Cara Transfer Kontak dari iPhone ke Android

TegeanBlog.Com – Saat kehadiran smartphone berbasis Android semakin marak dengan beragam model, banyak kemungkinan terjadi adanya peralihan pengguna smartphone dari platform lain ke Android, terlebih dari pengguna iPhone atau iOS ke Android.

image

Akan tetapi, ada satu hal yang krusial dan memungkinkan membuat beberapa orang enggan untuk berganti ponsel yakni kontak dalam ponsel lama. Namun, tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan kontak Anda bila ingin beralih dari iOS ke Android. Inilah cara atau metode transfer kontak dari iPhone ke Android

Sinkronkan Akun Google
Metode pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mensinkronkan kontak dengan akun Google. Untuk menggunakan ponsel Android, biasanya diperlukan akun Google, tetapi bila Anda belum memilikinya, bisa dibuat terlebih dulu. Setelah selesai membuat akun Google, ambil iPhone Anda dan arahkan ke “Mail, Kontak, Kalender”dari menu Setting Anda.

Di sini merupakan tempat di mana akun Google akan di masukkan. Setelah itu, tekan tombol “Add Account”, dan pilih pilihan Gmail, serta masukkan informasi login di dalamnya. Langkah selanjutnya, iPhone akan meminta apa saja yang ingin disinkronkan dengan akun Google. Sementara sinkronisasi kontak berjalan, Anda harus menjaga koneksi internet.

Transfer via Cloud
Bila Anda memiliki iCloud aktif pada iPhone, metode ini hanya memiliki waktu cepat. Lalu bagaimana caranya mentransfer menggunakan cara tersebut? pergilah ke Setting, kemudian pilih “Mail, Contact, Calender”, setelah itu pilih “Accounts”di mana Anda melihat iCloud terdaftar. Pilih option ini, kemudian nyalakan toggle atau ubah “Contacts”. iPhone Anda akan meminta untuk “Merge” kontak perangkat dengan iCloud.

Setelah proses ini dilakukan, arahkan ke icloud.com di web browser komputer, log ini dengn Apple ID, setelah itu select “Contact”. Klik roda kecil di sudut kiri bawah, kemudian tekan Select All. Setelah itu, klik roda kecil lagi dan pilih “Eksport vCard”.

Arahkan ke gmail.com. klik pada tombol “Mail”, kemudian pilih “Contact” klik tab “More”, select “Import”, select “Choose File”, setelah itu file vCard yang disimpan. Katika itu selesai import, Gmail akan menampilkan jumlah kontak yang telah diimpor.

Transfer dengan iTunes
Bila kontak Anda disimpan secara lokal atau Anda menggunakan akun selain Gmail, Anda bisa mentransfer kontak melalui iTunes di Komputer Windows atau Mac.

Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga
Jika beberapa metode tersebut tidak bekerja dengan baik, Anda bisa gunakan aplikasi pihak ketiga untuk mentransfer kontak iOS ke Android. Dua aplikasi pihak ketiga yang bisa digunakan untuk memindahkan kontak dari iPhone ke Android adalah PhoneSwappr dan My Contact Backup.

Sumber : Android Authority

*Posted from WordPress for Nokia
Contact me : tegeanblog@gmail.com

Iklan

2 thoughts on “Cara Transfer Kontak dari iPhone ke Android

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s