Teknik Cepat Menikung di Ajang Balap Dunia

Minggu lalu di acara peluncuran Honda CBR1000 Fireblade di Sirkuit Losail, Qatar, Leon Haslam, pembalap tim PATA Honda Racing di ajang World Superbike Championship (WSBK)memperagakan teknik menikung dengan cara RWS (Rear Wheel Sliding). Ia terlihat cukup nyaman dan terlihat sangat cepat melakukannya di tikungan. Bahkan Haslam memberikan coaching clinic pada Ben Cope sang tester dari Visor Down

Rear Wheel Steering di MotoGP, di tikungan medium dan high speed
Rear Wheel Steering di MotoGP, di tikungan medium dan high speed

Sebenarnya Leon Haslam, sangat jarang terlihat menggunakan teknik ini, Tapi bukan berarti ia tidak bisa menikung ala RWS Lho..

“Teknik menikung RWS awalnya menentukan angle menikung. Lalu tambahkan sudut kemiringan motor yang lebih besar. Kemudian putar tuas gas lebih dalam. Kalau dirasa ban belakang belum ngepot, bobot badan bisa agak dicondongkan ke depan. Tujuannya untuk membuat roda belakang kehilangan traksi. Tinggal melakukan kontrol yang tepat pada ban depan. Agar tidak terjatuh,”

meski ban belakang sliding seperti itu di tikungan. Ia dengan cepat menghilang di tikungan, Kedengarannya memang sangat gampang ya?
Sampeyan kepingin coba?? monggo
resiko tanggung sendiri yah :mrgreen:
caranya, pindahkan bobot berat badan ke depan, pelintir tuas gas sedikit berlebih, trus dibarengkan dengan sudut kemiringan motor yang lebih banyak.

Selamat mencoba 😆

12 respons untuk ‘Teknik Cepat Menikung di Ajang Balap Dunia

  1. Ada cara yg lbih gampang,sambil nikung,kita ngebayangin saat pakde vr46 nikung,jadi kita seolah jadi smbalap mtogp..hihi ngumpet ah..

    Suka

Enter your comment...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.