Curhatan Si Vemi minggu ini, Cekidot Gan!

Minggu ini jadwalnya si vemi (vega merah) servis, mengingat udah 4 bulan belum diservis karbunya dan setelah menempuh jarak jauh minggu kemarin cek disini.

saat perjalanan jauh (mudik) kemarin si vemi mengalami gejala sakit ringan (kayak yang punya ajah) šŸ˜€

mulai dari jarum indikator bensin yang ngaco, mesin sedikit kasar(waktunya ganti oli) trus aki yang ngedrop(udah 3 taun umurnya), pelek belakang yang sedikit peyang(hajar banyak lobang yang gak keliatan) šŸ˜¦

Oke, gan kita bahas satu-satu yah?

1. jarum indikator bensin yang ngaco.
masalah ini ternyata karena ane dulu kurang teliti pasang jarumnya saat modifikasi background dan lampu led speedometer (D.I.Y) beberapa waktu yang lalu, dan yang jadi korban utak-atik kemarin malah pelampung di tangki bensin, jadi rusak deh. Saat dibawa kebengkel (dikampung) kata si mekanik, sparepart ini memang gak bisa dibenerin Akhirnya ya jajan dan ganti dengan yang baru meskipun KW (25ribu) dan masalah jarumnya sudah setting ulang lagi.

Pelampung Bensin Kw

2. mesin sedikit kasar.
ini sih gejala biasa, minta diservis ringan dan ganti oli. šŸ˜€

biaya servis motor di bengkel resmi

3. Aki yang ngedrop(soak).
masalah aki ngedrop ini bukan karna modif / ubahan arus yang semula AC jadi DC, tapi karena umur akinya yang sudah tua(aki basah). setelah saya cek pake avometer arusnya masih stabil lho.

berhubung akinya ngedrop, jadi merembet atau bermasalah ke part lainya : Pengapian (CDI) jadi gak stabil alias sedikit mbrebet di RPM tinggi. Trus masalah kedua, gak bisa elektrik stater (si vemi gak udah gak pake engkol) jadinya kalau mau nyalain motor ya dorong dulu / nyari jalan yang ada turunanya. (mirip motor balap tapi lumayan merepotkan) šŸ˜¦

akhirnya setelah nyampe jakarta, langsung ganti aki kering (merk GS 130ribu).

Aki Kering GS untuk motor

4. Pelek roda belakang yang peyang.
mengingat kualitas jalan pantura yang ditambal sulam, cuaca yang ekstrim ini, banyak aspal yang terkelupas bahkan da yang mirip kolam ikan disaat hujan šŸ˜¦

kebetulan perjalanan kemarin saat malam hari, hujan dan gerimis(dingin), kesialanya?? ya jalan rusak dan berlubang jadi gak kelihatan, mau pelan atau ngebut ya sama saja tetep dihajar :(, setelah nyampe jakarta lagi, dicek peleknya -ealah- lha kok geyal-geyol dangdut šŸ˜€
yowis, mumpung belum gajian cukup distel aja rujinya (sabtu ini). biayanya kurang lebih 20ribu-an

pelek vega zr

Sekian curhatan si vemi minggu ini, semoga minggu depan gak ngambek lagi :mrgreen: (kasian ane, isi dompetnya tinggal 2 lembar lagi..

Iklan

6 pemikiran pada “Curhatan Si Vemi minggu ini, Cekidot Gan!

    • Ente pernah liat motor yang dipake roadrace? yaa.. begitulah caranya šŸ˜€
      (masuk gigi 1, tarik kopling, doroooong dan lepaskan kopling.. brummmm) :mrgreen:

      Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s