Kawasaki Ninja 250 FI 2015 : Assist dan Slipper Clutch

Dapat info dari divisi pengembangan dan riset KMI(Kawasaki Motor Indonesia), pada produk Kawasaki Ninja 250 FI 2015 nanti. Yakni, penggunaan slipper clutch pada sistem transmisinya, sistem ini memungkinkan pengendara melakukan engine brake (deselerasi) lebih cepat tanpa resiko ban kehilangan traksi karena efek torsi berbalik secara berlebihan (back torque).
Kawasaki Ninja 250 FI 2015, Assist dan Slipper Clutch
Sistem ini, namanya assist and slipper clutch yang beroperasi pada saat yang berbeda. Jadi assist clutch terjadi saat motor berakselerasi, sedangkan slipper clutch secara otomatis terjadi saat motor berdeselerasi dan melakukan penurunan gigi alias downshift. singkatnya akan memudahkan pengguna dalam pengereman dan masuk ke tikungan lebih cepat.

Misalnya saat balapan, biasanya saat penurunan gigi dengan cepat, pada sistem kopling akan terjadi fenomena back torque. Dimana hal ini membuat ban belakang skid dan selanjutnya membuat roda kehilangan traksi pada permukaan jalan. Slipper clutch inilah yang membantu mengurangi kerugian akibat back torque tadi.

Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

4 pemikiran pada “Kawasaki Ninja 250 FI 2015 : Assist dan Slipper Clutch

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s