Kalo boleh tau, bohlam motor juragan pake merek apa?

Bohlam lampu depan motor merupakan komponen penting yang memiliki batasan usia pakai. Oleh karena Ane sarankan juragan siapin bohlam cadangan untuk antisipasi jika komponen penerangan ini habis masa pakainya atau tiba-tiba putus.
Meskipun berstatus sebagai ‘bohlam cadangan’ sebaiknya juragan jangan beli produk dengan sembarangan. Hal ini bukan saja terkait dengan usia pakainya tetapi juga faktor keselamatannya.

Produk berstatus ‘KW’ umumnya tidak dibuat secara presisi serta memiliki kualitas yang meragukan. Masalah yang biasa ditemui pada bohlam ‘abal-abal’ adalah kesulitan mengatur ketinggian sorotannya.
karena desain lampu ‘abal-abal’ yang tidak sesuai standar meskipun sepintas memiliki bentuk yang sama seperti produk OEM (original equipment manufacturer) alias produk orisinil.

Bohlam imitasi berkualitas rendah biasanya dibuat hanya agar bisa sekadar terpasang pada dudukan lampu motor. Padahal posisi filamen pijar juga harus sesuai standar sehingga penyebaran cahaya tepat berada pada fokus reflektor lampu.

Posisi filamen yang bergeser 1 milimeter saja dari titik fokus dapat membuat arah sorotan cahayanya menyebar secara liar. Efeknya, cahaya yang harusnya dipantulkan seluruhnya ke atas permukaan jalan menjadi terbagi ke area lain sehingga terasa kurang terang dan bagi pengendara yang tepat berada di depan Anda akan merasa silau akibat ‘bocoran’ cahaya yang harusnya tidak terjadi. Buahaya Gan!

Oleh karena itu, sebaiknya motor Anda menggunakan hanya bohlam-bohlam berstatus ‘genuine parts’ atau produk-produk aftermarket buatan pabrikan lampu yang telah teruji kualitasnya seperti Philips, Osram, Stanley, Koito, Toshiba, Hitachi dan lain sebagainya.

Jika alasan Anda membeli bohlam abal-abal adalah untuk menghemat pengeluaran karena harganya yang murah, Anda harus memikirkan juga dampak ke depannya. 🙂

Biasanya bohlam kualitas rendah menghasilkan panas berlebihan. Juragan pasti tahu, reflektor lampu motor baru saat ini umumnya menggunakan komponen plastik yang mudah meleleh jika menerima panas yang berlebihan sehingga Anda terpaksa harus menggantinya. 😦

Bohlam berkualitas rendah juga lebih mudah cepat putus sehingga Anda akan terlalu sering mengganti lampu motor dibandingkan saat Anda menggunakan bohlam berkualitas.
review bohlam motor
Berikut ini ane akan menyajikan pilihan bohlam lampu aftermarket. Kisaran harganya juga relatif cukup terjangkau. Apa saja? Monggo, dicek satu persatu.

AUTOVISION
Harga bohlam lampu depan Rp 35 ribu. ada dua ukuran. Yaitu, 3300K cahayanya memancarkan paduan warna kuning. Sedangkan untuk 5000K berwarna Diamond Blue alias biru dengan paduan warna putih. Bohlam lampu depan AUTOVISION ini memiliki kekuatan sampai 20 ribu jam pemakaian.

INDOPARTS
Bohlam lampu depan Indoparts ini tersedia dua tipe, yang halogen (HM) dan non halogen (LM). Pilihan watt yang tersedia antara 35/35 watt, 18/18 watt, dan 25/25 watt. Bohlam Indoparts disesuaikan dengan kebutuhan lampu standar bawaan pabrik. Harganya pun cukup murah, bohlam HM bisa ditebus dengan harga Rp 9 – 12 ribu dan LM hanya Rp 4-6 ribu.

WURTH
Wurt memiliki banyak pilihan
Bohlam lampu depan bikinan negara Jerman ini dijual dengan harga Rp 100 ribuan.

VINYX
Bohlam Lampu depan tipe halogen ini bisa lebih terang 300% dibanding bohlam biasa. Selain itu, umur bohlam ini mencapai 3.000 jam. harganya Rp 210 ribu.

BULLAES
Bullaes punya tipe bohlam H4 dan H6. “Listrik yang diperlukan 12 volt dan 35 watt,” Urusan harga, bohlam ini dibanderol Rp 300 ribu. Produk ini ada garansi selama 1 tahun.

GREEDY
Bohlam lampu depan merk Greedy ada dua jenis cahaya. Yaitu, 6000K dan 8000K. Harganya cukup tinggi Rp 750 ribu. Bohlam ini juga ada garansinya lho, untuk bohlam ini berlaku 6 bulan sampai 1 tahun.

RIKE
Bohlam lampu depan Rike Real Xenon Platinum ini, menyuguhkan cahaya lampu berwarna putih. Harganya Rp 25 ribu.

TDH
Bohlam lampu depan TDH memiliki spek 12V dan 35 Watt. “Kelebihannya, TDH lebih terang tapi enggak mengakibatkan silau,”

THUNDER BLUE
Bohlam lampu depan ini juga tersedia untuk berbagai tipe motor. Untuk matik, bebek dan sport juga ada. Harganya terjangkau, hanya Rp 25 ribu.

OSRAM
Bohlam lampu depan Osram standar dibanderol Rp 7.500 per buah. Sedangkan tipe full blue Rp 17.500. Untuk Silverstar dijual Rp 24 ribu.

Iklan

77 respons untuk ‘Kalo boleh tau, bohlam motor juragan pake merek apa?

  1. Gan, ane udah nyoba di jupiter z 2005 pake philips bluevision 25w, osram yg biasa 25w kok baru dipake sbentar dinding bohlamnya kayak berkabut putih gitu ya, padhal ga pernah kesentuh? Pake wurth below yellow 25w malah aman, padhal ini yg paling banyak menghasilkan panas di reflektor, tapi cahanya paling terang. Dan mau tanya juga nih, apa emang karakteristiknya reflektor ori jupiter z 2005 ya bikin cahaya bohlam menyebar dan ga menyorot fokus kayak motor lain? Mohon penjelsannya, thanks

  2. kalo buat x_ride enakan pake yg mana gan. yg cahaya nya manteb, ga bikin replektor leleh dan harganya yg ga terlalu mahal…

  3. Ane pakai yamaha byson…lampu msh standart mau ganti lampu bingung yg cocok buat byson yg mana ya gan ??? Mohon pencerahannya

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.