Modif Klakson Vega ZR pake Standar Megison, Ajiiib Gan!

Berhubung yang punya warung kurang puas dengan suara klakson bawaan vega ZR yang bunyinya kurang keras/lantang, akhirnya (1tahun yg lalu) terbesit sebuah ide ganti pake punya megison (megapro kawinan ala irpan)
Setelah ngubek2 nego sana-sini di toko partshop atau aksesoris motor, akhirnya dapet juga, Rp 42.000,-
KLAKSON Standard MEGA-PROmotor pake klakson toa
Nah, berhubung klakson tersebut membutuhkan daya yang cukup besar dan kabel yang terpasang pada klakson standar bawaan motorvega ZR kayaknya kurang mendukung. Takutnya malah konslet, soalnya setiap kali klakson ditekan, terlihat mengeluarkan percik api pada metal contact didalamnya (syereeeeeem gan)

Untuk mengakali masalah ini, saya perlu komponen tambahan yaitu relay 4kaki,merk BOSCH Rp 20.000,-
relay_bosch
Relay itu apa sih?? Relay adalah komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyal listrik dengan arus yang kecil.
Dengan menggunakan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil.

Tapi hati-hati gan, banyak relay yang beredar di toko spare part, saran ane pilih relay bermerek BOSCH (yang asli), sekalian dengan socket relaynya.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk modif episode ini πŸ˜€
– Relay Bosch 4 kaki (tipe 0 332 014 150)
– Socket Relay merek Bosch
– Fuse Box (kotak sekring) + konektornya
– Fuse / Sikring 10 Ampere.
– Kabel tebal secukupnya
– solasi khusus kabel (ojo plakban) πŸ˜€
Skema Modif klakson vega ZR
Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu (kabel harus tebal, langsung dari Accu).
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson (kabel ukuran tebal atau sedang).
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel klakson (A)
Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel klakson (B)

Pemasangan kabel dari kaki 85 dan 86 boleh dibolak-balik alias anti gosong Β πŸ˜€

mungkin akan ada perbedaan lokasi kaki relay bila sampeyan pake merek relay yang lain,sebelum memasang harap perhatikan Nomer kakinya, ya! Β πŸ™‚

Kalo semuanya sudah terangkai dengan benar, monggo ditest dulu dan dengarkan teriakanya πŸ˜€ Teeett..Tooott.. Β πŸ˜€
Nah.. semoga penjelasan di atas bisa mudah dimengerti dan juragan bisa pasang sendiri klakson barunya.

Rangkaian di atas sama penerapannya untuk pemasangan lampu tambahan atau merubah lampu ke daya yang lebih besar.

keuntungan modif klakson Vega ZR pake standar Megison ini adalah:

  • klakson bersuara lebih keras dan mirip motor batangan (hayah)
  • saklar klakson akan lebih awet. πŸ™‚
  • nenek-nenek bisa kaget  😦
  • angkot langsung minggir Β πŸ˜€

Semoga bermanfaat ^_^

Iklan

11 pemikiran pada “Modif Klakson Vega ZR pake Standar Megison, Ajiiib Gan!

  1. Ping balik: Daftar Isi | Welovehonda Blog Contest

    • 1-ne bonus wkwkwk πŸ˜› ,
      jare bakule sih asli, mosok kw? (hwasyemm,diapusi meneeeehh)
      rapopoh,sing penting awet! :mrgreen:

      Suka

Enter your comment...

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s