Pilih Cakram Variasi jangan asal-asalan, bahaya!

Buat yang lagi doyan modifikasi motor kesayangan, piringan cakram rem depan agar lebih keren biasanya diganti dengan yang lebih lebar. Nah, berhubung ada banyak model dan variasi cakram yang beredar di pasaran.

Sayangnya nih, demi ngejar tampilan, biasanya faktor keselamatan nggak diperhatiin. Yang penting motor keliatan keren, babak belur urusan belakangan. Nah buat anda yang nggak mau celaka gara-gara asal ganti cakram variasi, monggo disimak tipsnya yah.. 😀

Yang pertama, selain memilih model yang bagus anda wajib teliti soal kualitas bahan. Contoh merk yang banyak dipakai :Brembo, Nissin, PSM, atau DBS. Emang sih harganya lumayan tinggi tapi kualitasnya sebanding dengan faktor safety-nya. Bila dibandingkan dengan produk abal-abal, biasanya ketebalan nggak rata, trus materialnya nggak cocok sama kampas yang terpasang, efeknya malah jadi licin alias gak pakem saat dipake ngerem. bahaya bro..

Yang kedua, perhatikan juga presisi saat pemasangannya, terutama jarak braket yang menjepit kaliper sama piringan. Kalo ini nggak pas, bakal timbul panas berlebih di cakram. Efeknya, cakram bakal cepet rusak dan parahnya bisa bengkok dan timbul getaran lho..

Kalo motor dipake cuma buat harian, mending pilih yang sesuai ukuran motor aja deh (kecuali mau dipake kontes atau balap). Contohnya pada motor matik, bila dipaksa pasang cakram gede, bisa dipastiin motor bakal nggak stabil pas ngerem gara-gara terlalu pakem. “Rela jungkir balik nyium aspal?” :mrgreen:

Semoga bermanfaat 😀

Iklan

7 respons untuk ‘Pilih Cakram Variasi jangan asal-asalan, bahaya!’

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.