Tips Parkir Motor yang Aman dari Maling

Kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) semakin marak terjadi mengingatkan kita untuk selalu waspada.
Tips Parkir Motor yang Aman dari Maling
“Kalau perlu parkir motor dikunci ganda. Kuncinya jangan di ban motor bagian belakang karena bisa diangkat, tapi kunci di ban depannya,”

Selain mengunci ganda sepeda motor, saya merilis beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menghindari pencurian motor. Berikut tips yang anda diterapkan:

1.Untuk motor yang dibeli untuk dipakai selamanya (tidak dijual lagi). Pergi ke tukang stiker, tutup sebagian permukaan sepeda motor anda dengan stiker sesuai selera, motor yang ditempeli stiker akan mencolok dan sangat khas, sehingga ketika seseorang mencuri sepeda motor akan sangat mencolok.

2.Lakukan modifikasi pada sepeda motor anda (custom), maling motor tidak tertarik mencuri sepeda modifikasi, karena menjualnya susah dan saat mencuri akan menarik perhatian orang sekitar.

3.Ganti kunci motor standar anda dengan kunci khusus, dapat anda temukan di toko penjual sparepart motor, dengan pengantian kunci standar si maling motor akan kesulitan untuk menyalakan motor dan membawa lari sepeda motor anda(bisa mungkin dituntun). Maling motor biasanya menggunakan kunci T, Disebut kunci T karena bentuknya menyerupai huruf T. Gagangnya dapat dibuat dari kunci busi, sedangkan kakinya dari obeng. Bagian kaki, yang kemudian dicolokkan ke lubang kunci sepeda motor, dibentuk pipih dan runcing.

4.Perlu anda ketahui kunci motor dengan Secure Key Shutter pun bisa dibobol maling, silahkan baca di sini, atau produk tersebut diragukan kualitasnya baca di blog ini

5.Saat Parkir.

Awas! Banyak Modus Baru Pencurian Motor

Awas! Banyak Modus Baru Pencurian Motor

  • Jangan pernah lupa untuk mengambil kunci kontak anda saat meninggalkan sepeda motor anda diparkiran.
  • Parkir pada tempat yang terang dapat di lihat banyak orang. lebih aman dari pada ditempat sepi dan ga ada orang lalu lalang, maling lebih punya banyak waktu untuk mengakali motor incarannya.
  • Jika parkir di tempat parkir usahakan cari tempat terdekat dengan pos jaga / loket.biasanya motor yang diincar maling adalah motor yang agak jauh dari pos jaga.
  • Usahakan parkir di sebelah motor yang lebih bagus dari motor kita, karena kalo malingnya mo nyolong motor kita…pasti si maling lebih tergoda buat nyolong motor disebelah motor kita.
  • Jika motor anda diparkir di parkiran umum seperti ruko, mall, sebaiknya sarankan tukang parkir untuk memeriksa STNK pada setiap motor yang keluar masuk, karcis parkir dengan catatan no kendaraan.

6.Tutup kran bensin (kalau ada,off-kan), sepele memang tapi kalaupun maling sudah dapat menghidupkan motor dalam beberapa meter motor tsb akan mogok.

7..Lepas tutup busi, masukan dalam kantong selama anda pergi, Maling juga tidak akan menyiapkan tutup busi motor yang akan dia incar. (tapi jangan sampek ilang,ya)

8..Pasang alarm sepeda motor, kalau ini anda pasti tahu apa manfaatnya.
Bila bukan motor matik maka jangan tinggalkan motor dalam posisi gigi netral.

9.Jangan membiarkan motor dalam keadaan terbuka / telanjang /protolan, ingat menghidupkan motor bisa dilakukan dengan menghubungkan kutub listrik dibawah kunci dengan mudah.

10.Pada malam hari, masukan motor didalam kamar rumah.(aman)

11.Jangan meminjamkan motor anda ke sembarang orang dengan mudah.(bukanya pelit, tapi hati-hati)

12.Tempel motor anda dengan stiker anggota aparat yang โ€œsangarโ€, misal Polisi, TNI, Marinir, atau anak bos mafia, si maling akan mikir 200 x untuk nyuri motor anda.

13.Jika motor anda ditinggal agak lama, rantai motor anda pada bagian rangka motor dengan tiang rumah anda, mana ada maling motor maling sekalian tiang rumah anda? :mrgreen:

14.Buat motor anda setidak menarik mungkin, misal jangan dicuci wkwkwk ๐Ÿ˜€ , ganti body motor dengan body motor lain (kawin silang), atau trik lain misalnya pasang kunci rahasia yang dapat anda cari sendiri (tanya mbah gugel).

15.Langkah terakhir (sadis) ikat hewan โ€œbuas โ€œ pada motor anda.

Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

19 pemikiran pada “Tips Parkir Motor yang Aman dari Maling

  1. Ping balik: Tegean | Welovehonda Blog Contest

  2. poin yang ini ngakak broo XD
    “Usahakan parkir di sebelah motor yang lebih bagus dari motor kita, karena kalo malingnya mo nyolong motor kitaโ€ฆpasti si maling lebih tergoda buat nyolong motor disebelah motor kita.”

    Suka

  3. …….bikin tombol rahasia (engine cut off tambahan ) yg tahu cuma pemilik dan Yang Maha Kuasa. orang bengkel jangan dikasih tau…. ๐Ÿ˜€

    Suka

  4. Komplit lit lit liitttt
    ………./–)
    ………/…/
    ……./….(__ ____
    โ–“โ–“……….((_ i___)
    โ–“โ–“……….((_ i___)
    โ–“โ–“……….((_ i___)
    โ–“โ–“—.___((_i__ )

    Suka

    • 14.Buat motor anda setidak menarik mungkin, misal jangan dicuci wkwkwk , ganti body motor dengan body motor lain (kawin silang), atau trik lain misalnya pasang kunci rahasia yang dapat anda cari sendiri (tanya mbah gugel).

      ini gan aneh. masak motor sendiri dibikin tidak menarik.

      Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s