Tips Memilih dan Merawat Helm Harian

Fungsi helm adalah untuk melindungi kepala pengendara dari benturan serius saat terjadi kecelakaan. Selain itu helm juga berfungsi melindungi wajah dan mata dari debu, pasir dan obyek lainnya.
Selain memilih helm yang telah lulus standar keselamatan berkendara, kita juga harus bijak dalam menentukan helm yang baik. Karena jika tidak nyaman dipakai, maka justru akan mengganggu konsentrasi berkendara.

Helm yang bagus memang mahal, namun apa salahnya mengeluarkan uang tambahan yang ujung-ujungnya terkait dengan keselamatan jiwa.

Di sini saya harus tegaskan bahwa helm yang kita beli, bukan berfungsi untuk menghindari dari sempritan POLKIS, namun untuk KESELAMATAN. Terlebih saat ini sudah banyak produk helm yang berkualitas dengan harga lebih terjangkau.

Seperti memilih pakaian yang dijual di toko, helm pun punya ukuran. Mulai dari S, M, L, XL dan XXL. Oleh karena itu pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala kita agar nyaman dipakai.

Pilihlah helm yang punya lapisan bagian dalam yang dapat dilepas-pasang agar kita bisa mencucinya saat lapisan dalam pelindung kepala itu mulai kotor, terlebih di musim hujan.

Helm yang lembab berpotensi menjadi tempat bersarangnya berbagai bakteri dan kuman. Selain akan menimbulkan aroma yang tak sedap. bakteri juga dapat berpindah ke kulit kepala dan kulit wajah dan memicu gatal-gatal yang akan sangat mengganggu konsentrasi berkendara.

Karena umumnya terbuat dari spons yang dilapis bahan fabrics, cucilah pelapis helm ini secara hati-hati dengan merendamnya didalam larutan air dan deterjen pencuci pakaian yang lembut selama lebih kurang 10 hingga 20 menit agar kotoran munjadi lebih mudah terlepas.

Setelah itu hilangkan kotoran dengan cara meremas-remas bantalan tersebut secara hati-hati. Disarankan untuk tidak menguceknya karena cara ini dapat merusak spons.

Setelah bersih, bilaslah dengan air bersih hingga kotoran benar-benar hilang. Bila perlu, tambahkan cairan antiseptik pada bilasan terakhir untuk membunuh kuman yang masih tersisa.

Setelah itu kibas-kibaskan untuk menghilangkan air yang masih tersisa kemudian angin-anginkan diluar ruangan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung agar pelapis tersebut benar-benar kering. Jika Sampeyan punya mesin cuci, bisa memanfaatkannya untuk mempercepat proses pengeringan.

Menjemur di bawah terik matahari memang ampuh untuk mempercepat proses pengeringan dan cara ini juga efektif membunuh kuman serta menghilangkan bau tak sedap. Tetapi menjemur helm terlalu lama di bawah terik matahari juga akan mempercepat lapuknya spons. Jika ingin menjemur helm, sebaiknya lakukan pada pagi hari di bawah jam 10.

Setelah dipakai, sebaiknya jangan letakkan helm dalam keadaan tertelungkup, kecuali helm half-face. Letakkan helm dalam posisi yang memungkinkan udara bersirkulasi di bagian dalam helm. Bila perlu bantu dengan kipas angin, terutama setelah digunakan di musim hujan.

Kaca pelindung helm (visor), sebaiknya pilih yang transparan agar helm tetap optimal saat dipakai berkendara saat malam hari. Pilih juga helm dengan visor yang mudah dilepas pasang agar  mudah dibersihkan.

Jagalah kebersihan visor agar tidak mengganggu pengelihatan. Gunakan sabun pencuci piring atau pencuci tangan, kemudian keringkan dengan chamois lembab dan keringkan dengan bahan katun atau lap microfiber agar tidak meninggalkan bercak air.

Sent from
My Android v4.2 supported by Wifi gratis, Online Teruuusss.

Iklan

5 pemikiran pada “Tips Memilih dan Merawat Helm Harian

  1. Ping balik: Daftar Isi | Welovehonda Blog Contest

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s