Teknik dasar mengendalikan motor (habis)

Kali ini saya akan berbagi teknik dasar mengendalikan motor ketika hujan atau saat melintasi jalanan licin. saat dijalanan aspal licin dan basah, beberapa pengendara biasanya membuat gerakan lebih mudah dengan menutup tuas kopling dengan dua jari.
teknik dasar mengendalikan motor ketika hujan
Sebelum melepaskan kopling saat transmisi akan terpindah ke gigi berikutnya, (downshifting muncul dan simultan dengan tindakan kopling) sebaiknya anda preload shifter dengan menekan di atasnya, lalu ketika kopling sepenuhnya terlibat atau nyangkut lepaskan shifter seperti biasa.

Proses ini sama tidak berpengaruh berapapun gigi yang anda turunkan, yang penting narik koplingnya cukup cepat saat perpindahan giginya. Jangan lakukan perpindahan lebih dari satu gigi saat kopling ditekan (lakukan perpindahan gigi satu persatu tapi temponya lebih cepat). Teknik ini akan membantu mengoreksi kesalahan dalam pencocokan kecepatan mesin saat awal pengereman,sehingga anda lebih fokus pada pengaturan kecepatan dan pengereman yang tepat.

Menghilangkan gerakan yang tidak perlu dari perubahan gigi akan membantu downshifts berjalan lebih lancar. Setting tuas kopling 2 sampai 3 mm dari main jarak bebasnya, selain itu tuas perseneling juga harus disesuaikan.

Akhir kata, perpindahan di gigi yang benar, akan membuat sasis motor lebih stabil saat akselerasi, sehingga perjalanan anda akan terasa aman dan nyaman dan aman.
“Pengendara yang mahir dalam pengendalian motor (pengereman simultan dan downshifting) akan mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya.”

Selamat berpraktek ^_^
Bonus : cewek cabe-cabean ikut turing motor

Iklan

6 pemikiran pada “Teknik dasar mengendalikan motor (habis)

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s