Hati-hati bila Ban sudah Mulai Botak

Bagaimana kondisi ban sepeda motor Anda hari ini? Bagi yang jarang mengecek kondisi ban, pertanyaan ini mungkin agak menohok. Maklum, ban adalah salah satu komponen di sepeda motor yang jarang diperhatikan. Padahal, ban yang botak atau tipis bisa membahayakan Anda di jalan.
Hati-hati bila Ban sudah Mulai Botak
Sebenarnya, proses penipisan ban kendaraan bisa sedikit dikurangi walaupun akan tetap berkurang ketebalannya. Sebagai bahan perbandingan, umur ban sepeda motor depan bisa mencapai 2 tahun, sedangkan ban belakang bisa mencapai 1 tahun. Umur tersebut adalah umur standar untuk pemakaian normal dalam kota. Nah, jika ban sepeda motor Anda lebih cepat botak, ada beberapa hal yang perlu dicek.

Salah satunya adalah proses berkendara yang tak baik. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan agar ban sepeda motor tak cepat botak. Pertama, gunakanlah tekanan udara yang pas. Jangan menggunakan tekanan udara yang terlalu keras karena akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara. Namun, hati-hati, tekanan udara yang terlalu lemah akan menyebabkan ban cepat tipis. Hal ini dikarenakan terlalu banyak bagian ban yang menapak di jalan.

Kedua, kurangilah beban kendaraan. Semakin berat beban kendaraan, semakin cepat ban menjadi tipis. Pasalnya, kinerja ban akan menjadi ekstra keras dalam menopang kendaraan tersebut.

Ketiga, hindarilah jalan yang banyak mengandung tumpahan minyak. Kadang kala ada beberapa bagian jalan yang terkena tumpahan minyak. Nah, sebaiknya Anda menghindari tipikal jalan seperti ini karena akan membuat ban lebih mudah terkikis. Maklum, ban yang sering terkena minyak akan menjadi lebih lunak.

Keempat, gunakanlah rem secara wajar dan perlahan. Hal yang perlu diperhatikan adalah jangan menggunakan rem secara mendadak. Apalagi jika ban berhenti, tetapi kendaraan masih melaju. Hal ini akan menyebabkan terjadinya gesekan antara ban dan jalan raya yang superkeras.

Kelima, hindari jalan yang jelek, berbatu, atau berkerikil. Selain tak nyaman, tipikal jalan ini akan memacu ban cepat menjadi tipis. Jika terpaksa harus melewati jalan seperti ini, sebaiknya Anda pacu sepeda motor dalam kecepatan perlahan.

Suka Β· Komentari Β· Bagikan

Iklan

15 pemikiran pada “Hati-hati bila Ban sudah Mulai Botak

  1. nyong ngalami ban ngarep lewih cepet entek timbang mburi, nggumuni. kayane kurang angin tp cepet pisan koh mbuh primen kuwe. dunlop sportma ex versys. sepasang masang bareng, sing mburi seprene esih kandel. ngarep ganti bt45.
    oh iya nek isi nitrogen lewih awet, lewih enak nggo mlaku. beda banget karo nek isi angin. *nyobg telat ngisi

    Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s