Cara memperbaiki Klakson Yang rusak

Klakson adalah salah satu bagian penting pada kendaraan. Meskipun tak berpengaruh langsung saat berkendara, fungsi klakson sangat penting. Namun, bagaimana jika klakson di sepeda motor tiba-tiba tak bekerja dengan baik? Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan.
Cara memperbaiki Klakson Yang rusak
Salah satu fungsi klakson adalah memberi tanda kepada pengendara lain. Misalnya, ketika Anda meminta sedikit ruang atau sebagai peringatan jika ingin mendahului pengendara lain. Sayang, kondisi klakson sering kali disepelekan. Padahal, klakson bisa meminimalkan risiko terjadinya kecelakaan. Agar klakson tetap terjaga, Anda bisa melakukan hal-hal berikut.

Bersihkan soket
Jika klakson sepeda motor Anda bermasalah, coba bersihkan soket pada body klaskon. Soket ini terletak di bagian bawah klaskon. Membersihkan soket bertujuan untuk membersihkan lapisan karat yang biasanya menyelimuti soket. Setelah dibersihkan, biasanya lapisan besi bisa kembali berfungsi dengan baik. Anda dapat membersihkan bagian ini dengan menggosokkan amplas khusus. Namun, sebaiknya Anda memilih ampelas yang paling halus.

Cairan antikarat
Klakson sepeda motor sering kali mengalami masalah karena korosi pada besi atau kawat motor. Hal ini biasanya yang menghambat hantaran aliran listrik. Selain itu, korosi bisa terjadi pada tuas tombol klakson. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menyemprotkan cairan antikarat pada bagian-bagian tersebut. Setelah itu, mainkan tombol klakson agar cairan tersebut meresap dan membersihkan hingga ke bagian dalam.

Periksa soket kabel
Jika carian antikarat belum juga mengatasi masalah klakson, silakan periksa sambungan soket pada jaringan kabel tersebut. Hal ini untuk mengetahui apakah ada kemungkinan bagian yang terputus. Untuk memeriksanya, Anda bisa menggunakan test-pen untuk mengetahui apakah ada arus listrik di dalamnya atau tidak. Periksa juga sistem listik motor Anda secara saksama. Maklum, bisa saja masalah klakson berawal dari absennya listrik dari aki sehingga tak ada daya untuk membunyikan klakson.

Suka · Komentari · Bagikan

Iklan

8 pemikiran pada “Cara memperbaiki Klakson Yang rusak

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s