Menelusuri Pesona Curug Nini Purbalingga

Curug Nini ??? Sebagian besar orang (bahkan orang Purbalingga sendiri) mungkin baru mengetahui bahwa di Kabupaten Purbalingga terdapat sebuah Curug yang indah bernama Curug Nini. Lokasi dari Curug ini yaitu di Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Obyek Wisata ini harus dimasukkan dalam rencana wisata anda selama di Purbalingga karena Curug ini tergolong dekat dengan pusat kota (dibandingkan curug-curug lain yang harus mblesek di daerah pegunungan), medan menuju Desa Cipaku sendiri masih tergolong landai serta yang paling utama adalah keindahan dari Curug itu sendiri.
Menelusuri Pesona Curug Nini Purbalingga
Rute yang ditempuh untuk sampai di Curug Nini juga cukup mudah diingat. Sebaiknya ke Curug Nini lewat Pasar Karangnangka (Pertigaan Owabong ke utara lagi sampai ketemu perempatan) kemudian belok kiri ke arah barat, ikuti jalan utama hingga sampai di sebuah perempatan di Desa Cipaku kemudian belok kiri. Ikuti jalan sampai ketemu Balai Desa Cipaku (Jadi intinya dari tadi tuh pokoknya ke Balai Desa Cipaku ^_^ ), kemudian belok kanan masuk jalan setapak. Ingat, belok kanan menuju sebuah jalan setapak (50 meter barat balai desa) karena berdasarkan pengalamanku dua kali ke Curug ini selalu kelabasan. Setelah itu motor bisa diparkirkan di lahan kosong sebelah Mushola dan perjalanan selanjutnya jalan kaki menyusuri jalan setapak. Jarak ke Curug sudah cukup dekat, dari Mushola ke timur beberapa puluh meter, kemudian dikiri jalan ada sebuah jalan (mirip terowongan alami yang diciptakan oleh tumbuhan ‘tetean’ kalo tidak salah 😉 , masuk ke terowongan itu dan sampailah di Sungai Pingen. Saat sampai sungai yang nampak hanya saluran irigasi untuk Desa Cipaku dan Desa Pagerandong. Lalu Curugnya disebelah mana ??? jangan-jangan salah jalur ???. Tenang kawan, jalurnya sudah benar, kawan-kawan cukup nyemplung ke air dan lihatlah ke sisi barat ada sebuah Curug yang sangat indah (harus nyemplung ke air, Curug tidak nampak kalau dilihat dari pinggir sungai). Jadi setelah membaca penjelasan yang sangat mendetail dan sedikit memusingkan para pembaca sudah paham rute menuju Curug Nini ???. Jika masih tidak paham tanyakan pada warga sekitar 😀

Curug Nini sendiri tidak terlalu tinggi, mungkin ketinggiannya sekitar 10 meter. Derasnya air di Curug Nini membuat sebuah kolam alami yang terletak persis dibawah grojogan Curug itu. Biasanya setiap siang dan sore banyak anak desa yang terjun dari tebing Curug ke kolam utama tanpa rasa takut. Jika anda berani silahkan ikuti tingkah polos anak desa Cipaku dan Pagerandong melompat dari atas curug, kalo gak bisa renang lebih aman, bermain air di sisi yang tidak terlalu dalam. Potret perbukitan terhampar di sisi kiri dan kanan Curug dengan rimbunan pohon besar yang menghiasinya. Banyak juga spot yang bisa digunakan untuk foto-foto seakan keindahan alam ini tiada habisnya.
Seperti kebanyakan Curug di Purbalingga, Curug Nini masih jauh dari perhatian Pemkab Purbalingga. Dinas Pariwisata Purbalingga masih sibuk mempromosikan obyek wisata buatan seperti Owabong dan Sanggaluri Park. Padahal jika Pemkab mau mengelola Curug ini dengan baik maka akan banyak wisatawan yang datang. Meski demikian, ada keuntungan Curug ini belum terekspose yaitu kondisi alamnya yang masih terawat, jauh dari tangan-tangan jahil dan yang terakhir entah keuntungan, kelemahan, keunikan atau apa. Masih sering dijumpai warga desa yang mandi dan mencuci di sungai hanya menggunakan Cln* Dlm :mrgreen:

Bagi warga Purbalingga yang bingung mau liburan kemana, sudah bosan main ke Owabong, mungkin bisa memasukan Curug Nini sebagai destinasi wisata alam dengan sejuta keindahan yang masih terpendam karena minimnya perhatian dari Pemkab Purbalingga. Satu hal lagi yang penting, tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk parkir maupun tiket masuk ke Curug ini alias GRATIS. Semua orang boleh mengunjungi Curug Nini, asalkan harus tetap menjaga kondisi alam yang ada dan jangan merusak apa yang ada. sekian dan terimakasih. (PCNJ)

Iklan

15 pemikiran pada “Menelusuri Pesona Curug Nini Purbalingga

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s