Toolkit Bawaan Motor, pakailah sesuai penggunaannya

Toolkit bawaan motor tentu ada peruntukannya. Namun sebaiknya hanya dipakai kalau darurat saja. Karena kunci-kunci tersebut biasanya tidak mendukung kalau dipakai untuk mengencangkan baut atau mur tertentu.

Misalnya yang disediakan hanya kunci pas,Kalau dipakai untuk mengencangkan yang sifatnya perlu kekerasan lebih, akan merusak mur atau bautnya.

Contoh baut as roda. Secara tempat dan ukuran memang bisa pakai kunci pas. Tapi, karena kadar kekencangannya tinggi, kunci pas tak mungkin menggigit semua sisi mur atau baut. Mur atau baut pun mudah bulat akibat slek.

Salah kaprah lain yang perlu dihindari agar tidak berbuntut fatal yaitu obeng min yang tergolong banyak digunakan di motor. Seperti buat membuka sekrup bodi, karburator dan bagian dalam mesin. Ada yang ukurannya kecil, besar atau harus pakai obeng ketok. Jadi, kalau dipaksa obeng yang bukan ukuran bikin gampang slek.

Dan selain salah ukuran, bikers juga sering melakukan kesalahan fatal lain. Seperti obeng min dipakai untuk mencungkil saat buka crankcase. Padahal mestinya pakai toolkit khusus.

Biar obeng min bisa ngepas, caranya cek dulu ukuran mur atau sekrup. Kalau terasa oblak, artinya musti pakai obeng yang lebih gede lagi. Jadi, jangan paksa hanya modal satu ukuran obeng aja.Toolkit Bawaan Motor

Obeng kembang juga begitu. Selain ukuran, bentuk kembang pada obeng dan baut juga sering tidak diperhatikan. Akibatnya banyak kasus baut atau sekrup yang slek hanya karena hal sepele tadi. Padahal sekrup juga ada yang butuh obeng kembang tak berujung atau yang runcing.

Iklan

3 thoughts on “Toolkit Bawaan Motor, pakailah sesuai penggunaannya

Enter your comment...

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s