Tips mengatasi asap knalpot motor ‘ngebul’

Asap knalpot yang disertai bau sangat tajam menjadi salah satu pertanda gangguan pada sepeda motor. Pada umumnya hal ini disebabkan proses pembakaran di dalam mesin yang tidak sempurna, yaitu gas buang tersebut masih mengandung partikel bensin yang belum terbakar.
Tips mengatasi asap knalpot  motor 'ngebul'
Ada beberapa hal yang menyebabkan pembakaran menjadi tidak sempurna, dari bensin hingga filter udara (air filter) yang tersumbat oleh kotoran. Penggunaan bensin dengan kualitas yang baik memang menjadi langkah paling sederhana yang dapat dilakukan untuk mendukung pembakaran yang sempurna pada mesin sepeda motor.

Sistem pengapian yang tidak baik menjadi hal berikut yang kerap menjadi biang keladi. Ignition coil dan busi yang sudah aus, kotor, atau tidak layak pakai adalah kondisi yang patut diwaspadai. Mengganti busi dengan baru bisa dicoba untuk mendapat pembakaran yang sempurna, tetapi satu hal yang harus diingat adalah memilih busi yang benar-benar cocok bagi mesin.

Selain itu, perhatikan jarak elektrode dan ketebalannya. Jika jaraknya terlampau jauh, mesin akan pincang pada putaran mesin tinggi. Sebaliknya jika jarak elektrode terlampau dekat, motor akan pincang saat mesinnya digunakan pada putaran rendah. Kalau sudah menemui gejala seperti ini, Anda perlu mengatur jarak antar-elektrode. Namun, jika elektrode busi sudah sangat tipis, Anda harus mengganti busi dengan yang baru.

Membersihkan filter udara menjadi langkah lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah pembakaran. Bersihkanlah semua bagian komponen ini terlebih dahulu dengan kuas lembut. Setelah itu, Anda bisa menggunakan pembersih khusus berupa spray (semprotan) dan air compressor agar kotoran yang menempel pada bagian yang sulit terjangkau bisa tuntas dibersihkan.Untuk busanya, cucilah di dalam solven atau cairan lain yang tidak mudah terbakar.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk memeriksa karburator karena dikhawatirkan setelannya sudah tidak baik sehingga menyebabkan campuran bahan bakar menjadi terlalu banyak (rich mixture). Langkah terakhir mengatasi asap knalpot yang mengepul adalah menggunakan pelumas yang direkomendasi oleh pembuat mesin kendaraan.

Iklan

4 pemikiran pada “Tips mengatasi asap knalpot motor ‘ngebul’

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s