Ini Dia, Deretan Kereta Api Tercepat di Asia

TegeanBlog.Com – Beberapa tahun lagi di indonesia akan segera hadir kereta super cepat di jalur jakarta-bandung. Nah sebagai info saja, di negara2 Asia sudah mengoperasikan kereta api yang memiliki kecepatan paling tinggi di dunia. Otomatis dari segi waktu sangat memumpuni untuk mereka yang ingin berlibur.
Nah, berikut ini beberapa jenis kereta api yang memiliki kecepatan paling tinggi di Asia.

Shanghai Maglev
Kereta api Shanghai Maglev Line
Kereta api pertama ini memiliki kecepatan hingga 430 kilometer per jam dengan kecepatan rata-rata 251kmph. Dioperasikan sejak April 2014 untuk digunakan secara komersial.
Kereta api bernama Shanghai Maglev Line ini merupakan kereta api pertama yang dioperasikan secara komersial dengan kecepatan tinggi yang memakai garis levitasi magnetik.
Kereta api ini bertujuan dari Longyang Road Station Metro dan berakhir di Bandara Internasional Pudong Shanghai, Tiongkok.
Shanghai Maglev dioperasikan Shanghai Maglev Transportation Development Co (SMTDC). Kereta ini dibangun oleh perusahaan patungan dari Siemens dan ThyssenKrupp.

Harmony CRH 380A
Kereta api Harmony CRH 380A
Kereta api Harmony CRH 380A memiliki kecepatan operasional maksimum 380kmph, saat ini menjadi tercepat kedua di dunia. Sebelum diluncurkan, dilakukan uji coba dari Shanghai menuju Hangzhou pada Desember 2010.
CRH 380A dimasukkan ke dalam operasi pada Oktober 2010. Kemudian mulai beroperasi dari Beijing ke Shanghai dan menyediakan layanan setiap hari bersama Wuhan ke Guangzhou.
Kereta ini dibangun oleh CSR Qingdao Sifang Lokomotif & rolling stock. Untuk kecepatan tertinggi di desain dari hasil dari penelitian yang dilakukan di berbagai universitas di Tiongkok.

E5 Seri Shinkansen Hayabusa
Kereta api E5 Seri Shinkansen Hayabusa
Kereta api E5 Seri Shinkansen Hayabusa mulai beroperasi Maret 2011 dengan kecepatan maksimum 300 km.
Saat ini menjadi tercepat di Jepang, bahkan kereta ini bisa mencapai kecepatan hingga maksimum sekitar 400kmph.
Kereta ini diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industry (KHI) dan Hitachi, sedangkan East Japan Railway Company (JR East) sebagai operator.
Kereta fitur penuh dengan suspensi aktif (FSA) sistem mengurangi getaran serta bisa meredam dan mengurangi ledakan suara dalam terowongan.

THSR 700T
Kereta THSR 700T
Kereta THSR 700T beroperasi di jalur berkecepatan tinggi antara Taipei dan Kaohsiung di Taiwan. Kereta ini memakai layanan Taiwan High Speed ​​Rail Januari 2007.
Bahkan ketika beroperasi, maka kereta ini memiliki kecepatan 300kmph dan mengurangi waktu perjalanan antara dua kota dari empat jam menjadi 90 menit.
Kereta ini dibangun Kawasaki, Hitachi dan Nippon Sharyo. Berdasarkan seri 700 kereta Shinkansen Kawasaki, yang 700T adalah saham bergulir Taiwan pertama yang mengimpor teknologi dengan memakai berkecepatan tinggi dari Jepang.

Iklan

Satu pemikiran pada “Ini Dia, Deretan Kereta Api Tercepat di Asia

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s