Tips aman mengendarai motor kencang :D

Dalam gemerlap dunia balap drag(resmi dan liar-an) segala macam korek mesin sudah sering dilakukan para remaja muda maupun tua πŸ˜‰ agar menjadikan motor mereka lebih cepat dari milik orang lain.Tapi kesadaran akan keamanan jarang mereka pikirkan padahal keamanan adalah faktor utama yang membuat mereka bisa tetap bermain-main motor.

1.HelmNicky Hayden Jajal Jalanan di Jakarta 3
Kesadaran akan keamanan masih kurang dipahami oleh beberapa orang seperti memakai Helm,padahal kepala adalah organ vital yang mudah sekali merasakan sakit ketika terjadi benturan ataupun luka.Maka dari itu kita harus tanamkan rasa bahwa kita masih diberi kesehatan harus kita jaga. Jangan lupa ya Gan, pakai yang SNI jika kejedot jalan kan paling tidak helm tidak pecah. Soalnya kepala kita tidak ada yang jual kalau pecah. 😦

2.Sepatu
Sepatu juga salah satu peranti pelengkap penunjang keselamatan jika suatu kali kita jatuh saat naik sepeda motor mungkin bagian pertama yang luka biasanya kaki kita karena kaki adalah bagian yang paling dekat dengan jalanan. Maka dari itu jika paling tidak kita menggunakan sepatu dan terjatuh mungkin kita masih bisa berjalan walaupun luka di tangan atau tubuh lainya.

3.Ban MotorVelg Belakang
Motor drag emang erat dengan kecepatan tinggi dan kecepatan tinggi dibutuhkan kestabilan motor untuk menjaga agar rider tidak was-was.Seperti yang sering kita lihat motor harian, udah korekan dan punya torsi tinggi menggunakan ban ukuran dibawah standart,padahal ban ukuran kecil itu ada spek maksimal ban itu bekerja dengan baik di kecepatan maksimal berapa dan bisa bekerja maksimal pada muatan berapa.Jika kita menggunakan ban ukuran mini pada motor korekan maka resiko yang kita tanggung lebih besar.Kita harus ekstra hati-hati dan bisa mengontrol ketika ban itu slik atau keluar kendali (ndlosooooorrrrrr).

4.Cek Rem
Peranti keamanan utama yaitu rem,jika rem tak mampu menahan kecepatan dari motor itu maka yang terjadi ketika terjadi sesuatu mendadak dan mengharuskan kita mengerem mendadak tapi rem tidak kuat menahan kecepatan maka ya nubruk deh.Jika rem juragan masih teromol maka buat saja rem cakram yang lebih bagus untuk daya pengereman (artikel selanjutnya). Jika sistem rem sudah cakram mungkin piringan cakram bisa diperbesar/pake variasi karena jika luas penampam pengereman lebih besar maka daya kita mengerem akan lebih ringan dan mudah.

5.Headlamp
tilang Motor, bisa nego tapi
Buat yang suka keluar malam (kluyuran) lampu juga berguna ketika motor digeber dalam kecepatan tinggi. Bisa kita ketahui motor dengan cc tinggi jarak pandang lampu lebih jauh dan sinar lampu pun pasti lebih terang dan menyorot itu. Jadi bisa diambil kesimpulan ketika motor kita berjalan dengan kecepatan tinggi akan lebih aman jika sorot lampu terang dan jauh itu dikarenakan agar jarak pengereman lebih stabil dan tidak terlalu mendadak.

Mudah kan?? jika itu dilakukan toh kita sendiri yang untung dan kita juga ikut menjaga keselamatan orang lain juga.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

Iklan

4 pemikiran pada “Tips aman mengendarai motor kencang :D

  1. Ping balik: Tegean | Welovehonda Blog Contest

  2. ralat mas, ini drag resmi atau liar?
    klo resmi ban kecil wajib loh, soalnya produsen ban juga memproduksi ban khusus drag, misal IRC punya eat my dust.

    trus klo headlamp klo resmi baik drag / road race jg wajib di copot, lumayan ngurangin bobot,, πŸ˜€

    CMIIW

    Suka

    • makasih atas koreksinya πŸ’‘
      “ini buat motor harian bro, tapi udah terkena virus drag πŸ‘Ώ
      kalo bwt drag sih oke2 saja, tp kalo bwt harian buahayaaaaaaaa..” πŸ˜₯

      Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s