Mesin Penggeruk batubara dan emas Terbesar Di Dunia

Bagger 288 adalah namanya. Mesin ini adalah penggali terbesar di dunia. Ekskavator Berroda bernama Bagger 288 dibangun oleh perusahaan Krupp, Jerman. Alat ini sering dikenal dengan nama mobile strip mining machine. Mesin seberat 13.500 ton ini terdiri atas dua bagian, yaitu bucket-wheeler excavator sebagai alat penggalinya dan crawler-transporter sebagai kendaraan penopang yang memungkinkan alat tersebut bergerak.
Mesin Penggeruk Terbesar Di Dunia
Tingginya mencapai 95 meter dengan panjang mencapai 215 meter. Mesin ini digunakan secara khusus untuk pertambangan, seperti batubara dan emas. Alat ini membutuhkan lima tahun untuk pengerjaan desain dan pembuatan. Selain itu, tambahan lima tahun lagi untuk perakitannya. Untuk mengoperasikannya, mesin ini membutuhkan daya listrik eksternal sebesar 16,56 MW.

Pada 1978, ketika konstruksi mesin selesai, Bagger 288 diangkut dengan menggunakan NASA Crawler Transporter, kendaraan yang pernah digunakan untuk mengangkut roket peluncur pesawat ulang alik (Space Shuttle) dan Apollo Saturn V. Bagger 288 dibuat untuk mengolah overburden di Tagebau Hambach (Hambach Stripmine), Jerman. Overburden adalah batuan yang harus dikupas supaya bijih yang ditambang dapat dijangkau dan diolah untuk keperluan komersial pada penambangan batubara.

Pada 2001, mesin ini telah menyelesaikan eksplorasi batubara di pertambangan Tagebau Hambach dan tidak lagi diperlukan di sana. Dalam waktu 3 minggu, alat ini dipindah sejauh 22 kilometer menuju ke Tagebau Garzweiler, melewati Autobahn 61, Sungai Erft, rel kereta api, dan beberapa jalan raya. Pemindahannya menelan biaya sebesar 10 juta dollar AS dan memerlukan tim yang terdiri dari 70 pekerja. Bagger 288 merupakan salah satu dari kelompok kendaraan dengan ukuran yang sama, seperti Bagger 281 (dibuat pada 1958), Bagger 285 (1975), Bagger 287 (1976), dan Bagger 293 (1995).

Bagger 288 dapat berjalan 2 sampai 10 meter per menit atau sekitar 0,6 kilometer per jam. Memiliki sasis utama dengan panjang 46 meter. Serta, memiliki minimum turning radius kurang lebih 100 meter dan berdiameter pengeruk 21,6 meter. Terdapat 18 wadah dengan masing-masing berkapasitas 6,6 meter kubik overburden.

Iklan

5 thoughts on “Mesin Penggeruk batubara dan emas Terbesar Di Dunia

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s