Tips Mudik : Riding jarak jauh butuh persiapan yang matang

Perbaikan jalur mudik Karawang, Plawad hingga Telagasari
Pada arus mudik lebaran tahun 2014 diperkirakan mengalami peningkatan yang signifikan (2,2 juta – 2,4 juta pemudik).
Oleh karena itu, bagi anda yang nanti mudik mengendarai sepeda motor membutuhkan mental yang kuat, juga fisik yang bugar. Untuk menekan rintangan (resiko) yang mungkin terjadi, Konsetrasi tinggi juga dibutuhkan, mengingat kapasitas jalan raya meningkat 2 kali lipat dibanding hari libur biasa.

  1. Mata. Pastikan menggunakan kacamata/pelindung mata untuk menjaga bola mata. Segera beri obat tetes bila mata mengalami iritasi ringan sekaligus untuk menjaga kelembabannya. Mata lelah juga menandakan kondisi tubuh yang mulai lelah.

Untuk menjaga kualitas penglihatan Sebaiknya istirahatkan tubuh sejenak, (relaksasi kualitas penglihatan) jangan memaksa untuk berkendara terus.

  1. Saluran pernapasan. Hindari asap, baik dari sesama kendaraan bermotor maupun sumber lain, yang dapat mengganggu kualitas pandangan dan pernapasan. Gunakan masker/pelindung hidung selama berkendara untuk mencegah masuknya kuman dan bakteri melalui saluran pernapasan.
  2. Tubuh (secara keseluruhan). Istirahatlah bila merasa lelah karena ini menandakan daya tahan tubuh sudah menurun. Konsumsilah suplemen/vitamin untuk mempertahankan daya tahan tubuh sesuai aturan. Konsumsilah vitamin C maksimal 1.000 mg setiap hari. Sekalipun banyak produk suplemen/vitamin yang dijual di pasaran, konsultasikan produk yang sesuai dengan tubuh masing-masing.

  3. Kulit.
    Bagi pemudik yang melakukan perjalanan siang hari, bila tidak menggunakan jaket/pakaian lengan panjang. Oleskan lotion kulit yang mengandung anti-UV Tujuannya, melindungi kulit dari panasnya sengat sinar matahari.

SELAMAT MUDIK,

Iklan

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s