Memahami Istilah Otomotif di lokasi bengkel mobil

Anda awam dengan dunia otomotif, tetapi terpaksa mampir ke bengkel karena mobil bermasalah? Barangkali ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan istilah-istilah otomotif sederhana agar tidak mangkel karena montir bengkel menyebutnya berulang kali.
Montir Cantik, Montir Seksi, Montir Mobil
Overheating. Ini adalah kondisi temperatur mesin melebihi batas atas (ideal 82°C-92°C), lantaran sistem pendingin mesin tidak bekerja sempurna. Kebalikan overheating adalah overcooling. Keduanya bisa merusak mesin.

Spooring(Wheel Alignment). Penyelarasan ulang sudut roda sesuai spesifikasi. Jika berubah, ban cepat aus, BBM boros dan pengendalian liar. Penyetelan ulang dilakukan pada camber, toe out, toe in,dan cater.

Balancing. Menyamakan distribusi bobot velg dan ban. Jika tidak sama, pada kecepatan tertentu kemudi bergetar dan sangat memengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara.

Ngelitik. Ini istilah yang umum dipakai. Ngelitik sama artinya dengan detonasi atau knocking, yakni timbulnya suara ketukan pada saat mesin berputar pada kondisi tertentu. Timbulnya suara sering terjadi saat tanjakan, mau berakselerasi atau ketika pemakaian gigi yang tidak tepat. Di luar gejala terakhir, knocking disebabkan dari setelan mesin kurang pas, kualitas BBM buruk, sistem pengapian rusak hingga menumpuknya kerak di ruang bakar.

Tune Up. Mengembalikan stamina mesin ke kondisi awal. Umumnya yang disentuh sistem pengapian, bahan bakar, filter-filter, dan pelumas.

Overhaul. Membongkar total mesin untuk mengetahui kerusakan. Langkah ini dapur pacu harus diturunkan dari mobil. Istilah turun mesin inilah yang jadi populer. Overhaul juga berlaku untuk girboks dan gardan.

Alternator. Pengubah energi mekanis menjadi listrik yang mengandalkan putaran mesin melalui puli dan belt. Kemudian listrik disimpan dalam aki (accu/baterai).

Karburator. Cuma ada di mobil bermesin bensin (model lama). Sistemnya disebut karburasi atau pengabutan. Karburator bertugas menyatukan bensin dan udara ke dalam ruang bakar dengan perbandingan tertentu sehingga mudah terbakar dan menghasilkan efek tekanan. Karburator mengambil bensin dari tangki melalui selang dengan bantuan fuel pump (mekanik/elektrik).

Semoga bermafaat ^_^

6 respons untuk ‘Memahami Istilah Otomotif di lokasi bengkel mobil

Enter your comment...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.