Pilih yang basah atau yang kering?

Salah satu bagian terpenting di sepeda motor adalah aki. Di pasaran tersedia beragam merek aki. Namun, menurut jenisnya, aki terbagi menjadi dua, yaitu kering dan basah. Apa saja keuntungan dan kelemahan dari kedua aki ini?
aki basah vs aki kering
Aki basah sudah sejak lama banyak digunakan pada berbagai kendaraan. Maklum, aki jenis ini adalah yang paling umum dan sering dijumpai. Pada umumnya, aki basah menggunakan wadah yang semi transparan. Hal ini membuat cairan elektrolit yang terdapat di dalamnya dapat terlihat dengan jelas.

Cairan elektrolit atau biasa disebut air aki atau air zuur berfungsi merendam sel-sel aki. Sebagai catatan, volume air aki harus selalu berada di atas batas minimal agar dapat tetap merendam sel-sel. Jika volume air kurang dari batas minimal, sel penyimpanan arus akan teroksidasi dan berkarat.

Untuk menambah volume cairan, gunakan air destilasi, bukan air zuur. Perbedaan keduanya dapat dilihat berdasarkan warna tutup botolnya. Pada umumnya, air zuur dikemas dalam botol dengan tutup berwarna merah, sedangkan air destilasi dikemas dalam botol dengan tutup berwarna biru.

Sementara itu, aki kering merupakan bentuk pengembangan dari aki basah yang penggunaannya semakin populer. Secara fisik, perbedaannya dengan aki basah dapat dilihat melalui wadahnya yang berwarna gelap atau tak transparan. Selain itu, aki kering juga tak memiliki lubang-lubang untuk mengisi air aki.

Sebagai pengganti cairan elektrolit, cairan yang terdapat di dalamnya berwujud gel. Tingkat penguapan gel ini sangat minim karena saat menguap, uap tersebut tak dibuang keluar. Hal ini membuat volumenya tetap terjaga. Dengan demikian, aki jenis ini tak membutuhkan perawatan khusus atau umumnya disebut maintenance free.

Jadi, kesimpulannya adalah aki basah membutuhkan perawatan karena perlu diperiksa ketinggian cairan dan memastikan bahwa cairan tersebut tetap berada pada batas yang seharusnya. Keuntungannya, aki basah harganya cenderung lebih terjangkau dan memiliki umur yang lebih panjang. Sementara itu, keuntungan aki kering adalah membutuhkan perawatan khusus. Namun, harganya relatif lebih tinggi dan umur pemakaian biasanya singkat.

Iklan

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s