Arsip Kategori: Kuliner

Kuliner Khas Kampung Warna Purbalingga

Sejak keberadaannya sekitar tiga bulan lalu, Kampung Warna Bobotsari, terus melakukan pembenahan. Selain menambah wahana untuk selfie, saat ini pengelola juga menawarkan beberapa menu kuliner. Kupat Umpet dan Kopi Badeg, digagas menjadi kuliner khas Kampung Warna Bobotsati.

 

Pengelola sekaligus penggagas Kampung Warna, Dona Wahyuni De Fretes mengatakan, destinasi wisata akan lebih lengkap dengan menawarkan kulinernya. Saat ini, pengelola mencoba menawarkan makanan dan minuman yang bisa dinikmati pengunjung jika datang ke kampung warna.

“Kupat Umpet itu ketupat yang di dalamnya ada lauknya dan sambal. Sedangkan minumannya, ada kopi badeg yaitu kopi yang diseduh dengan air badeg atau nira kelapa. Selain itu ada juga es badeg yang sedang dijadikan kuliner khas kampung warna,” katanya, kemarin.

Tidak hanya berkeliling sambil berswafoto menikmati keindahan kampung warna, para pengunjung juga bisa beristirahat sambil menikmati sajian khas.

“Pengunjung datang tidak sebatas berfoto saja, tapi sambil istirahat menikmati makanan khas,” ujarnya.

Saat ini kata dia, pengelola juga sudah memiliki beberapa lukisan tiga dimensi dan pemandangan persawahan atau Panggok Tapak Galeng.

“Tapak galeng ini adalah panggok yang berlatar belakang persawahan. Kalau beruntung atau berkunjung pagi hari, bisa dapat view Gunung Slemet,” ujarnya.

Sejak dibuka sebagai objek wisata baru, tak kurang dari 10 ribu pengunjung yang datang ke kampung warna. Tidak hanya warga Purbalingga, tapi banyak juga pengunjung dari daerah tetangga.

“Belakangan jumlah pengunjung agak menurun, karena musim penghujan,” kata Dona.

Iklan

Mendoan Raksasa, Kuliner Khas Banyumasan

Mendoan raksasa? Apa yang terpikir di benak Anda ketika mendengar kata mendoan raksasa? Apakah mendoan yang diberikan untuk mahluk raksasa?

Mendoan raksasaHmm… Sama sekali bukan. Mendoan raksasa adalah makanan khas Banyumas dan sekitarnya, sama seperti mendoan pada umumnya, hanya saja ukurannya besar atau dibilang raksasa. Bagaimana tidak raksasa, ukuran mendoan ini panjangnya 30 cm dan lebarnya 20 cm. Bayangkan penggaris milik anak-anak yang umumnya memiliki panjang 30 cm. Ya sepanjang itu ukuran mendaoan raksasa.

Adalah Sarwono (38), yang biasa dipanggil Kang Sarwono, yang mempopulerkan mendoan raksasa. Pria asal Adiraja, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap ini, pertama kali membuka warung mendoan raksasa di Klampok, Kabupaten Banjarnegara.
Warung mendoan raksasa di Klampok ini pernah masuk dalam liputan kuliner berbagai televisi swasta. Kini, berkat keuletannya, usaha pria yang pernah menjadi TKI di Taiwan ini sudah memilki beberapa Warung Mendoan Raksasa dengan feanchise. Antara lain ada di Slawi, Cilacap, dan Jakarta. Tak lupa nama warungnya diembel-embeli kuliner Plat R (tanda nopol kendaraan eks Karesidenan Banyumas), sebagai tanda makanan mendoan berasal dari bumi panginyongan.

Kang Sarwono sendiri kini fokus di warung mendoan raksasa di Purwokerto, yakni di sebelah timur patung kuda bundaran RSUD Margono, taman Satria Purwokerto. Warungnya buka setiap hari hingga pukul 23.00. Kang Sarwono sendiri yang menunggui dan melayani pembeli di situ. Menu yang tersedia di warung mendoan raksasa yakni mendoan raksasa, mendoan buaya, mendoan semut, nasi macan, minuman seperti kopi dan teh poci. Anda bisa memesan mendoan raksasa yang digoreng utuh, atau minta dipotong-potong sebelum digoreng.

Bumbu yang dipakai Kang Sarwono dibuat sendiri dan tidak menggunakan penyedap rasa atau metsin. “Saya berusaha menyajikan makanan sehat dengan bumbu rempah-rempah tanpa penyedap rasa”, kata Kang Sarwono.

Bumbu yang diracik ia tumbuk dengan alat tradisional, tidak menggunakan blender. Ketumbar, bawang putih, kunyit, kemiri, dan garam dengan ukuran tertentu ia tumbuk di ‘lumpang’ dengan kayu. “Ini kuliner lokal sehingga harus unik. Bikin bumbunya pun tidak pakai blender tapi ditumbuk, supaya lebih menyatu”, tambahnya.

Bumbu yang sudah ditumbuk itu kemudian diserai sampai kering agar awet tanpa bahan pengawet. Bumbu ini yang nantinya dikirim ke warung mendoan raksasa di luar kota. Oh ya bumbu ini nantinya yang akan dimasukkan dalam adonan tepung untuk menggoreng mendoan.

Untuk mendoan yang dikirim keluar kota, Kang Sarwono mengirimnya dengan jadwal untuk digoreng pada hari tertentu. Tempe mendoan itu dibuat oleh saudaranya, tentu dengan arahannya agar mendoan bisa tetap utuh jika digoreng dalam lembaran raksasa.

Satu mendoan raksasa yang sudah matang harganya cukup murah, hanya Rp 6 ribu. Mendoan dengan nasi yang ditaruh di atas mendoan pun masih terjangkau, hanya Rp 10 ribu.

Mendoan raksasa Kang SarwonoPenasaran dengan mendoan raksasa? Coba deh datang ke Taman Satria Purwokerto atau Anda yang tinggal di Cilacap datang ke Jl. Katamso. Yuk ah.. dijamin maknyuss…

Nikmatnya SoP Rawon Mbak Lily

TegeanBlog.Com – Weekend atau akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk wisata kuliner, kali ini admin nyobain menu hidangan dari SoP Rawon miliknya Mbak Lily di Jalan Jenderal Soedirman 156 Purbalingga (depan Dewi Foto). Apa aja sih menunya?

Hemm.. pilihan menunya menggoda selera, admin memilih paket  Sop Ayam dan Rawon Sapi. Sambil menunggu hidangan di meja, admin nanya2 ke pelayan yang ada. Dan ternyata, Menu yang dihidangkan disini menggunakan bahan utama dan bumbu rempah yang fresh. Untuk daging misalnya menggunakan daging pilihan, dan beli setiap pagi, sapi lokal Purbalingga. Sedangkan bumbu rempahnya,ndadak ngracik dan diolah sendiri saat akan dimasak.

Akhirnya, hidangan yang kami pesan hadir di atas meja. Penampilannya begitu menggoda. Uap tipis yang mengepul, memberikan aroma tersendiri, dan seketika membangkitkan nafsu makan. Kuah rawonnya tidak terlalu kental tak seperti nasi Rawon Surabaya yang hitam dan pekat.

Saat dicoba makan, ada sensasi tersendiri. Seperti ada perpaduan rasa gurih yang begitu kuat meninggalkan jejak enak di lidah dan menyamarkan aroma khas kluek yang memunculkan warna gelap pada kuah rawon.
Terakgir soal harga, menu makanan disini tak membuat kantong atau dompet kita kempes, seluruh daftar harga terpampang jelas di banner dindingnya..

Jadi, bila anda mau wisata kuliner dan ingin mampir ke SoP Rawon Mbak Lily tak perlu khawatir lagi soal harga dan rasanya. Dijamin puas deh.. apalagi kalo ada diskon di hari jumat, hihi..

*SoP Rawon Mbak Lily buka tiap hari mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Untuk Purbalungga Kota bisa pesan atau delivery order via telp (0821)6580386 (minimal order 5 porsi) pesanan akan diantar ke tempat anda.

Sambel Knalpot, Pedesnya Nyoss Pisaann

TegeanBlog.Com – Berawal dari lomba Memasak sambel inovasi tingkat Provinsi mewakili Tim PKK kabupaten, walaupun belum dapat kategori tapi terus mengusik pikiran mas BANGUN WISMO untuk memproduksinya sendiri. Kini kreasi beliau hari demi hari mulai booming, SAMBEL KNALPOT KHAS PURBALINGGA tersedia aneka pilihan rasa.

  • IKAN ASAP
  • IKAN UCENG
  • TERI
  • UDANG ASIN
  • PETAI
  • JENGKOL
  • ORIGINAL.

Produk SAMBEL KNALPOT mendampingi produk kreasinya yakni ANEKA WEDANK dan JAMU GULA JAWA cap GUA LAWA khas asli PURBALINGGA.
Apa yang istimewa dari produk ini?
Mungkin pertanyaan diatas, ada dalam benak fikiran anda. Produk UMKM ini diproduksi dari bahan2 baku pilihan dan diolah dengan peralatan sederhana dan hygenis.

Memang produk rumah tangga ini belum terkenal, maklum produk lokal ini masih baru. Berbagai promosi kini mulai digalakkan lewat pameran produk, sosial media dan mendukung kegiatan sosial yang di promotori oleh ibuk2 ini.

Apakah setelah melihat dan membaca, anda jadu penasaran dengan produk sambel ini? Kalau iya, silahkan pesan dan hubungi saja nomer yang ada dibawah ini,O..iya produknya bisa dikirim lho..

Kontak : Bangun Wismo (082135839270)

Nyicipin Sate Jamur Pak Gangsar, Maknyuzzz

TegeanBlog.Com – Pada hari senin kemarin, saya bersama anak lakik pergi ke kota purbalingga beli peralatan sekolah, setelah muter2 ke beberapa toko akhirnya ketemu juga. Nah, saat perjalanan pulang sang anak laper mintak jajan. Kami pun muter2 lagi nyari jajanan yang sehat, saya pun teringat “Sate Jamur Pak Gangsar”. Anak saya nanyak, emang ada sate jamur? Rasanya kayak apa ya?

Biar sang anak gak makin prnasaran, motor pun saya arahkan menuju gang samping SMA agustinus ke arah barat.

Setelah nyampe lokasi, saya pun pesan 4 porsi (2 porsi dimakan ditempat, 2 porsi minta dibungkus). Sambil menunggu pesanan matang saya nanya2 ke mbak2 yang jualan. Ternyata??

Ternyata, banyak sekali manfaat mengonsumsi sate jamur ini, diantaranya:
1.menurunkan kadar kolesterol.
2.meningkatkan imunitas tubuh.
3.asupan nutrisi bagi ibu hamil.
4.penghancur virus tumor.
5.sumber protein alternatif.
6.membantu melindungi jantung & menurunkan tekanan darah.
7.anti bakteri.
8.dapat mengatasi liver
9.menurunkan berat badan.
10.pencegah penyakit kangker payudara.
11.membantu melawan radikal bebas.
12.mengurangi resiko kangker prostat.

Setelah menunggu sambil ngobrol2, pesananpun hadir, wujudnya seperti ini

Tak sampai 10menit, seporsi sate jamur yg enak ini langsung habis (mau nambah kok ya inget bentuk perut, hihihi).

Oiya, mau tau harga seporsi ini? Hemm..cukup terjangkau kok, 7 tusuk sate sm lontong cuma 10ribu. Kalo cuma satenya aja cuma seribu rupiah per tusuk. Bikin sehat dan gak bikin dompet jebol kan??

Bagi anda yang kebetulan di purbalingga, dan kepingin nyoba atau tanya2 lokasinya dimana ini kontaknya(biar gak nyasar)

sms/WA : 085732635447
Pin Bb : D1644185

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel kuliner maknyuzz berikutnya..

Nasi Goreng Paling Enak di Kota Purbalingga

Bolak-balik Jakarta purbalingga selama beberapa tahun, sudah cukup membuat hapal beberapa tempat makan yang enak di purbalingga, jika anda kebetulan pergi ke purbalingga dengan tujuan tempat wisata seperti owabong maka rasanya mungkin anda akan ke purbalingga. 

Di malam hari anda bisa mencoba beberapa nasi goreng terbaik di purbalingga

 1. di urutaan pertama adalah nasi goreng di belakang taman kota purbalingga, yang tepat berada di seberang toko abc purbalingga. ada di dalam toko permanen, sebagai penikmat nasi goreng ini adalah nasi goreng paling enak yang ada di urutan no 1 rasanya dipurbalingga. bukan hanya saya yang berpendapat demikian, tukang angkiran di alun alun pun bilang begitu, kekurangannya adalah harga yang paling mahal, sekitar 17.000

 2. nasi goreng pete lampu merah pabrik DAVOS. tidak terlalu jauh dari nasi goreng urutan pertama ini adalah nasi goreng gerobak yang sudah setia mangkal di situ. tempatnya di dekat lampu merah pabrik davos dan disamping hijab store rabbani. rasa masih di bawah nasi goreng taman kota purbalingga, namun masih enak hanya beda tidak terlalu jauh. ada pilihan pete nya. dan yang asik adalah cepat sekali pembuatan nasi gorengnya harga 15.000

 3. nasi goreng depan rumah sakit ibu dan anak UMMUHANI ini adalah yang ketiga, ada pilihan seafood nya juga jos lumayan. kekurangannya adalah cukup lama buat nasi gorengnya, harga 11.000 4. nasi goreng doa ibu di deretan ruko samping makam pahlawan purbalingga, direkomendasikan oleh istri, differensiasinya adalah rasa pedasnya. banyak yang beli di sini, namun soal rasa bisa dibilang biasa dibanding ketiga diatas. harga 10.000 nah itulah yang bisa saya sebutkan. dan saya juga tidak merekomendasikan makan nasi goreng di jalan gang mayong, karena menurut saya nasi goreng di sana sangat biasa tidak istimewa dari rasanya. 

Selain nasi goreng di gang mayong ada makanan lain yang enak, yaitu pecel lele khas LAMONGAN, dari beberapa kota yang saya singgahi, pecel lamongan di sini yang dekat dari arah bank bca dalam gang mayong paling enak. sambelnya mantap. bikin nagih. 

semoga bisa jadi inspirasi pecinta nasi goreng paling enak di PURBALINGGA KOTA PERWIRA

Mampir yuk, diwarungnya Kang Raswo

TegeanBlog.Com – Hai.. hai.. Gimana nih libur lebarannya, asyik gak? hehe.. 😂 O..iya sebelum saya lanjutin tulisan ini, izinkan saya tuk ngucapin “Minal Aidin Wal Faidin, Mohon Maaf Lahir Dan Batin” . Ok, lanjut ya.. kali ini saya akan berbagi pengalaman menarik saat ngisi hari libur lebaran di kampung halaman.

Lanjutkan membaca Mampir yuk, diwarungnya Kang Raswo

Resep, Cara Membuat Es Doger Bandung

TegeanBlog.Com – Es doger adalah minuman favorit jajanan orang Bandung yang juga terkenal hingga ke daerah lain. Ternyata cara membuatnya cukup mudah, dengan bahan-bahan yang juga gampang untuk ditemukan.

image

Lanjutkan membaca Resep, Cara Membuat Es Doger Bandung

Warung Ikhlas, Mangane Enak, Mbayar Seikhlase

TegeanBlog.Com – Halo sedulur.. ketemu lagi nih di artikel kuliner khas TegeanBlog.Com hehe.. Artikel kali ini akan membahas kegiatan sosial yang digagas oleh GEMALINGGA (Gerakan Mahasiswa Purbalingga) yang berbentuk sebuah warung sederhana yang menyediakan makan enak, sehat dan layak bagi warga kurang mampu di Purbalingga dengan bayar seikhlasnya.

image

Lho.. kok bisa?? Kenapa Ikhlas? Menurut info dari relawan, mereka tidak ingin mendidik masyarakat untuk selalu senang dapat gratisan atau mengharap sedekah. Jadi mereka yang makan, cukup bayar semampu dan seikhlasnya saja.
Hemm.. sungguh niat yang sangat mulia dan yang terpenting mengajarkan masyarakat untuk mengedepankan harga diri.
Kegiatan dari relawan ini, dimulai sejak tanggal 24 maret 2016, Seminggu 3 kali yakni setiap hari Senin, Rabu dan Jumat jam 11 sampai menu makanan habis.
Menu makanannya cukup variatif, menu utama ayam, lele, telor atau pindang dan 2 macam sayur serta tahu atau tempe. Bisa makan ditempat atau dibungkus dengan kotak. Tak heran dalam sekali penyajian menu makanan (80-120 porsi) akan habis dalam waktu 2 jam saja. Lokasi Warung Ikhlas ini bertempat di Umah Bralink, Belakang Kejaksaan (Depan Tek-tek Kingsan) PURBALINGGA.

image

Hasil penjualan untuk siapa? selain untuk keberlangsungan kegiatan tersebut juga untuk aksi sosial lainnya di wilayah Purbalingga. Pasalnya, selain Warung Ikhlas juga ada kegiatan sosial lainya yang digawangi anak-anak muda Purbalingga.

Sampai saat ini, memang sudah ada dana awal dari relawan, namun untuk keberlangsungan kegiatan mulia ini, GEMALINGGA membuka donasi bagi para dermawan/donatur. Jika bahan mentah bisa dikirim ke lokasi atau menghubungi mereka untuk diambil. Sedangkan donasi yang berbentuk dana bisa ditransfer ke BANK JATENG dengan nomer rekening 3027170098 atas nama Gerakan Mahasiswa Purbalingga (Gemalingga).

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Contact Person dibawah ini :
Eky 085201578877
Agum 08996267697
Igoen 085201478021

Seharian Keliling Kota Purbalingga

TegeanBlog.Com – Setelah beberapa hari melepas rindu dengan anak-anak tercinta, karena ada suatu urusan,akhirnya terselip juga sedikit waktu untuk keliling kota purbalingga.
Setelah ditinggal nguli di ibukota, selain bupati yang baru, ternyata banyak juga perubahan serta pembangunan yang sedang berlangsung.
Dalam tulisanku ini, saya akan cerita apa aja sih perubahan kota perwira ini.

image

Jembatan Kali Klawing. Lokasi yang pertama ini merupakan titik pintu masuk dari arah timur sebelum memasuki kota purbalingga.
Apasih yang menarik disisi jembatan ini?
Hemm.. siapa sih yang belum nyobain Sroto Bancar? dari wisatawan lokal sampe ibukota belum lengkap rasanya bila belum mampir kesini dan nyicipi makanan khas asli purbalingga ini.

image

Gimana? mengundang selera khan? apalagi abis menyantap sroto ini, trus minumannya Es Duren, wuihh..maknyoss tenan.
Sehabis memanjakan lidah, perjalanan pun dilanjutkan ke arah Alun-Alun Purbalingga, hwalah..baru inget hari ini hari senin, jadi lokasi ini dijadikan Apel bendera(upacara) dari Dinas Kabupaten Purbalingga.
Secara otomatis, motor bebek ini kuarahkan ke arah selatan menuju lokasi ketiga, yakni GOR Goentoer Darjono.
Ya..Ampuunn, di GOR pun juga sama, di area parkirnya sedang diadakan latihan pengamanan Anggota TNI dari kodim. Di GOR ini pada hari kerja lumayan sepi, cuma ada beberapa gadis2 yang sedang lari mengelilingi Stadion.

image

Pengambilan scene untuk video pun dimulai, selain sepi dan tak banyak spot yang bisa diambil, pindahlah lokasi ke 4.
Terminal Purbalingga. Terminal kelas B yang dikelola pemerintah propinsi jawatengah ini sangat ramai. Saat pagi hari banyak bus AKAP dari jakarta transit di terminal, saat waktu menjelang siang didominasi Bus sedang jarak dekat(AKDP) yang menuju wonosobo, pemalang, purwokerto dan sebaliknya.

image

Lokasi berikutnya adalah PASAR SEGAMAS, PURBALINGGA. Sebenarnya pasar ini adalah pasar tradisional biasa, yang membedakan adalah bangunannya yang modern, bersih dan pengaturan lapaknya yang rapi.

image

Setelah urusanku selesai dipasar ini, padahal cuma beli DVD lagu hihihi 😀
Nah, saat perjalanan pulang sengaja memutar melewati sisi utara alun-alun, dengan harapan acara sudah selesai.
Saat melewati Patung Knalpot Purbalingga, teringat sahabat yang punya UKM knalpot purbalingga. Setelah dihubungi, ternyata dia sedang di purwokerto.

image

Memang sih acara keliling ada yang kurang bila belum ada liputan tentang Knalpot Purbalingga.
Okeh, tak apa2 perjalanan pun mampir ke GOR Mahesa Jenar, lokasinya tak jauh dari patung ini.
Ada apa di GOR kecil ini? dihalaman sisi utara, terdapat patung jenderal soedirman yang belum selesai direkontruksi setelah roboh beberapa waktu yang lalu.

image

Kelihatannya sih, sudah hampir 90% lah.. Saat tanya ke petugas jaga, ternyata beberapa hari ini di stop dulu, menunggu jadwal crane yang akan memindahkan patung ini ke lokasi semula. Pantesan tak ada pekerja yang beraktifitas, padahal jam sudah menunjukkan jam 9 lebih dikit.

Perjalanan pulang pun dilanjutkan melewati Alun-Alun Purbalingga, Pendopo Dipokusumo.
Eladalah.. para PNS masih rame, dan lokasi alun2 masih tertutup untuk umum, ya wis lah.. lagian sebentar lagi (jam 10) waktunya jemput anak sekolah.

Jadi.. cukup sekian dulu, cerita keliling kota purbalingga kali ini, semoga saat lebaran nanti, saya bisa keliling wisata alam purbalingga yang menarik dan layak untuk dikunjungi.
Sampai jumpa lagi yah..

Posted from WordPress for TegeanBlog
Contact : tegeanblog@gmail.com