Bolehkah Mencuci Motor Saat Mesin Masih Keadaan Panas??

Ada yang bilang, motor habis kena hujan cepat (langsung) dicuci. Jika didiamkan berhari-hari bisa menimbulkan karat. Ada juga yang mewanti-wanti, seusai jalan dan mesin masih panas, jangan langsung diguyur air.
cuci motor
Malah tukang ojek lebih parah. Begitu melihat ada genangan air, kontan berhenti dan motor disiram. Termasuk bagian mesinnya sehingga mengeluarkan kepulan asap. Bahkan mesinnya sengaja dinyalakan sambil dimasukkan gigi persneling untuk membersihkan pelek.

Terus terang, sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti, boleh tidaknya mesin diguyur kala suhunya masih panas. Biar gak GALAU, mari tanyakan pada Ahlinya :mrgreen:

Menurut para ahli, kalau semua teknik cuci seperti di atas bisa dilakukan, mau mesin masih panas, mati, atau dihidupkan. 😉
boleh saja suhu dapur pacu masih panas diguyur air dan tak akan mengubah struktur material. Sebab, suhu pendingin—air yang disemprotkan—maupun pemanas (jika dicuci steam) masih di bawah batas ukuran. Tapi ada syaratnya, jika pake air yang suhunya di bawah minus 0 derajat(es) atau air panas di atas 100 derajat. Itu bisa bikin struktur material komponen mesin berubah sehingga kinerja mesin jadi tidak normal. Nah lo..

Contohnya??? bola-bola laher saat akan ditempatkan pada bantalan bearing. Jika disiram dengan air minus 10 derajat, komponen itu akan menciut dan dengan mudah masuk ke rumah bantalan.

Jadi jawabanya adalah saat mesin masih panas, dingin, atau masih hidup boleh diguyur. Kecuali mau membuka atau kencangkan baut, sebaiknya suhu mesin dalam kondisi normal.

“Selamat mencuci motor” :mrgreen:

Iklan

3 thoughts on “Bolehkah Mencuci Motor Saat Mesin Masih Keadaan Panas??

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s