Tips Mendongkrak Ban Mobil yang Cepat dan Aman

Mendongkrak mobil saat ditengah perjalanan untuk mengganti ban karena kempes atau ingin melihat kondisi bagian kolong, bukanlah pekerjaan yang mudah. Perlu teknik atau cara khusus agar tak merusak komponen maupun sasis mobil.

Nah, Jika buku panduan sudah tak punya (hilang), mungkin tips di bawah ini bisa membantu, terutama untuk model dongkrak (standar) berbentuk berbentuk ketupat.
Untuk sedan paling pas di kolong bawah pintu
Lokasi
Setiap pemilik mobil patut tahu lokasi dongkrak, selain berada di bawah jok biasanya ada di ruang bagasi, atau dekat dengan ban cadangan. Demikian juga tentang cara penggunaan, mengencangkan atau mengendurkan ulir persambungan dongkrak ketupat menggunakan metode putar. Untuk lebih jelas bisa mengecek buku panduan.
Meletakkan dongkrak di arm khusus untuk MPV dan SUV
Posisi
Pada mobil-mobil modern titik tumpu dongkrak sudah ditentukan dari jalur produksi. Desainnya juga disesuaikan dengan kepala dongkrak agar pegangan tidak mudah bergeser. Lebih baik dongkrak digunakan untuk mengangkat satu sisi mobil, jangan ditengah dengan maksud mengangkat dua roda.

Untuk tipe mobil kerangka, tumpuan yang dicari adalah ‘tulang’ yang paling keras. Kepala dongkrak bisa diletakan di bagian sasis yang terletak di kolong pintu samping. Selain itu, untuk bagian depan tumpuan yang bisa digunakan di bagian arm, sedangkan di bagian belakang bisa mengandalkan bagian bawah rumah axle belakang.

Buat tipe bodi monokok, titik tumpuan juga telah tersedia. Terletak diantara kolong bagian dalam di pintu samping. Bagian ini bukan yang dicat, bukan di rocker panel juga. Posisinya agak ke dalam. Khusus monokok, tidak disarankan mendongkrak dari arm.
Jangan lupa pasanga segitiga pengaman
Perhatian
Hal yang perlu menjadi perhatian, pondasi dongkrak mesti datar agar stabil. Jangan pernah hanya mengandalkan dongkrak bila ingin memasukan bagian tubuh ke kolong mobil. Itu juga dilihat dari kondisi lapangannya, bisa saja masih goyang. Kalau mau lebih kuat dikasih jackstand. Dongkrak itu fungsinya mengangkat bukan sebagai penopang.
Jangan lupa, sebelum mendongkrak pastikan rem parkir sudah aktif atau bisa dengan mengganjal ban dengan batu atau balok pada ban yang tidak didongkrak. Jika melakukannya di pinggir jalan pasang pula segitiga pengaman beberapa meter dari lokasi mobil sebagai penanda pengguna jalan lain.

Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

10 pemikiran pada “Tips Mendongkrak Ban Mobil yang Cepat dan Aman

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s