Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel

Seperti halnya kendaraan bermotor yang lain, mobil bermesin diesel juga perlu perawatan, apalagi kalau usia mobil sudah cukup berumur. Apa saja bentuk perawatan tersebut? Simak beberapa di antaranya.
Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel
Untuk perawatan rutin, mengganti oli mesin, oli gardan, oli transmisi adalah hal yang wajib dilakukan. Demikian pula untuk filter oli, ganti sesuai jadwal. Jangan lupa untuk membersihkan atau bila perlu mengganti filter udara kalau sudah terlihat kotor. Hal yang sama dilakukan pada filter solar.

Untuk mobil-mobil lawas, agar performa mesin bisa tetap terjaga, sebaiknya sistem bahan bakar dibersihkan dari tangki hingga ke bagian mesin. Saat proses tersebut dikerjakan, Anda mungkin akan terkejut betapa banyak endapan kotoran yang ada dalam sistem bahan bakar.

Langkah berikutnya adalah mengalibrasi ulang pompa solar dan injektor. Hal ini dilakukan agar setiap silinder mendapatkan jumlah solar yang sama. Injektor juga perlu diperiksa untuk memastikan pengabutan terjadi dengan sempurna pada tekanan yang sama, mulai silinder pertama hingga yang terakhir.
Kalau performa mobil dirasakan sangat menurun, cobalah mempertimbangkan untuk melakukan semi overhaul dengan cara membuka kepala silinder. Hal ini ditujukan untuk membersihkan ruang pembakaran dari sisa-sisa pembakaran yang sudah menumpuk.

Selain semi overhaul, periksa pula kondisi silinder dan piston. Busi pemanas (glow plug) yang berfungsi menaikkan temperatur udara bertekanan pun perlu dicermati dan dipastikan kondisinya masih baik.

Sebagai catatan, semi overhaul atau bahkan overhaul penting dilakukan jika mobil sudah menunjukkan beberapa gejala seperti oli yang sering berkurang padahal tidak terjadi kebocoran sama sekali. Untuk mengetahui kebocoran oli pada mobil Anda bisa melakukannya dengan meletakkan kertas glossy di bawah mobil dan biarkan selama beberapa jam—akan lebih baik kalau didiamkan sehari semalam.

Setelah itu tarik kertas dan perhatikan tetesan yang ada, Kalau tetesan itu berada di bawah mesin, berwarna hitam pekat, dan tampak kotor, patut dicurigai itu adalah oli mesin, untuk memastikannya coba bandingkan dengan oli dari oil dipstick.

*Semoga Bermanfaat ^_^

Iklan

2 pemikiran pada “Tips Merawat Mobil Bermesin Diesel

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s