin akan terhambat. Alhasil, mesin motor akan overheat.

Semoga bermanfaat šŸ™‚

Iklan

10 pemikiran pada “Tips Mesin Motor agar tak cepat panas (overheat)

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s