Sensasi Menapaki Bukit Mertelu yang Ayu

Geliat pengembangan Desa Wisata bagaikan jamur yang tumbuh di musim hujan. Kehadiran obyek wisata seakan telah merubah desa yang semula sepi dan jauh dari jangkaun para pemburu wisata, sekarang seakan telah menjadi obyek wisata alternatif yang mudah dijangkau baik jarak tempuh maupun biayanya.

Tidak terkecuali Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jawa Tengah, yang terletak di ujung barat berbatasan dengan Desa Serang, Kecamatan Karangreja, mempunyai potensi wisata yang tidak kalah dengan obyek wisata desa lain.

Secara geografis, letak Desa Sangkanayu terletak pada ketinggian 900-an meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian itulah, hawa di sekitar desa tersebut cukup sejuk dan segar. Obyek wisatanya berupa bukit yang dinamai “Bukit Mertelu”, yang merupakan puncak perbukitan di antara bukit di sekitarnya.

Dinamakan Bukit Mertelu, karena di daerah tersebut ada tiga areal perbukitan yang ada di sekitarnya.Sensasi Menapaki Bukit Mertelu yang Ayu

Areal Bukit Mertelu merupakan daerah kawasan Perhutani yang dikelola oleh sekelompok warga masyarakat desa yang peduli dengan potensi wisata dari bukit tersebut. Sekelompok warga masyarakat bekerja sama dengan pihak Perhutani, akhirnya melaksanakan kerja sama dalam pengelolaannya.

Bentuk kerjasama antara masyarakat desa dengan pihak Perhutani patut diapresiasi, karena kedua belah pihak sama-sama diuntungkan. Prosentase pendapatan yang diperoleh dari hasil ticketing kunjungan wisata dibagi dua, yakni 60% untuk pihak Perhutani dan 40% untuk pihak pengelola dari desa.

Perjalanan ke Bukit Mertelu nan ayu, rutenya melalui jalan kabupaten yang menuju ke arah Serang dari arah selatan (Kecamatab Mrebet). Masih di Desa Sangkanayu menuju Serang, ada plang ke kanan yang menunjukan ke arah Bukit Mertelu. Sesampai di areal parkir kendaraan, maka para pengunjung masih naik ke atas bukit kurang lebih 1,5 km agar sampai ke puncaknya. Hmm … jauh juga ya.

Tapi, begitu sampai di puncak, pengunjung dapat leluasa menghirup udara yang sejuk dan segar, sambil menikmati berbagai fasilitas yang dapat digunakan. Bisa swafoto (selfi) dengan berbagai pose dan gaya.

Di puncak bukit tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan bukit dan dataran rendahnya yang sungguh menawan. “Wah sungguh luar biasa indahnya pemandangan di Bukit Mertelu ini,” ujar Yani salah satu pengunjung, sambil menikmati hamparan pemandangannya.

Yuk-Wisata-ke-Purbalingga-1024x186Penasaran dengan Bukit Mertelu? Silahkan berkunjung saja ke Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga.

Iklan

3 thoughts on “Sensasi Menapaki Bukit Mertelu yang Ayu

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s