Info Kuliner Purbalingga, Bancar Badhog Centre (BBC)

Bancar Badhog Centre, merupakan salah satu tempat kuliner di Purbalingga. Badhog dalam bahasa jawa berarti makan, jadi arti dari Bancar Badhog Centre adalah pusat makanan di Bancar (kalo warga setempat sih biasa menyebut Pasar Badhog, pasar yang banyak menyajikan makanan. Terletak 1 km ke arah timur dari alun – alun Purbalingga, masuk dalam kelurahan Bancar, Kecamatan Purbalingga Wetan. Meski termasuk pasar kecamatan tapi ramainya tak kalah dengan Pasar Segamas, pasar pusat kota perwira, apalagi dihari minggu. Para pembeli berjubel untuk mencari makanan asli Purbalingga setelah mereka berolah raga. Jam paling ramai dari jam 6 sampai 9 pagi.
Bancar Badhog Center
Layaknya pasar yang lain, disini menjual beragam barang dari sayur mayur, barang kebutuhan sehari hari, makanan siap saji, pakaian dan barang kelontong lainnya. Tapi setiap hari minggu dapat dijumpai makanan khas Purbalingga. Hal yang masih harus dilestarikan ditengah pasar global yang menyajikan makanan ala luar negeri. Dari gethuk, krekel (singkong dijemur lalu diolah), jiwel putih / hitam( singkong diparud lalu diolah mirip gethuk), kepok (nasi beras ketan berbentuk kepalan bulat), pipis(singkong diparut dicampur gula merah dan dikukus), kue serabi, cenil, lopis, dan masih banyak jajajnan tradisional. Tak hanya itu bisa dijumpai juga pecel (sayur bumbu kacang), kluban (sayur bumbu empas kelapa muda), buntil pepaya, buntil lumbu, mendoan, brontak, dan lauk pauk lainnya.
makanan khas Purbalingga
Yang ingin ketempat ini dengan bersepeda bisa memutar lewat jalan S.Parman belok kanan diperempatan Kedungmenjangan terus mengikuti jalan, disepanjang jalan akan menghampar pesawahan dan tanaman kangkung yang menghijau. Jalan pedesaan yang sepi dan jarang dilewati mobil membuat jalan ini bisa dilalui dengan santai dan menikmati udara yang sejuk. Lelah bersepeda tingal belanja , cari makanan ala Purbalingga di Bancar Badhog Centre.

Yang mau menulusur kota kecil ini, atau berkunjung ketempat saudara, atau yang mau mendaki gunung Slamet bisa mencoba nikmatnya panganan ala kota perwira di sini. Dengan segenap hati saya siap untuk menunjukkan jalan dikota kaki gunung Slamet ini, mari kita jelajah Purbalingga.

Reblog from : Lesta Sawiardjo

Iklan

8 pemikiran pada “Info Kuliner Purbalingga, Bancar Badhog Centre (BBC)

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s