Tips Mudah Mengecek Motor Sebelum Mudik

TegeanBlog.Com – Bagi anda yang akan mudik atau pulang kampung dengan menggunakan sepeda motor, sebaiknya cek dulu kendaraan anda. Nah berikut beberapa poin penting yang harus dicek sebelum berangkat ke kampung halaman anda, simak tipsnya dibawah ini.

image

1.Cek Accu
Tegangan yang disarankan pada accu yakni sekitar 12 Volt, jika kurang maka starter akan mengalami masalah, apabila dipaksakan maka akan merusak ECM khususnya bagi motor yang berteknologi Injeksi. Lampu Dan Indikator Motor Sangat penting untuk memeriksa lampu karena merupakan sebagai penerangan pada kondisi malam hari, serta indikator bila kita ingin berbelok atau mengerem. Bila salah satu lampu tersebut bermasalah maka akibatnya akan fatal, karena trek yang kita tempuh panjang memungkinkan adanya lubang di jalan yang dapat membahayakan anda. Untuk itu penerangan pada motor sangat penting sekali.

2. Sistem Pengapian
Pada bagian sistem pengapian ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sepeda motor. Bila hal ini masalah maka perjalanan akan terganggu, busi ialah satu bagian dari sistem pengapian, dengan bersihkan dengan menggunakan amplas, jika keadaan busi tersebut sudah kotor ( hitam ) maka lebih baik diganti dengan yang baru.

3. Karburator Dan Aliran Bahan Bakar
Hal yang perlu dicek yakni pada bagian karburator, dengan membersihkan dibagian spuyer ( pilot jet maupun main jetnya ) dan memeriksa bagian pada aliran bahan bakar apakah ada kotorannya atau ada selang yang bocor apabila kotor bersihkan dan apabila selang tersebut ada yang bocor lebih baik menggantinya. Selanjutnya dengan menyetel karburator sesuai dengan kebutuhan mesin, hal ini agar performa tetap maksimal.

4. Pelumas
Apabila sudah terlalu lama, lebih baik ganti baru oli motor anda, dengan oli mesin atau pelumas yang masih baru akan meningkatkan performa mesin motor dan dapat menjaga kondisi mesin motor tetap prima.

5. Kampas Rem
Pada bagian ini rem merupakan hal yang wajib atau sangat penting untuk di kontrol, mungkin saja kampas rem motor anda akan segera habis. Apabila kondisi rem sudah tipis maka lebih baik diganti saja. Pastinya anda tidak inginkan tiba-tiba saat ditengah perjalanan kanvas rem motor habis, sehingga harus repot-repot mencari bengkel.

6. Rantai
Bagi pengguna motor yang menggunakan rantai, periksa bagian rantai, apabila sudah aus maka ganti saja dengan yang baru. Sedangkan untuk yang menggunakan motor matik, periksa bagian V-belt apabila sudah rentak-retak lebih baik ganti dengan yang baru. Karena hal dari kedua part penting jika putus dijalan baik itu rantai atau V-belt maka akan sangat berabe dan pastinya mengganggu perjalanan mudik anda.

7. Ban
Pada bagian ini cek tekanan angin ban motor, periksa apakah kondisi ban dalam maupun luar masih bagus. Apabila kondisi ban luar sudah tipis sudah keliatan kawatnya maka lebih baik mengganti dengan yang baru. Tidak kebayangkan kalau bocor apalagi meledak. Kondisi ban yang jelek akan sangat membahayakan sekali karena dapat tergelincir dan celaka deh.

8. Bearing
Sebelum akan memulai perjalanan harap untuk memeriksa dulu bearing atau kelaher baik dibagian roda maupun di kemudi. Untuk kondisi kelaher yang bagus maka akan membuat kemudia menjadi stabil untuk dapat melibas setiap jalan yang bergelombang. Bearing pada motor memiliki fungsi untuk menstabilkan perputaran roda menjadi stabil.

Cukup Mudah Bukan ??? Bila anda kurang yakin dengan tips diatas, silahkan bawa motor anda ke bengkel agar dicek dan service agar hasil lebih maksimal. Dan selamat sampai tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga anda.

SELAMAT MUDIK

Iklan

11 thoughts on “Tips Mudah Mengecek Motor Sebelum Mudik

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s