Tips Bikin Enggak Ngantuk Saat Riding Malam

TegeanBlog.Com – Perasaan mengantuk itu memang manusiawi dan lumrah. Namun berbahaya saat asyik berkendara, tiba-tiba mata terasa berat. Kalau mengantuk akibat kurang tidur, obatnya jelas. Anda wajib menepi dan beristirahat sejenak. Namun ada juga ngantuk yang muncul karena faktor lain! Misalnya bosan saat melihat jalanan yang monoton lurus-lurus saja.

Tips Bikin Enggak Ngantuk Saat RidingAnda bisa mencoba cara-cara ini lho!

1. Sedikit bermanuver
Selain geber kendaraan lebih kencang, sekresi hormon adrenalin juga bisa dipicu dengan bermanuver di motor. Bukan berarti Anda harus salto atau wheelie…Cukup lakukan manuver seperti pindah jalur. Tentunya hal ini hanya bisa dilakukan saat kondisi jalan kosong.

2. Tingkatkan Kecepatan
Terkadang rasa ngantuk muncul ketika anda sedang berkendara di rute yang lurus dan panjang. Simple aja buat mengusir ngantuk yang seperti ini. Cukup variasikan bukaan gas, jadi dari pelan, digeber sedikit, lalu pelan lagi, geber lagi. Menggeber motor memicu keluarnya hormon adrenalin yang meningkatkan konsentrasi. Tapi jangan geber kendaraan secara ugal-ugalan. Pastikan kondisi jalanan sedang aman.

3. Bernyanyi dengan Keras
Paling enak kalau Anda pakai helm fullface, atau tutup jendela mobil rapat-rapat Anda bisa pede menyanyikan lagu kesayangan keras-keras saat serangan kantuk mulai menyerang. Enggak perlu malu kalau suaranya sumbang, ketutup sama angin juga kok suaranya. Bernyanyi juga bertujuan bikin otak lupa dengan ngantuk.

4. Gigit Lidah Sendiri
Ini trik yang lazim digunakan oleh supir truk. Anda bisa menggigit lidah atau menggesek-gesekkan lidah ke gigi seri bagian atas. Hal ini bertujuan agar otak melupakan rasa ngantuknya dan beralih ke sakit di bagian lidah.

5. Tidur
Memang harus menepi kalau keempat cara diatas tidak mampu menolong Anda dalam menyingkirkan rasa kantuk. Lebih baik istirahat sejenak sembari minum dan makan cemilan. Anda bisa pilih berhenti di warung, masjid, minimarket, atau pos polisi. Yang penting tempatnya aman, Sob. Jangan sampai ketika ngantuk hilang, eh barang-barang juga ikutan hilang!

Iklan

3 tanggapan untuk “Tips Bikin Enggak Ngantuk Saat Riding Malam”

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s