Cara mengatasi stater elektrik yang tiba-tiba rusak

Starter elektrik adalah salah satu bagian yang penting pada sepeda motor. Jika bagian ini rusak, Anda terpaksa menyalakan sepeda motor dengan cara menekan pedal starter. Ketika starter mendadak rusak, ada beberapa bagian berikut ini yang bisa Anda periksa.
Cara mengatasi stater elektrik yang tiba-tiba rusak
Sepeda motor keluaran terbaru memang sudah dilengkapi dengan starter elektrik. Melalui alat ini, Anda cukup menekan tombol “start”, kemudian suara mesin pun langsung menderu. Walaupun masih awam dengan cara kerja starter elektrik, Anda bisa coba mengenal komponen-komponen yang ada di dalam starter elektrik. Siapa tahu, jika ada apa-apa di jalan, Anda bisa segera memperbaikinya secara mandiri.

Komponen pertama yang perlu diperhatikan adalah bagian aki. Jika aki mulai soak, starter elektrik akan mulai melemah. Selain itu, Anda bisa juga mengecek bagian klakson. Jika bunyinya sudah tak nyaring, kemungkinan arus listrik di aki tenaganya terlalu lemah.

Komponen berikut yang perlu dicek adalah bagian switch starter atau bendik. Salah satu pertanda ketika bagian ini rusak adalah ketika muncul suara “cetak-cetak”. Hal ini mengindikasikan pada bagian bendik masih ada sedikit arus. Namun, kekuatannya kurang mampu untuk memutar dinamo starter.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan beberapa langkah. Salah satunya adalah melakukan jumper. Caranya, Anda hubungkan tangkai obeng pada kedua terminal kabel bendik. Namun, jika hal ini belum juga berhasil, sebaiknya Anda mengganti bagian bendik.

Komponen lain yang perlu Anda ketahui adalah dinamo. Jika dinamo rusak, salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah bagian arang kumparan atau brush. Hal ini dikarenakan, kumparan akan aus jika sering digunakan. Jika sudah aus, arus listrik dari bendik sulit masuk. Padahal, hal ini berfungsi menggerakkan gir yang menyambung ke keruk as.

Jika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda mulai mengganti bagian arang kumparan tersebut. Selain itu, jika dari dinamo terdengar suara mengerik, Anda bisa mencoba mengoleskan pelumas. Jika masih belum beres juga, sebaiknya Anda membawa sepeda motor ke bengkel untuk diservis.

Suka · Komentari · Bagikan

Iklan

2 pemikiran pada “Cara mengatasi stater elektrik yang tiba-tiba rusak

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s