Tips Menjaga Performa Mesin Motor

Saatnya berangkat kerja, tiba-tiba mesin sepeda motor tak mau dinyalakan. Kalau sudah begini, hari serasa menjadi lebih berat, terlebih ketika Anda tengah diburu waktu.
Tips Menjaga Performa Mesin Motor
Mesin sepeda motor ngadat bukanlah tanpa alasan. Pertama, hal itu bisa disebabkan setelan angin pada karburator kurang terbuka sehingga proses pengabutan, proses ketika bahan bakar bercampur udara untuk pembakaran tidak berjalan sempurna.

Cara penanggulangannya adalah menyetel sekrup angin pada karburator. Agar tidak menambah masalah berarti, sebaiknya hal ini dilakukan di bengkel langganan. Teknisi bisa sekaligus menilik ada-tidaknya komponen dalam sistem pengabutan yang rusak, misalnya pada bagian insulator. Bagian ini antara lain berfungsi memastikan campuran udara dan bahan bakar berputar di ruang bakar.

Penyebab lain bisa juga karena karburator kotor sehingga mesin sulit dihidupkan. Karburator kotor mungkin terjadi jika sang pemilik lalai melakukan servis berkala. Oleh karena itu, ikutilah petunjuk perawatan yang benar sesuai buku manual dan lakukan setiap prosesnya dengan tepat. Jadwal penggantian oli, servis rutin, hingga pembaruan ban, tertulis lengkap untuk disimak.

Pastikan, ketika proses karburator dibersihkan, teknisi juga meniadakan kotoran dari bagian saringan bensin. Pasalnya, bagian ini pun berperan penting dalam kelancaran proses pembakaran.

Penyebab lain mesin sulit dihidupkan adalah kondisi pengapian yang lemah akibat busi sudah aus. Lubang busi juga harus bersih dari kotoran dan debu yang menempel agar tidak menghalangi proses pengapian. Pastikanlah Anda menggunakan busi asli untuk mendapat performa prima.

Komponen mesin lainnya yang bisa menjadi penyebab bermasalahnya mesin adalah kondisi aki yang tidak baik. Penyebabnya antara lain jumlah cairan elektrolit yang tidak sesuai, kondisi kabel yang tidak baik, atau terjadinya endapan kotoran di lubang-lubang aki.

Pemeriksaan kondisi mesin secara berkala adalah satu langkah mudah untuk menghindari terjadi banyak kesulitan pada kemudian hari. Apakah Anda sudah melakukannya hari ini?

Suka ยท Komentari ยท Bagikan

Iklan

4 pemikiran pada “Tips Menjaga Performa Mesin Motor

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s