Sejarah Honda Tiger, Sport Touring legendaris 2 dekade

Setelah pihak AHM secara resmi menyatakan Honda Tiger pensiun, banyak spekulasi bermunculan tentang calon suksesor motor yang telah dijual AHM sejak 1993 ini.
Sebelum bicara jauh mengenai penerus Honda Tiger yang akan dilahirkan AHM, mari simak dulu sejarah motor sport turing legendaris ini 🙂
Honda Tiger
Generasi pertama (1993-2002).
Motor Honda Tiger 2000 dimulai produksi pada tahun 1993. Generasi ini terbagi menjadi dua periode yakni Super Cruiser dengan kode produksi GL-200.
Variasi warna pada 1993 sampai 1996, yakni hijau gelap, merah marun, biru keunguan, dan kuning yang merupakan edisi terbatas. Lalu pada 1996 sampai 2002 hadir warna perak, hitam dan merah, perak.
Ciri khas Tiger generasi pertama ini dengan Lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan satu bohlam. Lampu depan menggunakan reflektor multilensa. Handlebar belakang terpisah kiri dan kanan. Indikator speedometer dan tachometer berwarna hijau dengan dasar putih.
Logo Tiger 2000 pada tangki masih berjenis stiker, lalu berganti menjadi emblem logam pada 1997 – 2002. Rumah lampu depan & lampu sein warna hitam (1993 – 1996), lalu berlapis chrome perak (1997 – 2002). Velg jari-jari (1993 – 1998), lalu ada pilihan velg palang dengan palang 6 bermerek Enkei (1998 – 2002).

Generasi Kedua (2002-2006).
Pada periode produksi ini memiliki sedikit perubahan pada desain dan warna dari generasi sebelumnya. Kode produksi GL-200S diproduksi mulai 2002 sampai Oktober 2006.
Variasi warna pada 2004 permulaan varian dual tone color, perak dan hitam. Lalu pada 2005 muncul varian warna biru (velg jari-jari). Perubahan desain bodi antara lain, Lampu belakang dan lampu rem belakang menggunakan dua bohlam berjajar horizontal.
Lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut. Handlebar belakang menyatu. Indikator speedometer dan tachometer berwarna jingga dengan dasar kelabu. Logo Tiger 2000 pada tangki berjenis emblem logam. Rumah lampu depan dan lampu sein berlapis chrome perak.

Generasi ketiga (2006 – 2008).
generasi ini mendapatkan perubahan total pada desain tangki, bodi, stoplamp, peredam kejut, dan sistem knalpot. Kode produksi GL-200D (velg jari-jari) dan GL-200R (velg palang). Tahun produksi Oktober
Pilihan warna yang diberikan Hitam, Merah marun, Biru dan Perak. Perubahan desain dengan tangki baru dengan shroud besar, dan desain bodi belakang berbentuk meruncing. Lampu rem belakang menggunakan dua bohlam berjajar vertikal. Lampu depan menggunakan reflektor diamond-cut dengan tambahan mini visor di atasnya.
Handle bar belakang terpisah kiri dan kanan. Logo baru berjenis stiker pada tangki bertuliskan TIGER, Desain velg baru bermerek Enkei. Shockbreaker belakang dengan tambahan reservoir oli (untuk versi velg palang), Blok crankcase mesin kiri dan kanan dicat hitam doff. Desain knalpot baru dengan pelindung panas dan Diperkenalkannya SASS (secondary air supply sistem) untuk mengurangi tingkat emisi gas buang knalpot.
Honda Tiger 2008
Generasi Keempat (2008 – 2010). Honda Tiger New Revolution Cruiser
Lalu dilanjutkan Denham Tiger New Revolution Cruiser, dimana generasi ini terbagi atas tiga periode. Honda Tiger produk tahun ini dirilis dengan moto “Legendary Ride, New Spirit!” yang menggambarkan semangat baru dari sang legenda produksi Astra Honda Motor. Pada periode ini terdapat perubahan utama pada headlight, panel meter, shroud, tail light, dan muffler heat protector.
Kode produksi: GL-200R1 dengan diproduksi: November Variasi warna yang diberikam adalah Hitam dan Abu-abu. Ciri lain desain shroud model baru, lampu belakang menggunakan dua jenis berbeda: LED (lampu rem) dan lampu pijar (lampu senja). Lampu depan desain baru: asymmetric headlamp dengan lampu utama berbentuk bulat dan lampu jauh berbentuk persegi.

Generasi Kelima (2010 – 2012).
Pada Honda Tiger 2010, dimana pada periode ini terdapat lebih banyak pilihan, single dan asymmetric lamp. Honda Tiger pada generasi ini memiliki dua varian yang diproduksi secara paralel, yaitu versi asymmetric headlamp (yang sudah lebih dahulu muncul) dan varian terbaru single headlamp.
Kode produksi: GL-200RA1 (single headlamp) dengan tahun produksi: 2010 – 2012 Variasi warna menggunakan tema nama-nama pegunungan di Indonesia dan dunia, yakni Single headlamp: Black Bromo, Red Krakatau dan Grey Leuser. Sedangkan Dual headlamp, Black Makalu, Red Shavano, Grey Elbrus dan White Cartenz
Honda Tiger
Generasi Keenam (2012-2013).
Pada tahun 2012, Astra Honda Motor merilis Honda Tiger dengan empat variasi warna dan striping baru yang menggambarkan penghormatan, kepercayaan, kesetiaan, dan persatuan komunitas pemilik Honda Tiger yang berjumlah 200 komunitas dengan 20.000 anggota.
Periode ini merupakan produk terakhir dari Honda Tiger New Revolution Cruiser, dan pertanda akan terlahirnya produk dari Astra Honda Motor yang lebih inovatif dengan merek dagang berlabel Tiger dengan sistem injeksi bahan bakar dan tampilan yang lebih futuristik.

Melanjutkan spekulasi yang berkembang mengenai pengganti Tiger, ada kabar yang menyebutkan bahwa varian ini akan mengisi di kelas 250 cc versi naked. Atau dengan kata lain, CBR250R yang ‘ditelanjangi’..??? :mrgreen:

Honda CB250R ;)
Honda CB250R 😉

Iklan

10 respons untuk ‘Sejarah Honda Tiger, Sport Touring legendaris 2 dekade’

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.