Cara Hemat BBM dengan Smart Eco Riding

Banyak yang tidak sadar kalau kebiasaan riding juga memengaruhi konsumsi bahan bakar, lho. Yuk, simak tips berikut agar bensinnya jadi lebih hemat.
Cara Hemat BBM dengan Smart Eco Riding
1.Pertahankan Kecepatan

Ketika menaikkan kecepatan motor, tenaga yang dikeluarkan pun akan menjadi lebih besar dan berakibat bensin yang terbuang juga jadi lebih banyak. Jika Anda bisa mempertahankan kecepatan motor, maka energi yang terpakai dapat berkurang sehingga bahan bakar juga menjadi lebih hemat.

2.Kontrol Rem

Mengerem motor dengan cara ekstrem bisa mengakibatkan borosnya bahan bakar.  Maka, jaga jarak aman dengan kendaraan yang ada di depan Anda, agar pengereman mendadak bisa dihindari.

3.Matikan Mesin Saat Tidak Diperlukan

Matikan mesin kendaraan saat Anda sedang berada di perhentian singkat / lampu merah yang menghabiskan waktu lebih dari 60 detik. Sekarang juga sudah banyak lampu lalu lintas yang dilengkapi oleh timer, sehingga Anda bisa tetap melihat berapa waktu yang akan diperlukan untuk menunggu.

4.Cek Tekanan Ban

Yup, memeriksa kondisi ban Anda bukanlah hal yang sepele, lho! Tekanan ban yang tidak sesuai bisa meningkatkan gesekan ban yang berakibat pada borosnya bahan bakar kendaraan. Karena jika tekanan lebih tinggi atau lebih rendah, akan memiliki efek yang kurang baik pada jarak pengereman. Periksa tekanan ban Anda selama berkala minimal seminggu sekali.

5.Pindahkan Transmisi Secepat Mungkin (kecuali matic)

Nah, kunci terakhir agar konsumsi bahan bakar kendaraan lebih hemat adalah memindahkan transmisi secepat mungkin. Jika perpindahan transmisi lambat, maka Anda cenderung menekan gas lebih dalam. Hal ini membuat bensin yang terbuang akan lebih banyak. Buang kebiasaan lama untuk menekan gas dalam-dalam, and be a smart eco riding! :mrgreen:

Iklan

7 respons untuk ‘Cara Hemat BBM dengan Smart Eco Riding

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.